Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Menurunkan Kolesterol

    /
    /
    /
    80 Views

    Menurunkan Kolesterol

    menurunkan kolesterol

    Di jaman modern ini, tingkat kolesterol sudah menjadi salah satu rujukan dalam menentukan apakah seorang individu itu sehat atau tidak. Jika tingkat kolesterol sudah terlalu tinggi, maka perlu diambil tindakan untuk sesegera mungkin menurunkan kolesterol ke kadar yang dianggap sehat oleh dunia kesehatan.

    Menurunkan kolesterol, kabar baiknya, adalah sebuah tindakan yang sangat mudah untuk dilakukan, apabila kita semua dilengkapi dengan ilmu pengetahuan yang memadai.

    Tapi menurunkan kolesterol juga bisa menjadi sebuah “perjuangan tanpa akhir” yang sangat melelahkan, apabila kamu hanya melakukan tindakan yang sudah dianggap umum untuk menurunkan kolesterol. Padahal jutaan, bahkan ratusan juta orang, yang sudah melakukannya juga tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

    Tindakan-tindakan menurunkan kolesterol apa saja yang umumnya direkomendasikan kepada seorang individu yang kadar kolesterolnya sudah terlalu tinggi?

    Berikut saya daftarkan tindakan menurunkan kolesterol yang sudah umum:

    1. Mengurangi makanan yang berlemak tinggi
    2. Menambah porsi makanan berserat tinggi, seperti sayur mayur dan buah-buahan
    3. Rutin mengonsumsi obat penurun kolesterol, seperti obat-obatan tipe statin, contohnya Simvastatin, Atorvastatin
    4. Rajin berolahraga setiap hari
    5. Rutin memeriksakan kadar kolesterolnya ke laboratorium

    Jika kamu telah melakukan semua tindakan yang dianggap bisa menurunkan kolesterol, tapi sampai sekarang kadar kolesterolmu tetap di atas batas normal, maka yang kamu perlukan adalah berhenti. Berhenti melakukan tindakan yang sia-sia seperti itu.

     

    Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

    Inilah Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Menurunkan Kolesterol

    Jika kamu telah melakukan berbagai macam tindakan untuk menuju suat tujuan, tapi setelah sekian lamanya masih juga tidak ada titik terang, bahkan malah semakin memburuk, maka sudah saatnya kamu berbalik arah menuju ke arah sebaliknya kan?

    Jika pergi ke Barat malah menjauhkan dirimu dari tujuanmu yang berada di Timur, maka seharusnya kamu segera berbalik arah menuju ke Timur.

    Ini adalah logika yang sangat masuk akal.

    Jadi, apa yang harusnya kamu lakukan?

    Untuk memahaminya, perlu saya jelaskan dulu sedikit fakta tentang kolesterol.

    Kolesterol di darah terdiri dari 2 jenis, LDL dan HDL. Tentu kamu juga pasti sudah mengerti hal itu. Tapi yang tidak kamu mengerti adalah mengapa harus ada 2 jenis kolesterol itu? Dan mengapa LDL dianggap jahat, sementara HDL dianggap baik?

    LDL berfungsi untuk mengantarkan lemak yang berada di dalam darah menuju ke tempat penyimpanan, seperti di organ-organ dalam tubuh kita dan di bawah kulit.

    Sementara HDL tugasnya adalah mengantarkan lemak dari tempat penyimpanan tersebut balik ke hati, untuk diproses jadi energi atau untuk dibuang.

    Kedua jenis kolesterol tersebut sangat penting bagi proses metabolisme tubuh kita. Jika kita kekurangan asupan kolesterol, hati kita tentu akan memproduksi jauh lebih banyak kolesterol lagi untuk kompensasinya, untuk menjamin lancarnya berbagai proses di dalam tubuh kita.

    Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa lama, biasanya di dalam darahnya akan terdeteksi kadar kolesterol yang jauh lebih tinggi. Padahal dia sedang berpuasa kan.

    Sampai di sini mungkin kamu sudah mengerti, karena sudah sering mendengar hal ini dari dokter. Tapi yang belum kamu dengar adalah apakah kamu tahu bahwa tidak semua LDL itu jahat?

    Tidak semua LDL? Memangnya ada berapa jenis LDL?

    Ada 2 jenis LDL, dan hanya 1 jenis LDL yang buruk bagi kesehatan kita, yaitu LDL yang berukuran kecil, atau disebut dengan kode LDL tipe B (Small Dense LDL).

    LDL ukuran kecil inilah “penjahat” sesungguhnya, karena ukurannya yang kecil tersebut, dia dapat dengan mudah menyusup ke sela-sela dinding pembuluh darah dan menetap lama di sana, serta lebih mudah teroksidasi, dan juga lebih lama tinggal di dalam aliran darah kita.

    Dan sialnya, obat-obatan jenis statin TIDAK bisa menurunkan LDL partikel kecil ini. (Sumber)

    Jadi, kolesterol apa yang diturunkan dengan pemakaian obat tipe Statin? Tentunya jenis kolesterol LDL yang baik.

    Bagaimana cara kita bisa mengetahui kadar LDL ukuran kecil?

    Ada tes darah yang bisa kita lakukan di lab-lab, tapi memang tidak semua lab sudah menyediakan fasilitas seperti ini. Dan ditambah harganya yang masih sangat mahal, jauh lebih mahal dari tes profil lipid yang biasa.

    Tapi di sini kita tidak usah pusing memikirkan itu. Ada cara yang jauh lebih mudah dan murah untuk mengetahuinya, yaitu dengan cara membagi angka kadar trigliserida dengan angka HDL. Jika didapatkan hasil di bawah 2, berarti kamu sudah dikategorikan sehat dan jauh lebih aman.

    Bila bisa didapatkan hasil di bawah angka 1, tentu itu merupakan hal yang terbaik.

    Nah, bagaimana cara kita menurunkan kolesterol ke tahapan yang bisa dianggap aman?

    Inilah Teknik Rahasia Menurunkan Kolesterol ke Tingkat Aman!

    PERINGATAN! Beberapa teknik mungkin terdengar agak ekstrim di telingamu, tapi percayalah, ini sungguh-sungguh berhasil.

    1. Menghentikan segala asupan karbohidrat dan gula

    Tingginya kadar kolesterol LDL tipe B disebabkan oleh tingginya asupan kadar karbohidrat dan/atau gula. Oleh sebab itu satu-satunya cara untuk menurunkannya adalah dengan menghentikan secara total segala makanan yang mengandung karbohidrat.

    Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat itu?

    Contohnya nasi, singkong, mi, bihun, roti, jagung, ubi, dan sebangsanya. Termasuk juga sayur dan buah.

    Terdengar aneh bukan di telingamu? Yang lebih aneh lagi adalah teknik yang nomor 2, yaitu…

    1. Mengonsumsi makanan hewani yang tinggi kadar lemak

    Oleh karena kita sudah menghentikan secara total asupan karbohidrat, dan karena karbohidrat itu adalah sumber energi manusia, maka kita wajib mencari penggantinya.

    Dan pengganti karbohidrat sebagai sumber energi yang paling cocok adalah lemak.

    1 gram karbohidrat itu menghasilkan 4 kCal energi, sedangkan 1 gram lemak menghasilkan 9,3 kCal.

    Jadi akan jauh lebih efektif bukan jika kita mengganti karbohidrat dengan lemak. Tapi jangan lupa bahwa dengan mengonsumsi makanan hewani tinggi lemak HARUS diikuti dengan dihentikannya asupan segala makanan karbohidrat.

    Jika kamu masih mengonsumsi karbohidrat, maka tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatanmu.

    1. Berpuasa

    Nah, teknik selanjutnya adalah dengan berpuasa, atau menghentikan semua asupan makanan.

    Dengan berpuasa, kita memberikan waktu dan kesempatan kepada tubuh kita untuk memperbaiki segala sel yang telah rusak akibat tingginya konsumsi karbohidrat di masa lalu.

    Dengan perbaikan ini, maka proses pembongkaran simpanan lemak di organ dalam tubuh kita pun dimulai. Proses ini akan mengakibatkan kadar HDL meningkat, dan menurunkan trigliserida kita.

    Kadar LDL “mungkin” meningkat, tapi hanya sementara saja, sampai selesainya segala proses pembongkaran lemak tersebut. Dan naiknya kadar LDL di proses ini juga dipastikan bukan LDL tipe B, atau LDL ukuran kecil, yang naik kadarnya. Melainkan LDL tipe A yang berukuran besar dan aman.

    Kesimpulan dari Menurunkan Kolesterol

    Tingginya kadar kolesterol bukanlah sebuah momok yang menakutkan lagi. Dengan kepala yang dingin dan ilmu pengetahuan yang jauh lebih modern, kita bisa menganalisis bagian per bagian dari kolesterol di darah kita.

    Yang paling berbahaya itu adalah LDL tipe B yang berukuran partikel kecil, bukan keseluruhan LDL. Sementara hasil tes profil lipid biasa hanya bisa menampilkan total seluruh kadar LDL saja, tanpa bisa merinci lebih dalam lagi.

    Sementara untuk cara deteksi mudahnya, bagi saja angka trigliserida dengan angka HDL. Jika didapat hasilnya di bawah 2, maka kamu sudah masuk zona aman. Di bawah 1 akan jauh lebih sehat dan aman lagi.

    Cara untuk menurunkan kolesterol yang aling efektif, aman, dan sudah teruji efektif adalah dengan menghentikan asupan karbohidrat, mengonsumsi makanan hewani tinggi lemak, dan berpuasa.

    Dijamin kamu bisa lepas obat penurun kolesterol selamanya, biasanya dalam 10 hari sudah terlihat hasilnya.

    Demikian artikel mengenai teknik rahasia menurunkan kadar kolesterol yang “MUNGKIN” tidak pernah kamu dengar sebelumnya. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi kesehatan dirimu dan keluargamu.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar