Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Bersama Menuju Sehat, Yakin Kalahkan Penyakit Degeneratif!

    Normal Gula Darah: Batas & Nilai Standar Kesehatan

    /
    /
    /
    71 Views

    Semua manusia tentu saja ingin sehat, dan salah satu indikator kesehatan seseorang bisa dilihat dari nilai kadar gula darahnya. Tentu yang didapat adalah suatu angka, dan dari angka tersebut ada suatu batasan normal gula darah yang bisa jadi acuan bagi dokter dan bagi kita semua.

     

    Nilai normal gula darah itu tentu saja sudah diuji oleh para ilmuwan dan peneliti di laboratorium. Dengan memiliki nilai yang termasuk nilai normal, kita juga akan bisa beraktivitas secara normal tanpa pantangan apapun. Namun, tahukah kamu berapa sih sebenarnya batas normal gula darah manusia itu?

     

    Batas Normal Gula Darah Manusia

    Nilai gula darah manusia itu selalu berubah-ubah. Tergantung situasi dan kondisi pemilik tubuhnya. Jika diukur pagi hari tentu akan didapat nilai berbeda dengan nilai yang didapat pada pengukuran malam hari. Nilai sebelum dan sesudah makan pun berbeda pula.

     

    Oleh karena itu, di artikel ini saya akan membahas spesifik hanya pada nilai Gula Darah Puasa (GDP) saja ya. Semua nilai yang saya sebutkan itu maksudnya adalah GDP.

     

    Apa itu Gula Darah Puasa? GDP adalah nilai gula darah yang diukur minimal 10 jam setelah tubuh menerima makanan terakhir. 10 jam itu adalah jangka waktu yang diperlukan oleh badan manusia untuk selesai memproses makanan yang masuk sampai ke proses insulin selesai mengubah kelebihan gula di dalam darah.

     

    Sebelum tahun 2017, nilai normal gula darah manusia yang umum dipahami adalah:

    • 80 mg/dL sampai 120 mg/dL adalah angka normal gula darah manusia
    • 121 mg/dL ke atas berarti sudah masuk kategori Diabetes Melitus

     

    Tapi setelah tahun 2018, dari brosur yang diterbitkan Lab PRODIA (Sumber), seperti inilah batasan nilai gula darah manusia:

    • Di bawah 100 mg/dL, artinya kamu aman. Sehat, dan tidak terkena Diabetes Melitus.
    • Antara 101 mg/dL sampai 125 mg/dL, artinya kamu sudah masuk tahap PRE-DIABETES.
    • Di atas 125 mg/dL, artinya kamu sudah masuk Diabetes.

     

    Jadi, sekarang sudah ada tahap baru, yaitu Pre Diabetes.

     

    Apa artinya pre diabetes? Pre diabetes adalah tahap di mana kamu masih belum divonis diabetes, tapi jika dibiarkan terus, maka suatu saat akan menjadi diabetes melitus.

     

    Ada langkah-langkah pencegahan yang harus kamu lakukan jika kamu sudah masuk ke tahap pre diabetes. Segeralah ubah gaya hidupmu, dan mulai berolahraga. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter ya.

     

    Apa arti dari angka-angka tersebut?

    Mungkin kamu bingung apa sih maksudnya 100 mg/dL itu? Kebayang ga sih sebanyak apa gula yang diperbolehkan berada di dalam darah kita ini, berdasarkan pada angka tersebut?

    batas dan nilai normal gula darah
    Mengukur Nilai Gula Darah

    Yuk mari kita telaah angka itu. Sekarang, mari kita ambil batas atas aman dari Prodia, yaitu 100 mg/dL.

     

    100 mg/dL jika diubah ke Liter, karena 1 Liter = 10 dL (desi Liter), maka sama saja dengan 1000 mg/L.

     

    1000 mg itu sama dengan 1 gram, jadi 1000 mg/L = 1 gram/Liter.

     

    Artinya dalam 1 liter darah, hanya diperbolehkan mengandung 1 gram gula saja. Lebih dari itu, kamu sudah masuk ke Pre-Diabetes.

     

    Berapa volume darah dalam tubuh manusia dewasa? Volume darah manusia berkisar antara 4,5 Liter sampai 5,5 Liter. Untuk memudahkan perhitungan, kita ambil angka tengahnya saja yaitu 5 Liter.

     

    Karena di dalam 1 Liter darah hanya boleh ada 1 gram gula, maka dalam 5 Liter darah hanya boleh ada 5 gram gula saja.

     

    Artinya di dalam darah manusia dewasa yang sehat dan tidak terkena diabetes, jumlah gula maksimal yang beredar haruslah di bawah 5 gram gula saja. Lebih dari itu, kamu sudah bisa divonis diabetes.

     

    Bagaimana kalau menggunakan standar normal yang lama, 120 mg/dL?

    Sama saja kok.

     

    120 mg/dL, sama dengan 1200 mg/L.

    1200 mg/dL, sama dengan 1,2 gram/Liter.

    Dikali 5, maka didapat 6 gram dalam darah seluruh badan. Dibanding yang 100 mg/dL, hanya terdapat perbedaan 1 gram saja, kecil sekali kan.

     

    Setiap kenaikan 1 gram gula dalam darah, maka akan menaikkan nilai gula darahmu sebanyak 20 mg/dL.

     

    Nah, kebayang ga sih 5 gram gula itu sebanyak apa? Bagi kamu-kamu yang suka memasak atau membuat kue, pasti bisa membayangkan 5 gram gula itu sesedikit apa.

     

    Tapi sebagai gambaran, 1 sendok teh gula itulah kira-kira jumlah 5 gram gula. Bukan 1 sendok makan ya, tapi 1 sendok teh saja.

     

    Sedikit sekali ya?

    Tepat sekali!

     

    Mungkin kamu langsung berpikir, tapi aku kan tidak mengonsumsi gula? Kok bisa kena diabetes sih?

     

    Ini jawaban saya: semua jenis karbohidrat, apapun bentuk dan jenisnya, begitu masuk ke dalam sistem pencernaan manusia, akan diubah menjadi glukosa, alias gula. Siapa sih yang mengubahnya? Ada suatu enzim yang bernama enzim Amilase (Sumber) di dalam air liur manusia dan di pankreas.

     

    Mari kita ambil contoh sebungkus mie instan, coba lihat Nutrition Facts di bungkus belakangnya. Di situ tertulis 70 gram karbohidrat, atau mungkin 75 gram tergantung rasanya.

     

    Nah 70 gram karbohidrat itu langsung diubah menjadi 70 gram glukosa atau gula oleh air liur kita.

     

    70 gram gula itu sebanyak apa ya? Satu sendok makan gula itu kira-kira setara dengan 10 gram gula. Jadi 70 gram gula itu kira-kira sebanyak 7 sendok makan gula.

     

    Coba kamu ambil 7 sendok makan gula, nah sebanyak itulah gula yang masuk ke badanmu jika kamu mengonsumsi sebungkus mie instan. Harusnya mie instan terasa manis sekali ya karena mengandung 7 sendok makan gula. Tapi kamu sama sekali tidak merasakan ada rasa manis di mie instan bukan?

     

    Kalau roti tawar? Saya pernah menimbang satu bungkus roti tawar, berat total 400gram, dan isinya 10 lembar. Berarti 1 lembar beratnya 40 gram.

     

    Tepung untuk membuat roti itu 75% adalah karbohidrat. Jadi 1 lembar roti tawar tersebut mengandung 30 gram karbohidrat, sama dengan 30 gram gula begitu masuk ke dalam sistem pencernaan kita.

     

    Jika kita makan sebungkus mie instan dan 1 lembar roti tawar, artinya kita memasukkan 100 gram gula ke dalam darah kita. Ada kelebihan sebanyak 100 gram dikurangi batas aman 5 gram, yaitu 95 gram.

     

    95 gram inilah yang harus dibuang dari dalam darah kita, karena jika tidak dibuang, maka angka gula darah kita bisa mencapai 2000 mg/dL. Mengerikan sekali bukan nilai itu.

     

    Padahal batas aman kita hanyalah 100 mg/dL saja.

     

    Nah coba kamu bayangkan, dalam sehari apakah cukup kamu makan hanya sebungkus mie instan ditambah selembar roti tawar saja? Pastinya tidak cukup lah ya, hehehe. Masih ditambah nasi putih, kue-kue, makan roti pakai selai, jajan baso, pempek, minum teh manis, dan seterusnya.

     

    Kebayang kan sekarang dalam sehari berapa banyak gula yang kamu masukkan ke dalam darahmu tanpa kamu sadari? Setiap hari pula. Nah sangat wajar kalau setelah bertahun-tahun, banyak manusia yang divonis diabetes melitus.

     

    Sekarang kamu tentunya sudah paham mengenai nilai normal gula darah, apa artinya nilai tersebut, serta penyebab seseorang sampai terkena penyakit gula atau kencing manis atau diabetes melitus.

     

    Saya berharap kita semua sehat-sehat selalu dan bebas dari segala penyakit yang membuat kualitas hidup kita menurun drastis.

     

    Untuk mengetahui dengan lebih pasti apakah kamu terkena diabetes atau tidak, lakukan tes HbA1c karena tes Hemoglobin A1c ini hasilnya lebih akurat. HbA1c menunjukkan berapa nilai gula darah selama jangka waktu 2 sampai 3 bulan terakhir.

     

    Kalau untuk mendapatkan angka GDP yang rendah saja bisa dengan berpuasa, tapi kalau untuk mendapatkan angka HbA1c yang normal tidak bisa. Harus konsisten selama 3 bulan berturut-turut GDP nya di bawah 100 mg/dL.

     

    Untuk dinyatakan bebas dari diabetes, hasil pengukuran HbA1c harus menunjukkan angka di bawah 6. Lebih dari itu, kamu sudah dinyatakan terkena diabetes.

    Baca ini untuk Solusi Sehat dan Alami Turunkan Gula Darah Kamu.

    Apa yang Harus Kamu Lakukan Jika Hasil Pengukuran Gula Darah Menunjukkan Kamu Diabetes atau Pre-Diabetes?

     

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersyukur bahwa kamu bisa mengetahui kondisi badan kamu sedini mungkin sebelum segalanya bertambah parah.

     

    Kemudian segeralah bertekad kuat untuk mengubah gaya hidup dan gaya makanmu. Jika yang sebelumnya kamu kurang gerak dan olahraga, segera lakukan olahraga, dimulai dari yang ringan dulu saja.

     

    Untuk mengubah kebiasaan makan memang tidaklah mudah, tapi bukan tidak mungkin. Cara terbaik adalah dengan stop mengonsumsi karbohidrat sama sekali, terutama sekali karbohidrat yang simpel seperti nasi, mie, bihun, roti, singkong, jagung.

     

    Untuk mengganti sumber energi, kamu bisa memakai bahan makanan dari daging, telur, dan ikan. Perbanyak juga asupan lemak baik seperti Omega-3 yang banyak terdapat di minyak ikan laut dalam.

     

    Hindari ngemil. Kalau mau ngemil, sebaiknya makanlah makanan yang tidak berbahan dasar karbohidrat simpel.

     

    Ini bagian yang sulit, karena hampir semua jajanan di sekitar kita itu bahan dasarnya adalah karbohidrat simpel, seperti kue-kue mayoritas dibuat dari tepung terigu atau tepung beras.

     

    Yang lebih sulit lagi adalah berhenti makan nasi, karena mayoritas orang Indonesia makanan pokoknya adalah nasi putih. Akan sangat sulit mengontrol gula darah jika setiap hari, 3x sehari, kamu masih mengonsumsi nasi putih.

     

    Hidup dan menu makanan kita memang pilihan kita masing-masing. Tidak ada seorang pun yang bisa memaksa dirimu untuk makan ini atau tidak makan itu. Oleh karena itu, setiap kali makan harap disadari bahwa apa yang kita makan akan menentukan kualitas hidup kita di masa depan.

     

    Yang terakhir adalah rutinlah berpuasa. Puasa ala OCD nya Dedy Corbuzier juga sudah sangat bagus untuk mengendalikan kadar gula darah, asal kamu lakukan secara teratur dan setiap hari. Apalagi kalau ditambah dengan TIDAK MAKAN karbohidrat simpel.

     

    Dalam teknik berpuasa ini, selalu usahakan untuk memperpanjang jam puasa. Misalkan minggu ini kamu sudah makan jam 12 siang, maka usahakan minggu depan mulai makan jam 1 siang. Kalau sudah terbiasa, mundurkan lagi jadi jam 2 siang. Demikian seterusnya.

     

    Semakin panjang jam puasamu, semakin tubuh punya waktu dan kemampuan dalam menurunkan gula darah.

     

    Demikianlah artikel mengenai Batas Normal Gula Darah. Jika kamu merasa bahwa informasi di artikel ini berguna, silahkan men-share ke akun sosial media kamu.

     

    AloSehat.com sangat menghargai kesehatan, dan setiap orang berhak untuk mendapatkan kesehatannya masing-masing.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar