Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Tensi Darah Normal

    /
    /
    /
    34 Views

    Tensi Darah Normal

    tensi darah normal
    Perawat Mengecek Tensi Darah Wanita Lansia

    Berapa sebenarnya tensi darah yang normal itu? Setiap manusia pastinya menginginkan tensi darah normal agar hilang segala kekhawatiran soal kesehatan mereka masing-masing. Tapi tensi darah normal memang sulit diukur secara pasti, utamanya karena aktivitas manusia berbeda-beda.

    Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar pengukuran tensi darah dilakukan sesaat setelah bangun dari tidur pagi, dan selalu dilakukan secara konsisten pada waktu yang sama, agar hasil pengukuran tensi darah juga lebih akurat.

    Berapa Sebenarnya Tensi Darah Normal Itu?

    WHO menyatakan bahwa tensi sistolik normal adalah 120, dan tensi diastolik adalah 80. Jika tekanan sistolik sudah di atas 135 dan tekanan diastolik sudah di atas 90, maka kamu sudah termasuk ke dalam kategori Hipertensi, atau gangguan tekanan darah yang terlalu tinggi.

    Jika tensi sistolik di bawah 90 dan tensi diastolik di bawah 60, maka gangguan seperti ini disebut tekanan darah rendah.

    Kedua jenis gangguan kesehatan itu memang mengganggu kehidupan kita sehari-hari, oleh sebab itu tentunya kita semua harus menargetkan untuk mendapatkan tensi darah normal, apa pun caranya. Kalau bisa dilakukan tanpa obat, karena konsumsi obat dalam jangka panjang akan memberatkan kerja ginjal.

    Obat penurun tekanan darah boleh saja digunakan, tapi usahakan hanya untuk jangka pendek saja. Selebihnya harus dilakukan perubahan gaya hidup. Utamanya adalah perubahan menu makan setiap harinya.

    Apa Yang Bisa Kita Lakukan Bila Divonis Hipertensi?

    Bila kamu telah divonis oleh dokter menderita tekanan darah tinggi dan diresepkan obat penurun tekanan darah, maka yang pertama kamu lakukan adalah bersyukur. Bersyukur karena dokter masih bisa memantau kondisi kesehatanmu sebelum terjadi serangan stroke atau serangan jantung mendadak, yang tentunya akan jauh lebih membahayakan dirimu.

    Langkah selanjutnya tentunya membuka hati dan pikiran, agar kamu mau lebih peduli pada kondisi kesehatan. Serta mencari tahu apa sih sesungguhnya yang membuat tensi darahmu menjadi tidak normal lagi.

    Berikut merupakan berbagai faktor penyebab tensi darah tidak normal:

    1. Hyperglycemia

    Apa itu hyperglycemia? Hyperglycemia adalah suatu kondisi hormon insulin diproduksi secara berlebihan, melebihi yang dibutuhkan.

    Mengapa tubuh sampai memproduksi suatu hormon sampai melebihi kebutuhan dasarnya? Karena di dalam tubuh kamu sudah terjadi apa yang disebut sebagai insulin resistance. Insulin resistance adalah suatu kondisi di mana sel-sel tubuhmu, sel lemak, dan sel hati sudah mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh insulin, untuk mengemas kelebihan kadar gula darah dan mengirimnya menjadi lemak ke berbagai penjuru tubuh kamu.

    Mengapa bisa sampai terjadi hal ini? Karena selama berpuluh-puluh tahun, pankreas terus memproduksi hormon insulin, non stop tanpa henti, 3 kali sehari tanpa istirahat.

    Coba bayangkan saja, setiap kali kamu makan, hormon insulin akan diproduksi, karena mayoritas makananmu sudah pasti mengandung karbohidrat yang tinggi sekali.

    Lama kelamaan tentu saja tubuh kamu sudah kebal terhadap ‘dosis’ yang normal, sehingga perlu ditambahkan lagi ‘dosis’-nya. Sampai suatu saat tubuh kamu mulai mengabaikan sinyal yang diberikan oleh hormon insulin ini. Akhirnya gula dalam darah mulai tidak diturunkan.

    Inilah awal mula insulin resistance, yang menjadi permulaan berbagai penyakit jaman modern saat ini.

    1. Stress

    Selain faktor makanan, faktor pikiran juga menjadi pendukung tensi darah tidak normal.

    Jika kita panik, tidak tenang, sering kepikiran hal-hal yang membuat tidak bisa tidur, kurang tidur, tentu hal seperti ini juga akan meningkatkan tensi darah kamu.

    1. Dehidrasi

    Kekurangan asupan cairan, atau kurang minum, juga bisa menjadi penyebab tensi darah tidak normal. Kekurangan asupan cairan menyebabkan darah jadi lebih kental, sehingga jantung harus memompa lebih kuat lagi.

    Hal ini akan memberikan tekanan yang lebih besar pada dinding pembuluh darah, dan pada akhirnya jika hal ini terjadi secara konsisten dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

    1. Darah kental

    Darah yang terlalu kental sehingga membuat tensi darah normal sulit didapat ternyata tidak hanya karena kamu kurang minum.

    Darah yang kental juga bisa didapat karena kamu terlalu banyak konsumsi gula dan karbohidrat. Karbohidrat yang kamu konsumsi secara otomatis akan diubah menjadi gula oleh hormon insulin.

    Jantung pun akan dipaksa untuk memompa lebih keras dan lebih kuat lagi, supaya darah bisa mengalir dengan lancar ke seluruh pelosok tubuh kamu.

    Hal seperti ini tentu tidak menjadi masalah, bila dinding pembuluh darahmu masih elastis, seperti saat kamu masih muda dan atletis. Namun seiring dengan bertambahnya usia, maka keelastisan dinding pembuluh darah pun akan berkurang. Terjadi pengerasan pembuluh darah.

    Ini menyebabkan tensi darah akan naik terus walau kamu tidak melakukan apa-apa.

    1. Gangguan pada fungsi ginjal

    Ternyata gangguan pada ginjal juga bisa menaikkan tensi darah normal kamu. Darah yang memiliki kandungan gula darah terlalu tinggi membuat ginjal HARUS bekerja ekstra keras untuk menyaringnya. Selain itu, batu ginjal juga menghalangi ginjal bekerja secara normal lho.

    Apa penyebab batu ginjal? Ternyata batu ginjal itu terbuat dari mineral kalsium yang terikat secara permanen dengan oksalat. Kalau kalsium kamu mungkin sudah familier kan, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang.

    Kalau oksalat, kemungkinan besar kamu belum pernah dengar. Oksalat banyak didapatkan dari sayuran yang umum dikonsumsi manusia mayoritas.

    Oksalat akan mengikat mineral kalsium sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh, dan pada akhirnya akan mengendap di dalam ginjal. Lama kelamaan penumpukan ini akan terakumulasi sehingga terbentuk batu ginjal.

    Demikian 5 faktor utama penyebab tensi darah tinggi jadi hipertensi.

    Bagaimana Cara Mendapatkan Tensi Darah Normal JIKA Sudah Divonis Hipertensi?

    Bukanlah sebuah akhir dunia andai dokter telah mengatakan bahwa kamu menderita hipertensi. Mencermati 5 faktor penyebab hipertensi di atas, tentunya ada yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tensi darah yang normal lagi.

    Yang paling PENTING adalah SEGERA HENTIKAN KONSUMSI KARBOHIDRAT mulai dari sekarang sampai selamanya. Karena karbohidrat itulah kunci naiknya tensi darah kamu. Bukan lemak yang harus dihindari seperti anggapan umum orang.

    Dan dengan demikian, maka sayur dan buah-buahan pun sudah tidak boleh lagi kamu konsumsi. Setidaknya sampai kamu bisa mendapatkan tensi darah normal lagi.

    Tapi karbohidrat yang biasa didapatkan dari makanan pokok orang Indonesia itu yang wajib dihindari selama-lamanya.

    Contohnya:

    • Nasi (putih, merah, coklat, dan sejenisnya)
    • Bihun
    • Mi
    • Singkong
    • Ubi
    • Jagung
    • Roti
    • Segala jenis tepung dan produk turunannya
    • Gula (putih, pasir, merah, aren, dan sejenisnya)
    • Kecap (asin, manis)

    Dan masih banyak lagi daftar makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

    Sebagai panduan mudahnya, semua makanan yang asalnya dari tumbuhan sudah pasti 100% mengandung karbohidrat. Itulah sebabnya mengapa saya mengatakan untuk tidak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk mendapatkan tensi darah normal.

    Dapatkan saja dulu angka tensi yang normal secara stabil selama 6 bulan. Setelah kamu berhasil, maka kamu boleh konsumsi sayur dan buah, tentu dalam porsi yang terbatas.

    Sebagai penggantinya, konsumsilah HANYA makanan yang berasal dari hewan, yaitu (UTAMAKAN) lemak, daging, dan telur. Kamu bebas untuk memilih daging yang kamu sukai, boleh hewan darat, boleh hewan air. Sesukamu dan yang jadi favoritmu, tapi pilihlah daging yang memiliki kandungan lemak tinggi.

    Lemak dibutuhkan tubuh untuk menjadi sumber energi, karena kita tidak konsumsi karbohidrat lagi.

    Kesimpulan Untuk Mendapatkan Tensi Darah Normal Secara Alami

    Ternyata caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menghapus segala makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan hanya konsumsi makanan yang berasal dari hewan.

    Harap perhatikan di pasaran kita ini banyak makanan yang meng-klaim terbuat dari daging, tapi setelah kita cermati ternyata kandungan tepungnya jauh lebih tinggi daripada kandungan dagingnya. Sebut saja pempek, baso, somay. Hindari jenis makanan olahan seperti itu. Hanya makan daging yang memang terbuat hanya dari daging saja, tanpa tambahan kecap, tepung, dan gula.

    Tensi darah normal bukan impian belaka. Hindari hipertensi dengan cara yang alami, tanpa obat, tanpa olahraga, dan tanpa risiko sama sekali! Selama-lamanya!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar