Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Tanda Tanda Kolesterol

    /
    /
    /
    50 Views

    Tanda Tanda Kolesterol

    tanda tanda kolesterol
    Nyeri Dada Adalah Satu Tanda Kolesterol Tinggi

    Banyak orang yang sering mengabaikan dan meremehkan tanda-tanda kolesterol yang muncul pada masa-masa awal. Padahal tanda-tanda itu dikeluarkan oleh tubuh kita sebagai pengingat bagi kita untuk sesegera mungkin mengubah gaya dan cara hidup kita, agar kelak di kemudian hari kita terhindar dari ancaman serangan jantung dan stroke.

    Tanda-tanda kolesterol yang tinggi itu sebenarnya bukanlah gejala penyakit yang harus diobati, karena akar masalah sesungguhnya bukan terletak pada tanda-tanda tersebut. Tapi pada tingginya kadar kolesterol jahat di dalam darah. Apabila kita hanya berfokus pada menghilangkan tanda-tanda tersebut, maka usaha itu akan sia-sia belaka, karena setelah obatnya habis maka gejala kolesterol itu akan muncul kembali lagi.

    Di Indonesia sendiri, ada perkiraan kasar bahwa kira-kira sepertiga penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. jadi sepertiga jumlah penduduk Indonesia terancam serangan jantung mendadak atau stroke, atau bahkan keduanya sekaligus. Ini yang sangat mengkhawatirkan, karena bisa saja itu menimpa saya, atau menimpa kamu juga.

    Dan yang jauh lebih membuat khawatir adalah masih banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai kolesterol dan bahayanya kolesterol jahat. Lebih sedikit lagi yang memahami bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol yang jahat, karena kebanyakan berfokus pada pengobatan dari dokter saja. Tapi konsumsi obat tanpa perubahan gaya hidup dan menu makan hanya akan berakhir sia-sia belaka.

    Konsumsi obat dalam jangka panjang hanya akan merusak ginjal dan organ-organ tubuh lainnya. Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu, maka dosis obat pun harus ditambah. Jenis obat pun juga akan bertambah, seperti obat hipertensi, obat asam urat, obat penguat ginjal, obat penurun gula darah, dan lain sejenisnya.

    Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai tanda-tanda kolesterol tinggi yang harusnya sudah memberikan tanda bahaya dan waspada bagi kita semua.

    Inilah 8 Tanda-tanda Kolesterol Jahat Sudah Terlalu Tinggi:

    1. Kesemutan

    Kesemutan memang sering terjadi, seperti bila kita sudah lama tak bergerak, lalu tiba-tiba bergerak, maka sering terjadi kesemutan.

    Tapi kesemutan tanpa sebab jelas menjadi penanda bahwa kadar kolesterol jahat kita sudah terlampau tinggi. Hal ini harus menjadi perhatian, agar tidak diremehkan dan berkembang menjadi serangan jantung atau stroke.

    Penumpukan plak akibat lemak dalam darah menyebabkan kamu akan merasakan kesemutan pada bagian yang banyak tumpukan plaknya.

    1. Jantung berdebar

    Bila kita sedang jatuh cinta, tentu jantung sering berdebar. Tapi jantung berdebar akibat kolesterol tinggi tentu tidak seindah jantung berdebar akibat jatuh cinta.

    Kolesterol jahat yang tinggi akan membentuk tumpukan plak, yang pada akhirnya akan menghambat aliran darah ke jantung. Akibatnya jantung akan kekurangan suplai oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan.

    Karena itu, jantung harus bekerja lebih keras, demi mendapatkan darah yang sangat diperlukannya untuk bisa bekerja secara optimal. Lebih kerasnya usaha jantung untuk memompa darah ini yang kemudian dirasakan oleh kamu sebagai jantung berdebar.

    Berlangsungnya usaha ekstra dalam memompa darah dalam jangka waktu yang panjang ini kelak akan membuat jantung lelah, dan akibatnya terjadi gagal jantung akibat jantung kelelahan. Sudah kekurangan gizi, kekurangan oksigen, masih ditambah dengan usaha yang terlalu berat, maka suatu saat tentu akan terjadi gagal jantung.

    1. Sakit kepala

    Sakit kepala yang satu ini tidak bisa diobati hanya dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala yang beredar di warung-warung. Karena sakit kepala ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju kepala kita.

    Tentu gejala yang sederhana ini pun sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal ini merupakan gejala yang termasuk paling umum terjadi bagi penderita kolesterol jahat yang tinggi.

    1. Otot mudah merasa lelah

    Bila otot kamu sering merasa lemah, mungkin kadar kolesterol jahatmu sudah terlalu tinggi. timbunan plak akan menghambat aliran darah, dan artinya juga suplai gizi dan oksigen, ke daerah otot yang dirasakan sangat lelah tersebut.

    Umumnya kelelahan ini menyerang daerah kaki.

    1. Nyeri pada dada

    Selain jantung berdebar, daerah dada bisa terasa nyeri bila kadar kolesterol jahat sudah tinggi. Posisi daerah yang sakit di bagian dada sebelah kiri, dan seperti ditusuk-tusuk jarum.

    Bila hal ini sering terjadi pada kamu, maka wajiblah kamu periksakan dirimu ke dokter untuk mendapatkan solusi secepatnya.

    1. Rasa mual, sering diiringi muntah

    Tingginya kadar kolesterol jahat bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan manusia. Hal ini kemudian dirasakan oleh penderitanya sebagai rasa mual, untuk tahap awal.

    Bila berkelanjutan, rasa mual itu akan menjadi muntah-muntah. Yang lebih parah lagi apabila mual itu diikuti dengan sakit kepala, plus menurunnya nafsu makan. Hal ini akan menyebabkan si penderita kehilangan keseimbangan. Bisa juga pingsan apabila sudah terlampau lama tidak mendapatkan perawatan.

    Bisa juga masih ditambah dengan lemahnya otot-otot di bagian kaki.

    1. Rasa pegal di bagian tengkuk atau leher

    Bila rasa pegal atau nyeri ini terus menerus menyerang kamu, mungkin ini bukan rasa pegal yang normal. Segeralah lakukan pemeriksaan profil lipid di laboratorium tes darah.

    Karena bisa jadi ini merupakan salah satu tanda-tanda kolesterol jahat yang tinggi. karena kolesterol jahat menumpuk menjadi plak, serta menghambat aliran darah di daerah tengkuk dan leher.

    Akibatnya leher terasa pegal, yang takĀ  bisa hilang hanya dengan dilakukan pemijatan saja.

    1. Kesulitan bernafas

    Tanda kesulitan bernafas akan terjadi apabila penumpukan plak akibat kolesterol jahat yang terlalu tinggi terjadi pada dinding pembuluh darah di paru-paru.

    Karenanya jantung pun sudah tidak bisa memompa darah dengan optimal lagi ke paru-paru. Akibat lanjutannya, tubuh kekurangan oksigen. Akibat yang dirasakan penderita adalah kesulitan bernafas.

    Itulah 8 tanda-tanda kolesterol jahat kamu sudah terlalu tinggi. jangan pernah remehkan satu pun juga, karena pencegahan dan perawatan pada masa awal lebih mudah daripada jika kamu menunggu sampai saat sudah terlalu berat.

    Solusi Mengatasi Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Jangka Panjang

    Untuk perawatan dalam jangka waktu pendek dan secepatnya, kamu bisa menggunakan obat penurun kolesterol dari dokter. Tapi untuk jangka panjang, tentu obat itu bukan solusi sama sekali. Karena hanya akan menunda saja, tidak memperbaiki akar masalahnya sama sekali.

    Apa sih sebenarnya akar masalah tingginya kolesterol jahat?

    KARBOHIDRAT adalah jawabannya. Ini yang menjadi salah kaprah bagi mayoritas masyarakat Indonesia, yang justru dianjurkan untuk menjauhi lemak demi menurunkan kadar kolesterolnya.

    Padahal karbohidratlah yang menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah manusia, bukan lemak. Lemak, apalagi lemak hewani, justru meningkatkan kadar kolesterol baik kita semua. Yang penting adalah lemak dikonsumsi tidak diikuti dengan konsumsi karbohidrat.

    Karbohidrat itulah yang akan meningkatkan LDL tipe B yang bersifat membentuk plak di pembuluh darah, sehingga akan menyumbat aliran darah kita. Sementara lemak hewani akan meningkatkan HLD-2 dan LDL tipe A yang ringan sehingga mudah mengalir pada darah dan tidak bisa membentuk plak.

    Kesimpulan

    Jadi bila saya mengatakan kolesterol jahat, itu artinya bukan LDL yang saya maksud. Hanya LDL tipe B saja yang merupakan kolesterol jahat. Sementara LDL tipe A justru merupakan kolesterol baik, yang bertugas melindungi jantung kita dari berbagai penyakit jantung dan stroke.

    Jadi, solusi paling jitu untuk menormalkan kadar kolesterol kita adalah dengan menghentikan asupan segala makanan berkarbohidrat dan mulai mengonsumsi makanan berlemak hewani.

    Makanan berkarbohidrat umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Jadi sebenarnya semua makanan yang asalnya dari tumbuhan pasti mengandung karbohidrat, sedikit atau pun banyak.

    Raihlah kadar kolesterol yang normal dengan mengubah gaya hidup dan menu makan sekarang juga! Tanpa obat atau suplemen selamanya.

    BACA JUGA: Cara Mengatasi Kolesterol yang Membandel

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar