Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Makanan Untuk Diabetes

    /
    /
    /
    22 Views

    Makanan Untuk Diabetes

    makanan untuk diabetes
    Seorang Wanita Sedang Mengecek Kadar Gulanya

    Seiring sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah penderita diabetes melitus, atau penyakit gula darah tinggi, maka makanan untuk diabetes juga semakin banyak diburu orang. Seperti yang kita tahu, penderita diabetes melitus tidak diperkenankan untuk sembarangan mengonsumsi makanan apa saja. Karena sembarang makan akan meningkatkan kadar gula darahnya. Oleh karena itu, pengetahuan tentang makanan untuk diabetes melitus ini sangat penting untuk dipahami sejak sekarang.

     

    Untuk memahami makanan yang aman bagi penderita diabetes melitus, maka wajib juga kita pahami apa yang menyebabkan gula darah seseorang bisa sampai sedemikian tingginya.

     

    Apa Itu Diabetes Melitus?

     

    Seseorang divonis menderita diabetes melitus apabila pengukuran gula darah di saat puasa mencapai angka melebihi 120 mg/dL. Bila angka gula darah puasanya berada di antara 100-120 mg/dL, maka ia dinyatakan masuk dalam kondisi pre-diabetes, yang harus mendapat perhatian serius, karena bila dibiarkan maka akan berkembang menjadi diabetes.

     

    Tapi bila kadar gula darah puasanya sudah di bawah 100 mg/dL, maka ia bisa dinyatakan sehat dan aman dari diabetes melitus.

     

    Sebenarnya yang lebih akurat bukan melalui metode pengukuran gula darah puasa, tapi melalui pengukuran HBa1c. Di mana apabila hasil pengukuran HBa1c seseorang di atas 6, maka ia dinyatakan menderita diabetes melitus.

     

    Jadi untuk secara medis dinyatakan bebas dari diabetes melitus, HBa1c seseorang harus di bawah 6. Lebih baik lagi bila bisa di bawah 5.

     

    Apa Penyebab Diabetes Melitus?

     

    Gula darah seseorang bisa meningkat disebabkan asupan gula yang terlalu berlebihan. Tidak hanya gula yang langsung kita konsumsi, tapi juga dari karbohidrat, karena semua jenis karbohidrat yang kita konsumsi akan diubah menjadi gula, atau glukosa, sehingga dapat kita serap.

     

    Kebanyakan orang hanya menghitung asupan gulanya saja, tapi tidak mempertimbangkan jumlah karbohidratnya. Padahal porsi karbohidrat sebenarnya jauh lebih besar daripada sekedar gula saja. Karena banyak penderita diabetes sudah menghindari gula, tapi tetap saja tidak bisa melepaskan diri dari diabetes melitus.

     

    Padahal sebenarnya jauh lebih penting menghindari karbohidrat daripada hanya menghindari gula saja. Ada banyak sekali karbohidrat yang bersembunyi di dalam makanan-makanan yang dijual di pasar. Bahkan banyak yang malah dilabeli sebagai “makanan sehat”, padahal jika kita cek kandungan gizinya, di situ tinggi sekali kandungan karbohidratnya.

     

    Jadi, makanan apa yang sungguh aman bagi penderita diabetes melitus?

     

    Inilah Makanan Untuk Diabetes

     

    Jika kamu adalah seorang penderita diabetes melitus, maka sangat penting untuk TIDAK mengonsumsi semua makanan yang masih memiliki kandungan karbohidrat, sedikit atau pun banyak. Jika makanan itu dari olahan pabrik, maka akan sangat mudah kita baca label kandungan gizi di kemasan di belakang produk makanan itu.

     

    Tapi akan sangat sulit jika makanan yang kita beli buka hasil produk olahan pabrik, seperti jika kamu membeli sayuran, buah, atau daging segar di pasar. Tidak ada label kandungan nutrisinya sama sekali. Jadi kamu akan kesulitan dalam menentukan apakah makanan itu mengandung karbohidrat atau tidak.

     

    Tapi di sini saya berikan panduan mudahnya dalam menentukan apakah bahan makanan yang kamu beli itu mengandung karbohidrat atau tidak.

     

    Panduan dasarnya adalah: semua jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sudah pasti memiliki kandungan karbohidrat. Tentu saja lain tumbuhan, lain pula kadar karbohidratnya.

     

    Termasuk sayur mayur dan buah-buahan juga tentu saja. Kalau makanan pokok seperti nasi, roti, mi, singkong, bihun, dan sejenisnya sudah tentu 100% dilarang untuk dimakan.

     

    Jadi makanan apa yang sungguh aman bagi penderita gula darah tinggi?

     

    Semua makanan yang berasal dari hewan. Karena semua daging tidak memiliki kandungan karbohidrat sama sekali. Termasuk segala jeroan yang biasanya paling dihindari kebanyakan orang.

     

    Untuk memberikan gambaran mudahnya, maka makanan untuk diabetes yang paling aman adalah:

     

    • Daging sapi
    • Daging babi
    • Daging kambing
    • Daging domba
    • Daging ayam
    • Ikan air tawar dan air laut
    • Jeroan hewan
    • Telur

     

    Sedangkan untuk susu jangan dikonsumsi karena susu mengandung gula susu, atau yang biasa dikenal dengan nama laktosa.

     

    Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apakah aman tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali?

     

    AMAN. Bahkan sangat menyehatkan apabila kita tidak memasukkan karbohidrat sama sekali.

     

    Yang sudah pasti, kadar gula darah puasamu akan segera menjadi normal, tekanan darah jadi normal, dan badan langsung terasa segar. Asalkan kebutuhan akan energi tubuhmu segera kamu ganti dengan konsumsi lemak hewani.

     

    Ya betul sekali! Lemak hewani merupakan sumber energi yang jauh lebih bersih daripada karbohidrat yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Lemak memiliki potensi energi yang jauh lebih besar ketimbang karbohidrat.

     

    Bahkan kandungan vitamin dan mineral pada daging dan jeroan jauh lebih tinggi daripada kandungan vitamin dan mineral pada sayur dan buah. Sehingga kamu bisa dengan mudah memenuhi kecukupan akan vitamin dan mineral hanya dengan mengonsumsi daging saja.

     

    Sebagai langkah awal, selalu pilihlah daging yang berlemak. Semakin banyak kandungan lemaknya, semakin baik. Dan jangan pilih daging tanpa lemak, karena justru lemak hewani itulah yang membuat tubuh kita sehat dan segar.

     

    Jangan takut untuk makan lemak hewani. Seharusnya yang wajib kamu takuti untuk dimakan justru adalah karbohidrat itu, bukan lemak.

     

    Perlu kamu ketahui, bahwa karbohidrat tidak pernah termasuk ke dalam daftar nutrisi esensial. Yang termasuk ke dalam nutrisi esensial adalah lemak, protein, vitamin, dan mineral saja. Itu artinya kebutuhan minimal manusia akan karbohidrat adalah NOL, alias tidak makan karbohidrat pun tidak berpengaruh apa-apa. Cek daftar nutrisi esensial bagi manusia di sini.

     

    Bahkan dengan memperhitungkan sifatnya yang menyebabkan oksidasi, konsumsi akan karbohidrat justru akan memperburuk kondisi kesehatan manusia. Selain tentu saja meningkatkan kadar gula darah, yang merupakan momok bagi penderita diabetes melitus.

     

    Dengan mengalihkan sumber energi tubuh ke lemak, maka seluruh kelebihan gula dalam darah akan segera dibakar sehingga kadar gula darah puasa pun akan menjadi di bawah 100 mg/dL, berapa pun kadar gula darah puasa kamu sekarang ini.

     

    KESIMPULAN dari Makanan Untuk Diabetes Yang Aman

     

    Karena karbohidrat dan gula adalah musuh bagi semua penderita diabetes pada khususnya, dan semua umat manusia pada umumnya, maka memilih jenis makanan yang sangat aman bagi penderita diabetes adalah perkara mudah.

     

    Cukup konsumsi makanan hewani saja 100%, dan TIDAK konsumsi makanan nabati, apa pun bentuknya.

     

    Perhatikan pula bumbu masakannya, karena segala jenis tepung, segala jenis kecap, dan segala jenis gula pun juga dilarang karena mengandung gula dan karbohidrat.

     

    Tak perlu takut mengalami kekurangan vitamin dan mineral jika hanya konsumsi makanan hewani saja, karena kandungan vitamin dan mineral dalam daging dan jeroan sudah sangat melebihi kebutuhan harian kita akan vitamin dan mineral. Bahkan dalam jumlah yang jauh lebih tinggi daripada kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran atau buah.

     

    Konsisten jalani metode ini dan ikuti petunjuk makanan untuk diabetes ini, niscaya dalam 6 bulan maksimal kamu akan sudah terbebas dari diabetes melitus, dengan hasil pengukuran HBa1c di bawah 5.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar