Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

    /
    /
    /
    19 Views

    Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

    tanda tanda kolesterol tinggi
    Seorang Pria Mengalami Tanda Kolesterol Tinggi

     

    Sering sekali kita jumpai bahwa seseorang yang merasa sehat-sehat saja dan secara tampilan fisik juga sehat, ternyata setelah diperiksa kadar lemak darahnya mendapatkan hasil kolesterol yang terlalu tinggi. ternyata ia selama ini sudah mengabaikan tanda-tanda kolesterol tinggi, suatu sinyal yang diberikan tubuh kita sebagai peringatan dini akan bahaya kolesterol tinggi.

    Sebenarnya tubuh sudah berbaik hati memberikan tanda-tanda kolesterol tinggi kepada si empunya badan, tapi tidak tahuan, mengabaikan, atau meremehkan akan berakibat si empunya badan harus mengalami sesuatu yang jauh lebih buruk lagi dari hanya sekedar gejala awalnya saja.

    Yuk mari kita simak apa saja sih tanda-tanda kolesterol tinggi yang tidak boleh kita abaikan itu.

    Berikut adalah 8 (delapan) Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Sudah Terjadi

    Sebenarnya gejala kolesterol tinggi tidak hanya terbatas pada 8 tanda-tanda berikut ini, tapi ke-8 ini merupakan gejala yang paling umum terjadi. Apa saja?

    • Gejala kesemutan

    Kesemutan terjadi karena plak sudah menumpuk pada dinding pembuluh darah kamu. Akibatnya aliran darah jadi tidak lancar lagi, sehingga mengurangi asupan nutrisi dan oksigen.

    Plak merupakan timbunan kolesterol yang teroksidasi oleh karbohidrat atau gula dalam darah, sehingga kolesterol yang sejatinya akan menyembuhkan peradangan pada dinding pembuluh darah, malah terperangkap bersama dengan berbagai macam senyawa penyembuh radang lainnya.

    Tapi harap bedakan dengan kesemutan yang terjadi karena kita bergerak secara tiba-tiba setelah diam dalam waktu yang lama.

    • Jantung berdebar-debar

    Penumpukan plak bisa terjadi pada pembuluh darah yang mengarah ke mana pun tanpa bisa kita atur. Jika plak terjadi pada aliran darah yang menuju ke jantung, maka hasilnya jantung jadi tidak memperoleh nutrisi dan oksigen yang cukup untuk dapat beroperasi dengan optimal.

    Tanda-tanda awal yang sering diabaikan ini bila terus diabaikan maka akan berkembang lebih jauh apabila penumpukan plak tersebut pecah sehingga mengakibatkan pendarahan pada dinding pembuluh darah. Hasilnya adalah serangan jantung koroner.

    Jadi, jika kamu merasakan jantung berdebar-debar padahal sedang tidak melakukan aktivitas fisik apa pun juga, maka kamu wajib waspada. Apalagi jika berat badanmu berlebihan.

    • Otot mudah merasa lelah

    Yang paling umum menimpa para penderita kolesterol tinggi adalah kaki yang sudah tidak sekuat dahulu lagi.

    Ya! Otot kaki yang tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup akan kekurangan energi, sehingga yang terasa oleh si empunya badan adalah kaki yang terlalu mudah lelah.

    Walau hal ini tidak serta merta mengancam nyawa, tapi kaki yang senantiasa lemas tentu sangat mengganggu lancarnya aktivitas kita. Dan dalam jangka waktu yang lama kaki akan semakin lemas, sehingga untuk bangkit dari kursi atau ranjang saja sudah terasa berat sekali, sehingga si empunya badan akan semakin malas untuk bergerak.

    Banyak orang yang mengatakan untuk berolahraga, tapi bagaimana mau berolahraga apabila bangun dari ranjang saja sudah sedemikian sulitnya. Padahal sebenarnya penyebabnya adalah plak yang menumpuk menghalangi aliran nutrisi dan oksigen ke otot kaki.

    • Sakit kepala

    Bila aliran darah yang menuju ke kepala yang banyak mengalami penyumbatan plak, maka yang terasa adalah kepala yang sering sakit tanpa sebab.

    Dalam jangka waktu panjang, penumpukan plak ini akan pecah sehingga terjadi pendarahan di otak. Kita sering menyebutnya sebagai serangan stroke.

    • Rasa sakit di daerah dada

    Nah kalau yang ini karena banyak pembuluh di sekitar dada yang mengalami penyumbatan oleh plak.

    Tanda kolesterol tinggi yang satu ini yang paling sering menimpa para penderitanya. Dan juga yang paling sering dijadikan rujukan untuk mengetahui risiko serangan jantung.

    • Rasa mual berlebihan

    Tingkat kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan rasa mual, yang bisa berujung pada muntah.

    Hal seperti ini disebabkan gangguan aliran darah pada saluran pencernaan orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

    Rasa mual berlebih itu akan menurunkan nafsu makan si penderita, sehingga ia akan semakin kekurangan gizi bila tidak dipaksakan untuk makan. Bahkan bisa berujung pada pingsan akibat lemas.

    • Rasa pegal di pundak atau tengkuk

    Nah tanda kolesterol tinggi yang satu ini juga adalah gejala yang paling sering menerpa penderita kolesterol tinggi. tersumbatnya aliran darah pada daerah tengkuk dan leher membuat penderitanya harus merasakan rasa pegal yang tak tersembuhkan walau ia sudah dipijat bagaimana pun juga caranya.

    Satu-satunya penyebab yang paling masuk akal adalah penumpukan plak pada daerah leher dan pundak.

    • Sulit bernafas

    Tidak lancarnya aliran darah pada paru-paru menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas. Tidak mampunya jantung memompakan cukup nutrisi ke paru-paru akan menyebabkan paru-paru tidak bisa lagi mendapatkan oksigen secara optimal. Hasil yang dirasakan adalah kesulitan dalam bernafas.

    Demikianlah 8 tanda-tanda kolesterol tinggi yang paling umum dialami para penderita kolesterol tinggi. Secara umum, semua gejala kolesterol tinggi disebabkan adanya tumpukan plak yang menghalangi penyampaian oksigen dan nutrisi yang diperlukan tubuh agar dapat beroperasi dengan optimal.

     

    Baca Juga: Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Lainnya

     

    Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengikis timbunan plak tersebut sehingga aliran darah bisa lancar kembali, yang dirasakan dengan meredanya, atau bahkan menghilangnya, tanda-tanda kolesterol tinggi tersebut di atas?

    Solusi Menghapus Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

    JANGAN pernah mengandalkan obat penurun kolesterol. Karena obat seperti itu bekerja BUKAN dengan membuang kelebihan kolesterol dalam darah, tapi dengan menghalangi jalur pembuatan kolesterol yang baru.

    Sedangkan masalahnya jalur yang sama juga dipergunakan untuk metabolisme nutrisi dan senyawa yang lainnya, seperti vitamin A dan berbagai hormon. Dan jika memang tubuh sedang membutuhkan tambahan kolesterol, tapi jalur pembuatannya dihalang-halangi, maka akibatnya adalah terjadi gangguan kerja tubuh kita.

    Oleh karena itu, saran saya jangan pernah konsumsi obat penurun kolesterol apa pun. Sebaiknya identifikasi apa yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol kamu, dan eliminasi seluruh makanan yang menyebabkan hal tersebut.

    Kadar kolesterol, terutama LDL, naik karena kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, sangat masuk akal apabila kita menghapus semua makanan yang mengandung karbohidrat.

    Karbohidrat akan menyebabkan oksidasi pada sel-sel tubuh kita, sehingga tubuh memberi sinyal tanda bahaya berupa inflamasi atau peradangan. Dan respons tubuh adalah dengan mengirim materi perbaikan, yang salah satunya adalah kolesterol, yang diperlukan untuk membentuk sel-sel baru yang sehat.

    Tapi sialnya sampai di tempat kejadian dan dalam perjalanan menuju ke sana, kolesterol tersebut terperangkap oleh karbohidrat, sehingga akan mengendap membentuk plak. Lama kelamaan plak itu akan terakumulasi sampai akhirnya menyumbat pembuluh darah.

    Itulah gambaran singkat bagaimana ceritanya plak sampai terbentuk di dinding pembuluh darah kita.

    Oleh karena itu, sangat masuk akal bila para penderita kolesterol tinggi untuk menghapuskan seluruh makanan yang mengandung karbohidrat dari menu makan mereka. Hasil riset menunjukkan bahwa hilangnya karbohidrat akan menurunkan kadar LDL dan Trigliserida.

    Sebagai gantinya konsumsi hanya makanan hewani, seperti daging dan telur. Riset juga yang menunjukkan bahwa konsumsi daging akan meningkatkan kadar HDL, alias kolesterol baik, yang akan mengikis tumpukan plak yang telah tertimbun selama puluhan tahun. Itulah sebabnya mengapa HDL sering disebut sebagai kolesterol “baik”.

    Sebagai patokan mudah, makanan yang berasal dari tumbuhan sudah pasti 100% mengandung karbohidrat. Sedangkan makanan hewani sudah pasti 100% TIDAK mengandung karbohidrat.

    Konsisten menjalankan pola makan makanan hewani 100% ini, maka dalam 6 bulan niscaya semua tanda-tanda kolesterol tinggi yang semula mengganggu kamu akan hilang tak berbekas.

    Selamat menjalankannya!

     

    Baca juga : Tanda-Tanda Kolesterol

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar