Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    /
    /
    /
    28 Views

    Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    tips menurunkan tekanan darah tinggi
    Seorang Pria Sedang Melakukan Pengukuran Tekanan Darah

    Apa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang terbaik, teraman, dan tercepat? Tentu bagi para penderita tekanan darah tinggi, alias hipertensi, sangat menginginkan tips yang satu ini. Tapi ada begitu banyak tips yang beredar di internet di jaman keterbukaan informasi sekarang ini.

    Yang manakah yang benar?

    Yang manakah yang aman?

    Di sini akan kita kupas semuanya, sampai tuntas, agar kamu bisa lebih memahami mengenai tips menurunkan tekanan darah tinggi, dan terutama mengenai penyakit tekanan darah tinggi itu sendiri.

    Yuk kita simak….

     

    Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Berikut merupakan tips yang banyak beredar dan sudah dipercaya selama bertahun-tahun di masyarakat Indonesia pada umumnya:

     

    1. Banyak berolahraga atau beraktivitas fisik

    Dengan kita melakukan aktivitas olahraga, otot jantung juga akan menjadi kuat. Hasilnya, otot jantung lebih membutuhkan sedikit usaha dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

    Hasil akhir yang diharapkan: tekanan pada arteri berkurang, dan angka hasil pengukuran tensi pun berkurang.

    Lakukan aktivitas fisik setidaknya minimal 45 menit dalam sehari, dan rutin lakukan setiap hari. Bila kamu memang memiliki waktu dan uang lebih, alangkah baiknya mendaftar ke tempat pusat kebugaran setempat, karena alat-alatnya yang lengkap akan mempermudah kegiatan olahragamu.

    Tapi jangan berkecil hati bila kamu tidak sempat ke pusat kebugaran, karena kamu pun tetap bisa melakukan aktivitas fisik di rumah saja, seperti berjalan di sekitar kompleks rumah, membersihkan rumah, menaiki tangga rumah, dan lain sebagainya.

     

    1. Turunkan berat badan, dan terutama ukuran lingkar pinggang

    Penurunan berat badan, dan terutama ukuran lingkar pinggang, sangat membantu dalam penurunan tekanan darah. Dengan berkurangnya berat badan, akan mengurangi beban kerja otot jantung dalam memompakan darah ke seluruh bagian tubuh kita.

    Selain itu, pengecilan lingkar pinggang juga turut berpartisipasi dalam aspek estetika. Karena dengan memiliki pinggang yang langsing tentu akan membuat kamu memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. juga mempermudahmu dalam mencari pakaian.

    Ada bonus tambahannya pula, yakni menurunkan risiko terjangkit berbagai penyakit degeneratif dan metabolik lainnya, seperti diabetes melitus, kanker, serangan jantung koroner, stroke, dan lain sebagainya.

     

    1. Hindari gula DAN karbohidrat dalam bentuk apa pun juga

    Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang nomor 3 ini memang akan terdengar sedikit kontroversial, terutama di kalangan dokter dan ahli gizi dan medis pada umumnya.

    Tapi jika kita pelajari, akan sangat masuk akal jika kita mengeliminasi karbohidrat dan gula secara total, JIKA kita ingin mendapatkan tekanan darah normal, dalam waktu secepat mungkin dan tanpa obat penurun tekanan darah sama sekali.

    Berbagai penelitian menunjukkan relasi yang serius antara tingginya asupan karbohidrat dalam menu makan kita DAN tingginya tekanan darah kita.

    Dengan mengurangi atau bahkan menghapus total gula dan karbohidrat, maka tingkat tekanan darah pun akan segera jadi normal kembali.

    Mengapa bisa seperti itu?

    Karena tekanan darah yang tinggi itu disebabkan salah satunya karena tingkat kekentalan darah yang tinggi, akibat tingginya kadar gula di dalam darah kita. Maka akan sangat masuk akal apabila jika kita ingin menurunkan tekanan darah, maka kita harus menurunkan tingkat kekentalan darah kita.

    Jalan satu-satunya adalah dengan menghapus karbohidrat dari piring kita secara total mulai dari sekarang.

     

    1. Kurangi garam?

    Mengapa banyak yang menganjurkan untuk mengurangi garam bagi para penderita tekanan darah tinggi? padahal kita sudah tahu bahwa tingginya gula dan karbohidrat pada makanan kitalah sebenarnya penyebab hipertensi itu.

    Lagipula, karena kita sudah tidak konsumsi karbohidrat, maka hanya garam saja yang bisa mengikat air di dalam tubuh kita. Jika kita sudah berhenti makan karbohidrat secara total, maka garam pun menjadi teman kita dalam memerangi hipertensi ini.

    Jadi saran untuk mengurangi garam tidak tepat. Lebih baik gunakan garam seperti biasa saja, tanpa perlu dikurangi. Tapi hapus karbohidrat secara total.

     

    1. Stop merokok

    Merokok merupakan suatu tindakan yang dapat meningkatkan tekanan darah, juga menyumbat pembuluh darah. Kandungan zat kimia di dalam rokok juga merusak dinding pembuluh darah manusia.

    Oleh karena itu, akan sangat bijaksana bila seorang penderita hipertensi yang terbiasa merokok berhenti merokok.

     

    1. Perbanyak kegiatan berpuasa

    Berpuasa merupakan tindakan yang sangat baik dalam perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Jika kita melakukan puasa, maka akan terjadi suatu proses yang disebut dengan nama autophagy, atau kanibalisasi sel-sel tubuh kita sendiri.

    Dalam proses ini, sel-sel yang sehat dan segar akan memakan sel-sel yang sudah rusak dan hancur, sehingga hasilnya hanya sel-sel yang sehat saja yang tertinggal.

    Proses autophagy ini sendiri akan berhenti bila kita makan apa pun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berpuasa setidaknya minimal 16 jam setiap hari. Proses ini tidak berhenti jika kita hanya minum air putih saja.

     

    1. Kurangi stress

    Saran ini lebih ke masalah pikiran. Bukan suatu hal yang akan sangat mudah dilakukan begitu saja. Tapi dengan menghentikan asupan karbohidrat serta memperbanyak jam puasa, akan sangat membantu dalam memerangi stress kamu.

     

    1. Kurangi makanan berlemak?

    Ada juga banyak orang yang menyarankan pada para penderita hipertensi untuk mengurangi konsumsi makanan yang berlemak. Tepatkah saran seperti itu?

    Jika kita sudah stop makan karbohidrat sama sekali, maka dari mana lagi kita mendapatkan sumber energi? Ya tentu saja dari lemak. Dalam hal ini adalah lemak hewani. Karena lemak hewani sangat mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh kita, hampir-hampir tanpa ada usaha apa pun juga untuk mencerna, menyerap, dan hampir tanpa sisa.

    Konsumsi lemak juga terbukti tidak menaikkan kadar gula dalam darah. Dengan demikian juga tidak meningkatkan kadar kekentalan darah. Maka tekanan darah juga tidak akan naik.

    Konsumsi karbohidrat yang akan meningkatkan kadar kekentalan darah manusia.

    Jadi, saran yang lebih tepat adalah: konsumsilah makanan hewani yang berlemak, karena lemak hewani itu justru sangat baik bagi kesehatan kita. Seluruh makanan yang berasal dari hewan juga tidak memiliki kandungan karbohidrat sama sekali, jadi sangat aman bagi penderita hipertensi.

     

    1. Tidur yang cukup

    Kekurangan tidur akan meningkatkan hormon kortisol, yang akan menaikkan kadar gula dalam darah. Dan sebagaimana yang kita telah ketahui, kadar gula yang naik juga akan turut meningkatkan tekanan darah.

    Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam sehari, non-stop. Selain akan menekan hormon kortisol, tidur yang cukup juga memberi waktu istirahat dan memperpanjang jam puasa kamu, juga menurunkan tingkat stress, sehingga sangat membantu dalam membuat pikiran kita jadi rileks.

    Kesimpulan Dalam Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Demikian 9 tips menurunkan tekanan darah tinggi terbaik, paling efektif, dan aman bagi siapa saja. Dengan konsisten melakukan semuanya, niscaya tekanan darah yang normal bisa diraih dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu saja.

    Dari 9 tips itu, yang paling penting adalah menjaga jangan sampai ada karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, karena dengan rendahnya kadar gula di darah, maka niscaya segala angka pada lembar tes darah kamu akan membaik, terutama pada tekanan darahnya.

    Semoga kamu bisa meraih tekanan darah yang normal dan sehat tanpa obat!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar