Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Makanan Untuk Diet

    /
    /
    /
    148 Views

    Makanan Untuk Diet

    makanan untuk diet
    Contoh Variasi Makanan Untuk Diet

    Makanan untuk diet adalah jenis atau bahan makanan yang dikhususkan dikonsumsi untuk menjalankan suatu diet tertentu, untuk mencapai tujuan atau goal dari diet tersebut.

     

    Makanan untuk diet bisa berupa suatu produk suplemen atau obat yang harus terus menerus dikonsumsi agar berat badan kita tetap terkontrol, atau terus menuju ke arah berat badan yang ideal.

     

    Biasanya suplemen tersebut dibuat dengan memperhitungkan kalori harian manusia di angka 2.000 kCal per hari. Sehingga dengan mengonsumsi suplemen tersebut, kita sudah bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori harian. Kita tinggal makan sedikit saja maka sudah terpenuhilah angka 2.000 kCal itu.

     

    Sementara obat yang dibuat sebagai makanan untuk diet juga diproduksi untuk menekan nafsu makan kita. Hasilnya adalah asupan makanan juga berkurang, sehingga setelah sekian waktu, tentu saja berat badan kita akan berkurang.

     

    Itulah kelebihan dari makanan untuk diet dalam bentuk suplemen dan obat. Sementara kekurangannya adalah kita harus terus menerus mengonsumsi suplemen atau obat tersebut, karena jika kita menghentikannya, kemungkinan besar berat badan kita akan melambung kembali, bahkan bisa saja melebihi berat badan kita semula.

     

    Ada juga diet vegetarian, yakni jenis diet yang mengharuskan kita mengonsumsi jenis makanan yang berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan saja, dan melarang kita untuk mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari hewan sama sekali.

     

    Karena sumber makanannya berasal dari tumbuhan yang mengandung serat pangan, maka secara otomatis total asupan kalori harian kita akan lebih rendah dari biasanya. Berat badan pun akan menurun karena hal ini.

     

    Kekurangan dalam makanan untuk diet vegetarian adalah ada beberapa mineral dan vitamin yang tidak ada di dalam tumbuh-tumbuhan apa pun, dan harus dipasok dari sumber hewani. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi mineral sendiri.

     

    Suplemen pun menjadi salah satu kewajiban dalam diet vegetarian ini. Tapi harap diingat bahwa sumber atau bahan baku suplemen pun ada yang berasal dari hewan. Jadi jika kita konsumsi produk suplemen, secara tidak langsung kita sudah ikut mengonsumsi hewan, yang mana merupakan suatu pantangan dalam diet vegetarian.

     

    Diet yang baik, sehat, dan alami seharusnya membuat kita tidak perlu mengonsumsi suplemen atau obat apa pun juga untuk mencapai tujuan berat badan yang ideal. Karena hanya dengan mengubah jenis makanan saja sudah membuat kita bisa menguruskan badan.

     

    Kekurangan diet vegetarian lainnya adalah dalam seluruh tanaman pasti terkandung zat yang disebut sebagai anti nutrisi. Anti nutrisi ini akan menghalangi tubuh menyerap berbagai mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh kita.

     

    Anti nutrisi bahkan akan mengikat sebagian besar mineral yang sangat dibutuhkan, sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh, bahkan menyebabkan berbagai masalah, seperti batu ginjal yang disebabkan pengikatan kalsium oleh oksalat menjadi kalsium oksalat, atau disebut batu ginjal.

     

    Akibat pengikatan kalsium oleh oksalat, tubuh juga menjadi kekurangan kalsium, selain menjadi batu ginjal. Kekurangan kalsium dalam jangka panjang berakibat tulang keropos, atau disebut osteoporosis. 2 masalah dalam satu penyebab.

     

    Belum lagi pengikatan mineral lainnya seperti kalium, magnesium, zat besi, dan seng. Serta jenis vitamin yang berasal dari tumbuhan dalam bentuk yang sulit untuk bisa dimanfaatkan oleh tubuh manusia.

     

    Tubuh kita harus melakukan upaya lebih agar bisa menyerap serta menggunakan vitamin tersebut.

     

    Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan contoh makanan untuk diet sehat yang paling cocok untuk mengecilkan lingkar pinggang.

     

    Contoh menu di sini juga merupakan variasi dari menu diet sehat ini.

     

    Pagi Hari

     

    Karena di dalam cara makan kita ini tidak ada sarapan, maka sarapan pagi hari ini kita isi dengan minum kopi hitam, atau air putih bagi kamu yang tidak suka minum kopi.

     

    Kita tidak boleh menambahkan apa pun ke dalam kopi kita, kecuali Virgin Coconut Oil saja. Dan di antara jam sarapan sampai jam makan siang, kita bebas untuk minum air putih sebanyak apa pun.

     

    Siang Hari

     

    Setelah pukul 12 siang, baru kita bisa makan. Berikut merupakan contoh menu makanan diet sehat alami kita:

     

    • Sambal Goreng Ati
    • Telur Balado
    • Kulit Ayam Goreng

     

    Soal porsi, kita bebas untuk makan sampai merasa kenyang. Setelah kenyang, jangan dipaksakan untuk terus makan ya.

     

    Dari jam makan siang sampai jam makan malam, kita bebas untuk minum air putih , teh hijau dan kopi hitam. Harap diingat untuk memberi jeda waktu minimal 1 jam antara makan siang sampai minum teh hijau atau kopi hitamnya.

     

    Malam Hari

     

    Setelah pukul 6 malam, kita mulai makan lagi. Berikut merupakan contoh menu makan malamnya:

     

    • Ikan Kembung Goreng / Balado
    • Telur Mata Sapi
    • Cumi Bakar

     

    Harap diperhatikan dalam proses pengolahannya supaya tidak memakai tepung jenis apa pun, kecap jenis apa pun, dan gula.

     

    Bagi kamu yang suka rasa pedas, boleh menggunakan cabai. Tapi bukan sambal pabrikan ya, karena sambal produksi pabrik biasanya ada tambahan gula atau tepungnya (untuk mengentalkan sambal itu).

     

    Sambal yang baik seharusnya hanya diberi tambahan garam saja, sehingga bebas dari berbagai karbohidrat yang tersembunyi. Kamu akan merasakan segarnya sambal yang alami seperti ini, sangat berbeda dengan sambal botolan yang dominan rasa manisnya.

     

    Demikian contoh makanan untuk diet ini. Kamu bebas memodifikasi dan menggunakan daging lainnya untuk memberi variasi rasa di lidah.

     

    Diet yang baik seharusnya juga adalah diet yang enak di lidah, sehingga kita yang menjalankannya jadi betah, bisa seterusnya sampai selamanya, sehingga apa yang menjadi tujuan diet kita pasti tercapai.

     

    Salam sehat selalu!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar