Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Makanan Untuk Penderita Diabetes, 31 Yang Dijamin Cocok Di Lidahmu

    /
    /
    /
    133 Views

    Diabetes Melitus merupakan suatu wabah yang menjangkiti jutaan manusia di dunia, tanpa terkecuali di Indonesia, baik itu pria dan wanita, dan bahkan tidak kenal tua ataupun muda. Semua kalangan sudah terancam oleh wabah diabetes melitus ini. Orang yang sudah divonis Diabetes diharuskan untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat seumur hidupnya. Tentu langsung terpikirkan betapa sedikitnya pilihan makanan untuk penderita diabetes melitus, bukan?

    Tenang saja, walaupun pilihan makanan untuk diabetes terbatas, bukan berarti hidup kamu akan jadi menderita dan sengsara. Masih banyak koq pilihan makanan yang tentu saja enak-enak dan pastinya aman buat dikonsumsi. Yang penting nih, kamu tau dan mau mengolahnya dengan baik.

    Memilih makanan untuk penderita penyakit gula darah tinggi tidaklah sama seperti memilih makanan biasa, karena kita harus perhatikan jenis makanan apa yang tidak menaikkan kadar gula di dalam darah secara drastis. Juga cara pengolahannya, bumbu yang kita pakai, semua itu turut menentukan seberapa tinggi naiknya kadar gula darah.

    Salah mengonsumsi, bisa-bisa terjadi serangan mendadak. Apalagi dalam jangka waktu yang panjang, bisa makin ruwet. Mulai dari kerusakan jantung, pembuluh darah, ginjal, syaraf, dan organ-organ dalam kita.

    Harap diperhatikan juga porsi makanan yang kamu konsumsi. Walaupun pilihan sumber makanannya sudah kita jaga, tapi jika kita konsumsi dalam jumlah berlebih, tentu saja tetap akan menaikkan kadar gula darah lho.

    Tenang saja, di sini saya tidak akan membahas mengenai nasi merah, sayur rebus, dan daging dada ayam kukus koq. Bukan, bukan! Bukan jenis makanan itu yang saya maksud. Yuk mari kita simak.

    31 Makanan untuk Penderita Diabetes Yang Lezat

    Inilah makanan-makanan yang aman bagi penderita diabetes melitus:

    1. Daging Sapi

    Daging sapi dengan olahannya yang tanpa gula, tanpa tepung, dan tanpa kecap merupakan sumber makanan utama penderita diabetes melitus.

    Mengapa? Semata-mata karena daging sapi TIDAK mengandung karbohidrat sama sekali. Alias nol gula. Kandungan lemaknya lebih sedikit dari daging babi, dan kandungan proteinnya lebih banyak dari daging babi, per 100 gramnya.

    Jadi, kamu akan aman mengonsumsinya, asalkan tidak dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat ya.

    makanan untuk diabetes
    Daging Sapi dalam Bentuk Steak

    Contoh-contoh menu olahan daging sapi adalah steak sirloin, steak tenderloin, sop daging, soto Betawi, rendang, dan masih banyak lagi.

    1. Daging Babi

    Pilihan daging yang kedua ini khusus untuk yang Non-Muslim ya.

    Bagi yang bosan dengan daging sapi, bisa mencoba daging yang satu ini nih. Dengan kandungan lemak yang lebih banyak, tapi kandungan protein yang lebih sedikit, tentu akan menambah cita rasa daging yang sudah sangat lezat ini.

    Daging babi yang merupakan makanan yang aman bagi penderita diabetes merupakan sumber protein bagi masyarakat di Asia Timur.

    Pork Belly 🙂

    Contoh menu olahan daging babi adalah babi guling, babi asap, babi panggang (siobak), babi garing madu (charsiu), bakut teh, dan masih banyak lagi resep olahan daging babi lainnya.

    1. Daging Kambing

    Bagi yang tidak terlalu suka daging sapi dan babi, kamu bisa mencoba daging yang satu ini, yaitu daging kambing.

    Daging Kambing

    Daging kambing sering sekali menjadi kambing hitam atas serangan jantung dan stroke, karena banyak orang yang mengalaminya setelah mengonsumsi sate kambing, atau sop kambing yang lezat itu.

    Tapi mereka lupa, bahwa mereka selalu memakannya bersama dengan sepiring nasi putih, bahkan sering kali juga diakhiri dengan meminum teh manis setelah selesai makan.

    Padahal nih teman-teman, ternyata daging kambing itu tidak mengandung karbohidrat sama sekali lho. Bahkan kandungan protein serta lemaknya sangat bagus bagi kesehatan manusia. Asalkan pengolahannya tidak menggunakan gula, tepung, dan kecap ya.

    Ada banyak sekali menu olahan daging kambing ya, seperti misalnya kambing guling, sate kambing, sop kambing, kebab, dan lain-lain.

    1. Daging Domba

    Domba merupakan pilihan alternatif lain untuk yang kurang suka dengan aroma daging kambing. Biasanya domba dipelihara untuk diambil bulu-bulunya. Tapi juga ada domba yang dipelihara untuk diambil dagingnya, seperti misalnya masyarakat di Mongolia.

    Daging domba juga sangat lezat, hasil olahan yang terkenal adalah daging panggangnya. Selain itu, daging domba juga bebas dari karbohidrat, sehingga 100% termasuk makanan untuk penderita diabetes.

     

    1. Daging Dengan/Tanpa Lemak

    Penderita penyakit gula bebas mengkonsumsi daging karena daging tidak mengandung gula dan karbohidrat sama sekali. Jadi daging bisa menjadi salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

    Makanan untuk penderita diabetes
    Daging Tanpa Lemak

    Hanya saja, untuk alasan kesehatan, pilihlah daging yang memiliki sedikit lemak ya. Plus cara pengolahannya juga harus diperhatikan ini. Hindari yang digoreng, dibakar, maupun yang dipanggang.

    1. Ikan

    Ikan, terutama ikan yang berasal dari laut, adalah pilihan makanan yang sehat bagi semua kalangan. Ikan mengandung gizi yang komplit, ada protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral. Yang tidak dimiliki oleh ikan adalah karbohidrat, dan gula. Cocok sekali bukan untuk kamu?

    makanan untuk penderita diabetes ikan laut
    Ikan Segar

    Pilihan ikan laut yang menyehatkan contohnya ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, ikan kakap, ikan kerapu, ikan sarden, ikan mackarel, dan masih banyak jenis ikan lainnya. Jangan takut untuk memakan bagian lemaknya ya, teman-teman, karena lemak ikan itu baik lho bagi tubuh kita.

    Jika kamu kesulitan mendapatkan ikan laut, makan ikan air tawar pun boleh kamu konsumsi. Ikan air tawar yang mudah didapatkan adalah jenis ikan gurame. Biasanya ikan gurame ini selalu tersedia setiap hari di pasar.

    Oya, harap diperhatikan juga cara pengolahannya. JANGAN memberi bumbu-bumbu yang mengandung gula, seperti kecap, tepung-tepung. Kalau kamu ingin rasa yang lebih kaya, cobalah tambahkan bumbu-bumbu seperti kunyit, daun salam, sereh, bawang merah, bawang putih, bisa juga diberi sambal (bukan sambal instan).

    Bisa juga ikan bakar, ikan panggang, ikan asap, ikan asin, dan masih banyak sekali resep olahan ikan.

    Mmmm, lezat sekali bukan?

    1. Hati Sapi

    Hati sapi termasuk ke dalam superfood. Artinya jenis bahan makanan ini mengandung gizi yang luar biasa banyaknya, sehingga cukup dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit saja sudah bisa memenuhi kebutuhan harian gizi manusia.

    Masih banyak orang yang merasa takut untuk makan hati sapi, karena takut dengan segala jenis jeroan hewani. Padahal kandungan vitamin dan mineral dalam 100 gram hati sapi jauh lebih banyak dari pada kandungan vitamin dan mineral dalam 100 gram buah, seperti jeruk, atau sayuran, seperti wortel lho.

    Untuk contoh menu olahan hati sapi, misalnya sambal goreng ati. Kalau kamu kurang suka rasanya, tak perlu banyak-banyak makannya kok, cukup 100 gram saja setiap harinya.

    1. Coklat

    Apaaaa? Penderita diabetes boleh makan coklat?

    coklat
    Dark Chocolate

    Eits, tenang dulu, kalau saya bilang coklat di sini, jangan dibayangkan yang saya maksud itu coklat Silver Queen, atau coklat Delfi, atau Cadburry, atau merek coklat lain yang biasa kamu temui di pasaran lho. Merek-merek coklat yang saya sebutkan di atas itu sebenarnya hanyalah gula yang diberi perasa seperti coklat saja. Karena kandungan asli coklatnya di bawah 40%. Sisanya? Ya tentu saja gula.

    Coklat yang saya maksud adalah Dark Chocolate, alias coklat murni dengan tingkat kemurnian coklatnya di atas 85%. Memangnya ada ya coklat yang tingkat kandungan coklatnya di atas 85%?

    Tentu saja ada! Tapi biasanya harganya juga jauh di atas coklat-coklat yang ada di pasaran. Untuk jenis dark chocolate batangan, kamu bisa coba merek Lindt. Coklat Lindt memiliki pilihan kandungan coklat dari 75%, 80%, 85%, bahkan hingga 95%. Makin tinggi kandungan coklatnya, makin terasa pahit di lidah. Tapi makin aman bagi kamu.

    Untuk jenis coklat bubuk, kamu bisa merek lokal Java. Coklat ini bahkan memiliki kandungan coklat murni hingga 99%!. Sangat pahit bagi yang tidak terbiasa. Saya biasa memakai coklat ini. Coklat ini bisa dicampurkan ke dalam makanan dan minuman lain, seperti kopi, susu, alpukat, atau kue-kue yang cocok.

    Mengapa dark chocolate sangat baik bagi penderita diabetes? Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan, dark chocolate memiliki fungsi memperlancar aliran darah, mempercepat pengolahan gula di dalam darah, mengurangi nafsu makan sehingga kita tidak makan berlebih, serta mengurangi resistensi insulin.

    Sangat banyak kegunaannya, selain tentu saja rasanya yang enaaak. Hehehe.

    1. Hati Babi

    Bagi kamu yang Non-Muslim, bisa mencoba alternatif hati sapi ini, yaitu hati babi. Dengan kandungan lemak yang lebih tinggi dari hati sapi, olahan hati babi juga bisa memberikan alternatif yang lezat nan aman bagi penderita diabetes melitus.

    1. Babat

    Jeroan yang satu ini banyak ditemui di restoran Padang, dimasak dengan kuah santan yang harum menggoda.

    Bila sebelumnya kamu takut untuk mengonsumsinya, maka bagi penderita diabetes bisa makan dengan lahap, asalkan tidak bersama nasi ya.

    Babat

    Babat banyak mengandung lemak, sehingga kamu akan merasa sangat segar setelah mengonsumsinya, karena kandungan energinya sangat besar.

    1. Kikil

    Kikil juga merupakan jenis makanan yang sangat banyak dijumpai di restoran Padang, dan juga Sunda.

    Hasil olahan kikil juga biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Padang. Atau bisa dipanggang seperti di restoran Sunda.

    1. Kacang-kacangan

    Kamu juga bisa menikmati berbagai macam jenis kacang lho. Tapiii, pilihlah jenis kacang-kacangan tertentu yang kadar karbohidrat dan gulanya tidak terlalu tinggi.

    Contohnya adalah kacang almond, kacang walnut, kacang pistacchio, kacang edamame, kacang mete atau cashew adalah deretan kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi sebagai penderita diabetes.

    Untuk kacang tanah, kacang kedelai, kacang hitam, dan kacang merah, konsumsilah dalam jumlah yang secukupnya. Khusus untuk kacang hijau, kalau bisa hindarilah, karena kandungan karbohidrat dalam kacang hijau tinggi sekali, bahkan lebih tinggi daripada nasi putih lho.

    NF-kacang-hijau
    Fakta Nutrisi Kacang Hijau. Perhatikan kandungan karbonya jauh lebih tinggi daripada nasi putih lho 🙂

    Produk-produk turunan dari kacang-kacangan juga bisa kamu konsumsi lho, seperti tempe, tahu, natto, dan lain-lain. Jadi jangan hanya terpaku pada kacang saja ya, teman-teman.

    1. Keju

    Keju merupakan produk turunan dari susu sapi. Sementara susu sapi mengandung gula, dalam bentuk laktosa, produk turunannya yang satu ini sudah dihilangkan kandungan gulanya.

    makanan-untuk penderita diabetes-keju-cheese
    Keju Bagus Sebagai Produk Turunan Susu

    Produk turunan susu yang harus kamu hindari sama sekali adalah susu kental manis (SKM). SKM ini kandungan susunya terlalu rendah untuk bisa disebut produk susu, yakni di bawah 5% saja. Belakangan ini, akibat diprotes banyak pihak karena dianggap menyesatkan publik, para produsen SKM menghilangkan kata susu dari kemasannya. Hanya ditulis Kental Manis saja, atau Krim Kental Manis.

    Bendera Kental Manis. Perhatikan Bahwa Tulisan Susu Sudah Tidak Ada di Kemasannya Lagi.

    Ada macam-macam produk keju yang beredar di pasaran. Biasanya yang paling rendah kandungan karbohidratnya adalah jenis cheddar. Tapi secara umum semua jenis keju aman bagi penderita diabetes.

    1. Gajih

    Saat kita memesan baso, biasanya si penjual menawarkan gajihnya juga. Sementara baso sapinya sudah dicampur dengan tepung, sehingga sangat TIDAK AMAN bagi penderita diabetes, gajihnya sendiri tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

    Gajih

    Artinya? Gajih merupakan salah satu makanan yang aman untuk penderita kencing manis.

     

    Cukup konsumsi seperlunya saja, karena memang kita juga tidak bisa makan gajih terlalu banyak, bukan? Gajih merupakan salah satu sumber protein dan lemak yang sangat bagus. Jangan lupa untuk tidak menambahkan kecap atau pemanis dalam bentuk apapun pada saat kamu mengonsumsinya ya.

    1. Lemak Babi

    Bagi yang beragama Non-Muslim, lemak babi merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan protein dan lemak yang sangat baik.

    Kandungan lemak jenuh di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh manusia. Tanpa lemak jenuh ini, ada berbagai proses kimiawi di dalam tubuh manusia yang tidak dapat berjalan dengan optimal, bahkan ada yang tidak dapat berjalan sama sekali.

    Lemak ini juga bisa dipakai untuk menggoreng, untuk cemilan di kala santai, bisa juga diolah menjadi krupuk yang lezat.

    1. Kulit Sapi/Babi

    Kulit sapi atau babi merupakan sumber makanan yang kaya akan gizi, tapi tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Sehingga sangat sangat aman bagi orang yang menderita kencing manis.

    Kulit hewani ini sangat fleksibel, bisa dicampur ke dalam masakan, bisa digoreng terpisah, bisa juga dijadikan produk krupuk kulit yang renyah dan garing. Apapun pilihanmu, semuanya dijamin sangat baik bagi kestabilan gula darah, asal tidak dimakan bersama dengan karbohidrat lain, seperti nasi putih, mi, bihun, atau minuman manis.

    Ada banyak produk krupuk kulit di pasaran yang sudah dicampur dengan beraneka ragam rasa, seperti rasa barbekiu, rasa jagung, rasa sapi panggang, dan lain-lain. Semua perasa buatan ini umumnya sudah mengandung penguat rasa MSG. Yang wajib kamu pahami adalah penggunaan MSG ini memicu insulin, sehingga gula darah bisa melonjak sangat naik.

    Oleh sebab itu, untuk menambah citarasa, sebaiknya gunakan saja garam untuk menambah rasa asin pada produk krupuk kulitnya.

    1. Kaldu Rebusan Tulang (Bone Broth)

    Air kaldu rebusan tulang, selain rasanya nikmat sekali untuk dimasak bersama sayuran, juga mengandung banyak sekali gizi. Air kaldu mengandung protein, kolagen, serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

    kaldu rebusan tulang
    Air Kaldu Tulang yang Sudah Dimasak Jadi Sup
    1. Bawang Merah dan Bawang Putih

    Bukan! Ini bukan judul sebuah sinetron. Tapi ini sungguhan bawang.

    bawang-merah-bawang-putih
    Bawang Putih dan Bawang Merah

    Kedua jenis bawang ini merupakan bumbu dapur yang aman bagi penderita diabetes, selain memang rasa yang dihasilkan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan yang tanpa memakai bawang merah atau bawang putih.

    1. Mentega (Butter)

    Jangan berpikir mentega di sini adalah mentega yang secara umum dipahami orang banyak, seperti yang dipakai untuk menggoreng telur. Biasanya itu margarin, bukan mentega.

    Mentega yang baik adalah yang terbuat dari lemak hewan, sementara margarin itu berbahan dasar minyak kelapa sawit yang dipadatkan dengan proses hidrogenasi, sehingga disebut lemak yang terhidrogenasi, atau lemak trans.

    Kandungan lemak dalam mentega merupakan jenis lemak jenuh, atau saturated fat, yang sangat baik dan menunjang berbagai proses metabolisme tubuh.

    Selain itu, mentega hewani ini akan mencair pada suhu ruangan, sementara margarin malah menjadi padat pada suhu ruang.

    Mentega bisa dikonsumsi langsung, bisa dioleskan pada makanan yang akan kita makan, bisa juga dicampurkan ke dalam kopi pahit, yang lebih dikenal dengan nama Bullet-Proof Coffee (BPC). BPC ini sangat populer di kalangan orang yang menjalankan diet ketogenik.

    Butter

    Mentega biasanya dibuat dengan bahan dasar lemak sapi, atau lemak domba. Karena itu, produk mentega yang banyak beredar di pasaran biasanya berasal dari New Zealand, yang memang menjadi negara penghasil domba dan sapi, atau berbagai produk turunan dari kedua hewan ternak tersebut, seperti susu dan keju.

    1. Whipped Cream

    Whipped Cream juga mengandung karbohidrat yang sangat kecil, sehingga bisa dikatakan sangat aman bagi penderita diabetes. Bisa dikonsumsi secara langsung, cream yang satu ini juga bisa dicampurkan ke dalam kopi pahit untuk menambah cita rasa kopi yang kamu minum.

    Whipped Cream

    Rasanya sangat gurih, sehingga dapat membuat lidah bergoyang pada saat kamu meminumnya bersamaan dengan kopi pahitmu.

    1. Minyak Zaitun

    Zaitun tidak ada di negara kita. Buah spesial ini hanya bisa didapatkan dari negara Eropa. Buah zaitun yang diekstrak minyaknya ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi.

    Minyak Zaitun/Olive Oil

    Minyak zaitun disebut Virgin Olive Oil atau VOO. Jangan salah kaprah dengan VCO yang memiliki kepanjangan Virgin Coconut Oil. Walau sekilas tampak sama, tapi kandungannya berbeda, sehingga fungsinya juga berbeda, walau sama-sama merupakan sumber lemak yang baik.

     

    Asam oleat yang juga sangat banyak di dalam minyak zaitun juga berfungsi untuk menurunkan pembentukan lemak di dalam tubuh kita.

    1. Toge (Tauge)

    Toge memang terbuat dari kacang hijau, tapi kandungan gizinya sangat jauh dari kacang hijau. Jika penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi kacang hijau, maka untuk toge ini malahan sangat dianjurkan.

    Tauge/Toge
    Tauge/Toge

    Hasil kecambah toge ini menghilangkan hampir keseluruhan karbohidrat dari kacang hijau itu sendiri, sehingga secara otomatis toge menjadi makanan yang sangat aman bagi penderita diabetes.

    1. Edamame

    Edamame adalah salah satu super food yang sangat populer. Kacang Edamame memberikan protein nabati yang sangat tinggi, sehingga bagi orang yang tidak suka makan daging, mereka bisa menggantinya dengan edamame, karena tubuh kita tetap membutuhkan protein.

    edamame
    Edamame. Abaikan Bola Berwarna Merah 🙂

    Kacang edamame sangat praktis penggunaannya. Bisa langsung dikukus dan dimakan, bisa juga dicampurkan dalam sayuran yang kita masak.

    Baca Juga: Rahasia Besar Yang Akan Mengubah Pandanganmu Tentang Kolesterol!

    1. Telur (Ayam maupun Bebek)

    Yang paling baik adalah telur organik, yang diklaim memiliki kandungan Omega-3 yang lebih tinggi. Namun jika kamu kesulitan untuk memperolehnya di daerahmu, maka telur ayam biasa pun boleh.

    Telur merupakan makanan tunggal terlengkap kandungan nutrisinya.

    Telur memiliki kandungan gizi yang lengkap. Manusia sebenarnya bisa hidup hanya dengan memakan telur saja, tanpa memasukkan makanan lainnya. Karena itu, ada suatu metode puasa yang disebut Egg Fasting, yakni jenis diet yang dalam 7 hari hanya mengonsumsi telur saja.

    Telur Ayam
    Telur Ayam

    Hal ini dimungkinkan, karena kandungan gizi telur yang memang sudah lengkap. Jumlah porsinya saja yang perlu diperbanyak. Namun, kamu tidak perlu terlalu banyak dalam mengonsumsi telur. Dalam sehari cukup 5 butir saja, karena selain telur kan kamu juga mengonsumsi jenis makanan lainnya.

    Telur berfungsi untuk:

    • Mengurangi peradangan atau inflamasi
    • Menurunkan kadar kolesterol jahat
    • Meningkatkan kadar kolesterol baik
    • Meningkatkan sensitivitas insulin tubuh
    • Mengurangi risiko serangan jantung koroner
    • Anti-oksidan
    • Melindungi mata

    Sangat banyak fungsi telur ya, oleh karena itu mulai sekarang ayo konsumsilah telur, setidaknya 2 butir setiap hari.

    1. Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

    Cuka apel merupakan salah satu super food lainnya. Konsumsilah 2 sendok cuka apel setiap hari, maka kamu akan melihat penurunan kadar gula darahmu.

    Cuka Apel
    Cuka Apel

    Terkadang, perut kamu mungkin terasa sakit saat pertama kali mengonsumsi cuka apel. Hal ini dikarenakan karena lambungmu memang belum terbiasa. Cara mengatasinya dengan mencampur cuka apel dengan air.

    Pertama-tama, cukup 1 sendok cuka apel dulu lalu minum segelas air hangat. Jika kamu sudah terbiasa, beberapa hari kemudian bisa ditingkatkan menjadi 2 sendok makan cuka apel.

    1. Shirataki

    Ada kalanya penderita diabetes sangat rindu untuk mengonsumsi lagi karbohidrat seperti nasi, mi, dan bihun. Nah shirataki ini bisa jadi solusi yang bagus.

    Shirataki

    Ya, benar, shirataki memang mengandung karbohidrat, tapi kandungan serat pangannya juga sangat tinggi, hampir menyamai kandungan karbohidratnya. Sehingga apabila kita hitung nett carb-nya, maka akan didapatkan karbo bersih hanya di bawah 1 gram saja per 100 gram shirataki.

    Oleh sebab itu, shirataki saat ini sangat populer sebagai makanan sehat, tidak hanya di kalangan penderita diabetes saja, tapi bagi orang yang sehat sekalipun.

    Shirataki ada yang dijual dalam keadaan basah, ada yang dalam keadaan kering. Yang manapun pilihanmu, keduanya baik bagi kesehatan.

    Shirataki bisa diolah menjadi menyerupai nasi, mi, atau bihun. Kamu bisa memperlakukan shirataki seperti nasi, bisa digoreng, bisa dikuah, bisa dijadikan campuran untuk membuat kue, dan lain sebagainya.

    1. Teh Hijau

    Minum teh hijau setiap sesudah makan dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan EGCG (Epigallocatechin-3-gallate) dari teh hijau yang berfungsi untuk menurunkan Basal Glukosa di liver kamu.

    Basal glukosa adalah gula yang diproduksi dalam liver manusia setiap harinya, terlepas apakah kamu mengonsumsi karbohidrat atau pun tidak. Sehingga gula darah kita TIDAK AKAN PERNAH menjadi nol, walaupun kita tidak memasukkan karbohidrat sama sekali.

    Proses pembuatan gula darah dari lemak disebut dengan nama gluco-neo-genesis. Proses ini dilakukan apabila tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat dari luar, sehingga liver secara otomatis akan membuat gula baru untuk memenuhi kebutuhan minimal tubuh kita akan gula. Secukupnya saja yang akan dibuat, sehingga tidak akan berlebihan.

    teh-hijau
    Teh Hijau (Green Tea)

    Jadi sesudah makan tentu kadar gula dalam darah pasti naik kan? Nah EGCG dalam teh hijau ini akan menekan produksi gula di livermu. Bukan untuk mengurangi gula darah yang diakibatkan oleh makanan lho, tapi hanya produksi gula di liver saja.

    1. Udang

    Bagi sebagian besar orang, makan udang merupakan suatu horor. Semua orang selalu dibayangi dengan ketakutan akan serangan jantung mendadak akibat makan udang. Sehingga udang jadi dihindari, terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat bagus bagi kesehatan.

    Dalam setiap 100 gram udang, kandungan proteinnya bahkan mencapai 27 gram, melebihi kandungan protein dalam daging sapi, dengan kandungan karbohidrat nol. Jangan lupakan juga kandungan mineralnya, seperti seng, magnesium, copper, dan vitamin B12 yang semuanya sangat dibutuhkan tubuh kita.

    Udang

    Hanya saja harap diperhatikan bahwa dalam pengolahan dan pengonsumsiannya, jangan ikut melibatkan sumber karbohidrat lainnya, seperti kecap, tepung, gula, dan nasi dan kawan-kawannya.

    Udang sangat cocok digoreng, dibakar, dipanggang, atau bahkan dijadikan sebagai campuran dalam kuah. Udang yang berasal dari hasil tangkapan di laut lebih disarankan dibandingkan dengan udang yang dipelihara di tambak. Karena kandungan gizinya lebh lengkap dan bervariasi.

    1. Cumi

    Cumi, sama seperti udang juga, merupakan jenis makanan yang ditakuti hampir semua orang, walaupun dia sehat. Semua itu karena cumi termasuk dalam golongan seafood.

    Cumi

    Padahal cumi merupakan sumber lemak dan protein yang sangat baik, mudah diserap tubuh manusia, dan tidak ada kandungan karbohidratnya. Sehingga dinyatakan sangat sangat aman bagi penderita diabetes.

     

    1. Kerang

    Kerang juga adalah salah satu seafood yang bagus bagi penderita diabetes melitus. Tinggi vitamin serta mineral seperti magnesium, seng, potasium, dan vitamin B12.

    Kerang

    Olahan kerang juga sangat beraneka ragam. Kerang tidak memiliki kandungan protein setinggi udang maupun daging sapi, tapi kandungan lemaknya lebih tinggi daripada kandungan proteinnya.

     

    1. Alpukat

    Buah yang satu ini memang spesial. Tinggi kadar lemaknya, tapi semua adalah lemak yang baik. Mengonsumsi lemak yang banyak bisa membuatmu lebih lama kenyang

    Di samping lemak, alpukat juga mengandung kadar serat yang tinggi. Kombinasi lemak dan serat membuatmu tahan lapar lebih lama. Makan 1 buah alpukat saja sudah bisa membuatmu merasa sangat kenyang.

    Alpukat
    Alpukat

    Tapi ingat, jangan ditambah-tambah gula atau sirup lainnya lagi ya. Hehehe.

    Salah satu saran saya adalah, tambahkan parutan keju, taburi coklat bubuk dark chocolate, beri beberapa potongan buah strawberry. Mmm lezat sekali rasanya.

    1. Virgin Coconut Oil (VCO)

    Ini dia ini, salah satu super food andalan saya, sumber lemak baik yang paling komplit. Virgin Coconut Oil namanya, atau biasa disingkat VCO. Jangan keliru dengan VOC ya, itu sih nama perusahaan dagang Belanda yang dulu menjajah Indonesia, hehe.

    Virgin Coconut Oil (VCO)
    Virgin Coconut Oil (VCO)

    Ada begitu banyak kebaikan VCO. Yang paling utama adalah kandungan lemak baiknya.

    Dengan rutin mengonsumsi VCO, maka otomatis porsi asupan makananmu akan berkurang. Keinginan untuk ngemil pun berkurang. Tapi badanmu takkan terasa lemas, karena tubuhmu tidak akan kekurangan energi.

    Otomatis dong, kalau asupan makanan yang berbasis karbohidrat berkurang, kadar gula darah pun akan lebih terkontrol, aman dari lonjakan gula darah tinggi.

    Demikianlah 31 jenis makanan yang saya sudah jabarkan di atas yang aman bagi penderita penyakit gula. Nanti kalau saya menemukan tambahan, pasti akan saya tambahkan lagi di daftar.

    PERHATIAN! Dalam memakan makanan tersebut di atas, kamu harus sudah tidak mengonsumsi karbohidrat lagi. Karena apabila kamu masih memakan karbohidrat, maka akan sangat berbahaya apabila masih mengonsumsi jenis-jenis makanan yang telah saya tuliskan di artikel ini.

    Divonis diabetes bukanlah akhir dari duniamu. Masih ada banyak cara untuk menikmati kehidupan walau kadar gula dalam darah tinggi. Asal kita mau berusaha, dan terus menjaga makanan yang akan kita makan.

    Artikel 31 Makanan untuk Penderita Diabetes ini bukanlah saran medis dari AloSehat.com. AloSehat TIDAK memberikan saran medis ataupun diagnosis apapun.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar