Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Penyebab Kolesterol

    /
    /
    /
    60 Views

    Penyebab Kolesterol

    penyebab kolesterol
    Makanan Penyebab Kolesterol BAIK Naik

    Sampai sekarang, masih banyak orang yang salah paham mengenai apa sebenarnya penyebab kolesterol tinggi. Dan yang saya maksud di sini tentu saja kolesterol yang jahat, karena kalau kolesterol yang baik tentu saja kita semua menginginkan kadar yang tinggi.

    Untuk mengetahui apa sih sesungguhnya penyebab kolesterol sangat tinggi, kita harus memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan kolesterol “jahat” dan kolesterol “baik”. Karena kesalah pahaman tentang kedua hal ini akan berujung pada kesalahan dalam menanganinya.

    Kolesterol “Jahat”

    Dalam ilmu pengetahuan yang konvensional, yang dimaksud dengan kolesterol “jahat” adalah kolesterol LDL, atau low density lipoprotein. Dalam suatu tes darah untuk mengetahui kadar lemak seseorang, atau yang dikenal dengan nama profil lipid, kadar LDL tidak boleh melebihi 150 mg/dL. Lebih bagus lagi bila bisa di bawah angka 100 mg/dL.

    Penyebabnya? Karena konsumsi makanan berlemak tinggi, utamanya dari daging dan telur.

    Cara yang juga konvensional dalam menurunkan kadar LDL adalah dengan meminum obat penurun kolesterol, umumnya dengan obat berjenis Statin seperti Simvastatin. Juga dengan mengurangi makanan yang berlemak tinggi, kalau bisa menghindari makanan yang mengandung lemak sama sekali.

    Banyak orang, dan juga dokter, yang sampai sekarang masih meyakini pengetahuan seperti ini, baik itu penyebab kolesterol LDL naik dan cara menurunkannya.

    Kolesterol “Baik”

    Yang dimaksud dengan kolesterol “baik” dalam ilmu pengetahuan medis yang konvensional adalah HDL, atau high density lipoprotein. Dalam suatu tes profil ipid, angka HDL haruslah di atas 60 mg/dL.

    Apabila berada di bawah angka tersebut, maka sang pasien akan diminta untuk menaikkannya menjadi di atas 60 mg/dL.

    Caranya? Dengan banyak mengonsumsi asam lemak Omega-3, yang pada umumnya berada pada daging ikan, terutama ikan laut.

    Sampai saat ini, juga masih banyak orang, dan tentu saja juga dokter serta tenaga kesehatan lainnya, yang masih meyakini akan hal ini.

    Apakah Anda jadi bingung? Tadi dilarang makan makanan berlemak, sekarang disuruh makan makanan yang mengandung lemak. Apakah tidak berlawanan?

    Inilah Penyebab Kolesterol Naik Yang Sebenarnya

    Mengapa saya harus menyampaikan informasi ini? Karena banyak orang walau pun telah mengonsumsi obat-obatan kolesterol, juga telah menghindari lemak secara total, tetap saja tidak dapat menurunkan kadar kolesterol “jahat”-nya, dan terkena serangan jantung koroner.

    Perhatikan bahwa yang saya tuliskan bukan kolesterol LDL, tapi kolesterol “jahat”. Mengapa?

    Jawabannya: Karena tidak semua LDL adalah kolesterol jahat.

    Artinya ada lebih dari satu jenis LDL dong? Betul sekali!

    Jadi ada LDL yang bagus, yang justru melindungi jantung kita akan bahaya penyakit jantung. Dan ada juga jenis LDL yang memang jahat. Jenis inilah yang sesungguhnya disebut dengan nama kolesterol jahat.

    Jadi, untuk lebih jelasnya, LDL itu terbagi menjadi 3 jenis, yakni:

    1. LDL tipe A. LDL ini bersifat ringan, ukuran partikelnya besar-besar, dan mudah mengalir dalam aliran darah manusia. LDL tipe A sangat bagus dalam perlindungan pada jantung kita.
    2. LDL tipe B> LDL jenis kedua ini bersifat padat, berat, dan ukuran partikelnya sangat kecil. Juga sangat mudah mengendap pada pembuluh darah manusia, karena ukurannya yang sangat kecil itu dan beratnya juga. LDL tipe B ini akan membentuk plak pada dinding pembuluh darah manusia.
    3. LDL tipe A/B. LDL jenis ini berada pada sifat di antara keduanya.

    Jadi dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan ternyata yang disebut kolesterol jahat itu bukan sekedar LDL saja, tapi LDL tipe B. Karena LDL tipe A ternyata malah bersifat positif.

    Lalu, apa penyebab kolesterol LDL tipe B ini bisa sampai naik? Ternyata penyebabnya adalah konsumsi makanan yang mengandung KARBOHIDRAT. Dan satu-satunya cara untuk menurunkan kadarnya hanyalah dengan mengurangi atau bahkan menghentikan segala asupan karbohidrat.

    Kalau penyebab kolesterol LDL tipe A naik? Yang bisa menaikkan kadar LDL tipe A adalah asam lemak jenuh, atau saturated fat, yang berada pada lemak hewani, bukan tumbuhan. Jadi jika kamu ingin melindungi jantungmu, maka jalan pertama adalah dengan menambah asupan makanan hewani yang mengandung lemak tinggi, seperti daging berlemak dan telur.

    Perhatikan, ternyata sangat berbeda jauh dengan pemahaman umum bukan? Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang tetap saja terkena serangan jantung atau stroke walau pun sudah mengurangi atau bahkan menghindari lemak dalam makanan mereka.

    Dan yang menariknya, ternyata konsumsi obat-obatan penurun kolesterol seperti jenis Statin TIDAK BISA MENURUNKAN LDL tipe B yang sangat berbahaya tersebut. Penelitian tentang hal ini bisa kamu pelajari di sini.

    Jadi, bila kita meminum obat Statin, kolesterol apa yang diturunkan? Kemungkinan besar ya jenis kolesterol baik seperti LDL tipe A, karena obat tersebut tidak bisa menurunkan LDL tipe B.

    Sehingga cara yang tersisa HANYALAH dengan menghindari karbohidrat secara total, serta meningkatkan konsumsi daging dan telur untuk menaikkan LDL tipe A yang sangat baik itu.

    Kolesterol Yang Sungguh “Baik”

    HDL selama ini dikenal sebagai jenis kolesterol yang baik, padahal ternyata TIDAK SEMUA JENIS HDL berfungsi untuk melindungi jantung kita lho. Ada jenis HDL yang ternyata tidak memiliki fungsi apa-apa bagi kesehatan kita. Yuk kita kenali mereka.

    Ada 2 jenis HDL, yakni:

    1. HDL-2, ini adalah HDL kolesterol baik yang benar-benar baik. Karena HDL-2 berfungsi melindungi jantung manusia dari berbagai penyakit jantung.
    2. HDL-3, HDL jenis ini tidak memiliki fungsi perlindungan sama sekali. Jadi berapa pun kadarnya tidak memiliki efek apa pun juga.

    Dan juga menariknya, cara untuk meningkatkan HDL-2 adalah dengan mengonsumsi lemak jenuh, yang berasal dari hewan, seperti daging berlemak tinggi dan telur.

    Kedua fakta yang baru ini sungguh berlawanan dengan apa yang selama ini kamu yakini dan kamu percayai bukan? Sekarang jadi masuk akal mengapa walau sudah mengurangi lemak, mengonsumsi obat penurun kolesterol, dan sudah berolahraga, tapi tetap saja banyak orang yang tetap terkena penyakit jantung?

    Kesimpulan Penyebab Kolesterol

    Penyebab kolesterol jahat naik ternyata adalah KARBOHIDRAT, bukan lemak. Jadi selama ini apa yang kita yakini adalah tidak tepat. Oleh karena itu, memang dibutuhkan pikiran yang terbuka agar kita bisa menerima fakta yang baru ini, demi kesehatan jantung kita pada khususnya, serta kesehatan seluruh badan pada umumnya.

    Dan juga lemak dari sumber makanan hewani seperti daging dan telur yang selama ini sudah dikatakan sebagai makanan yang jahat ternyata adalah sumber lemak yang sangat baik, yang akan melindungi jantung dari penyakit jantung koroner. Karena ternyata yang merusak jantung adalah karbohidrat yang setiap hari kamu makan, dalam bentuk nasi, mi, bihun, roti, jagung, dan lain sebagainya.

    Tidak mudah memang untuk bisa menerima fakta terkini tentang kolesterol ini, tapi kita harus bisa membuka jalan pikiran kita. Tanpa adanya pembukaan pikiran, semua yang saya sampaikan ini akan sia-sia saja, dan kamu masih tetap akan harus mengonsumsi obat-obatan seumur hidupmu.

    Salam sehat selalu dan bebas obat selama-lamanya!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar