Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Makanan Penurun Kolesterol

    /
    /
    /
    86 Views

    Makanan Penurun Kolesterol

    makanan penurun kolesterol
    Steak Sapi yang Sangat Lezat dan Bagus Dalam Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

    Tingginya kadar kolesterol, terutama kolesterol tipe LDL yang sering dianggap sebagai kolesterol jahat, tentu saja menjadi perhatian bagi banyak orang, terutama di Indonesia ini.

    Tentunya kadar kolesterol yang tinggi juga turut dianggap sebagai pemicu naiknya jumlah penderita serangan jantung koroner dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, makanan penurun kolesterol banyak dicari orang karena dianggap sebagai “obat ajaib” untuk menurunkan kolesterol.

    Tapi percayalah, tidak ada yang namanya “obat ajaib” untuk menormalkan kadar kolesterol kamu. Yang harus kamu pahami adalah apa sebenarnya penyebab naiknya kolesterol di dalam darah, baru setelah itu kamu bisa memutuskan makanan penurun kolesterol yang kamu sukai.

    Walaupun tidak bisa disebut dengan “obat”, namun deretan dan daftar makanan penurun kolesterol berikut ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasar mana saja, baik itu pasar tradisional maupun pasar swalayan modern di mall-mall di Indonesia.

    Inilah Daftar 12 Makanan Penurun Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui

    Daftar makanan penurun kolesterol berikut ini adalah daftar bahan makanan yang lain dari yang lain. Pada awalnya mungkin kamu akan mengernyitkan dahi, tapi jika kamu sudah mencobanya, niscaya kamu akan melihat dan merasakan hasilnya di tes lipid laboratorium kamu.

    Berikut daftar bahan makanannya:

    1. Daging sapi

    Daging sapi mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Daging sapi merupakan produk daging terbaik untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi.

    Selain itu, daging sapi juga tidak mengandung karbohidrat dan gula sama sekali, sehingga makan sebanyak apa pun tidak akan menaikkan kadar kolesterol.

    Daging sapi dengan lapisan lemak yang paling tebal merupakan pilihan yang terbaik. Sebaliknya, daging tanpa lemak merupakan daging yang harus kamu hindari sebab kandungan lemaknya sedikit sekali.

    1. Daging babi

    Di urutan ke-2 ini hanya berlaku bagi orang yang beragama bukan Islam. Daging babi merupakan daging kedua terbaik untuk menormalkan kadar kolesterol kita. Daging babi memiliki kadar protein yang lebih tinggi dan kadar lemak yang sedikit lebih rendah dibanding daging sapi.

    Tapi daging babi, juga seperti daging sapi, tidak mengandung gula dan karbohidrat sama sekali, sehingga sangat aman bagi kesehatan manusia.

    Pilihlah daging babi yang lapisan lemaknya paling tebal untuk hasil optimal, selalu hindari daging babi yang tanpa lemak ya.

    1. Daging ayam

    Bagi kamu yang kurang menyukai konsumsi daging merah, seperti daging sapi dan babi, maka daging ayam merupakan pilihan terbaik, baik itu daging ayam kampung mau pun daging ayam negri sama saja baiknya.

    Semua orang suka makan daging ayam, oleh karena itu pilihan nomor 3 ini bersifat universal, bisa diterima siapa saja.

    Daging ayam mengandung gizi yang sangat lengkap. Selain itu, kandungan lemak pada paha dan kulitnya juga sangat bagus, karena tinggi akan asam lemak omega-3, serta mengandung vitamin dan mineral dalam kadar yang tinggi.

    Selalu pilihlah daging ayam bagian paha, bisa paha atas maupun paha bawah, dan hindari mengonsumsi daging dada ayam. Dan jangan buang bagian kulitnya karena di situ tersimpan lemak yang sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol Anda.

    1. Daging ikan

    Anda yang lebih menyukai daging hewan air bisa memilih mengonsumsi daging ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut atau seafood.

    Banyak orang mengatakan untuk menghindari seafood karena tinggi akan kolesterol, tapi di sini saya katakan bahwa kolesterol yang ada di dalamnya merupakan kolesterol yang sangat baik bagi kesehatan Anda.

    Pilihlah daging ikan yang bervariasi, konsumsi baik itu ikan air laut maupun ikan air tawar. Karena mereka menawarkan kandungan gizi yang super lengkap, sehingga manusia bisa hidup hanya dengan memakan ikan saja.

    1. Daging hewan air lain

    Daging yang saya maksud di sini adalah udang, cumi, kerang, dan lain-lain selain ikan.

    Daging hewan air sangat kaya akan gizi, baik itu protein, lemak, vitamin, dan juga mineral. Serta jangan lupa mereka juga memiliki rasa yang sangat lezat.

    1. Hati

    Apakah kamu suka makan hati? Maka kamu sudah bisa menurunkan kadar kolesterolmu dengan mudah.

    Ya, hati, baik itu hati sapi, hati kambing, hati babi, hati ayam, dan hati hewan lainnya, dijuluki dengan nama Superfood, karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat lengkap sehingga kamu cukup mengonsumsinya sebanya, 100 gram saja per hari, maka kebutuhan vitamin dan mineral harianmu sudah terpenuhi.

    Hati juga mengandung NOL karbohidrat, sehingga sangat aman untuk kadar kolesterol Anda.

    Kekurangan hati adalah di rasa. Tidak semua orang suka akan rasa hati, sehingga hal ini bisa menjadi penghambat.

    1. Jeroan hewan

    Untuk Anda yang kurang menyukai rasa hati, maka bisa juga mengonsumsi jeroan hewan selain hati. Contohnya adalah babad, usus, jantung, paru-paru, dan bahkan otak.

    Ada begitu banyak aneka masakan olahan jeroan hewan sehingga rasa yang kita rasakan di lidah begitu menggoda selera. Tapi dulu umumnya orang begitu takut untuk menikmatinya.

    Lain dulu, lain sekarang. Anda aman untuk mengonsumsinya, asalkan jangan juga Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ya.

    1. Telur

    Telur juga dahulu dianggap sebagai makanan yang berbahaya bagi kadar kolesterol manusia. Tapi ternyata bukan telur penyebab masalahnya, melainkan karbohidrat yang kita makan berbarengan dengan telur tersebut.

    Padahal telur mengandung gizi yang sangat komplit untuk manusia lho. Telur merupakan makanan tunggal yang kandungan gizinya paling lengkap, sampai-sampai manusia sanggup hidup hanya dengan mengonsumsi telur saja.

    Pilihlah telur yang kamu suka, baik itu telur ayam, telur bebek, telur puyuh, dan telur-telur hewan lainnya.

    1. Alpukat

    Buah alpukat ini sangat spesial, karena memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. dengan tingginya lemak, memungkinkan manusia untuk memenuhi kebutuhan kalori hariannya tanpa perlu lagi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

    Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

    1. VCO

    VCO, atau Virgin Coconut Oil, juga merupakan salah satu Superfood karena berupa lemak murni tanpa protein tanpa karbohidrat.

    Kandungan asam lemak di dalam VCO juga merupakan asam lemak esensial, alias dibutuhkan tubuh dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri, sehingga wajib dimasukkan dari makanan.

    Tidak ada batasan dalam sehari maksimal berapa ML VCO yang boleh kita konsumsi. Oleh sebab itu, kamu bebas untuk mengonsumsinya sekuatnya saja.

    1. Mentega (Butter)

    Butter berasal dari lemak hewani, yang akan mencair dalam suhu ruangan. Berbeda dengan margarin yang berasal dari tumbuhan yang dihidrogenasi, sehingga berbentuk padat pada suhu ruangan.

    Butter atau mentega mempunyai kadar lemak yang tinggi, juga tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

    Lidah orang Indonesia mungkin tidak familier dengan rasa mentega, tapi sebenarnya mentega banyak dipakai dalam pembuatan macam-macam roti serta kue yang mungkin sering kamu makan selama ini.

    Butter bisa dioleskan di atas daging yang akan kamu makan, bisa juga dimakan secara langsung. Pilihlah yang sesuai selera kamu.

    1. Keju

    Keju yang berasal dari olahan susu juga merupakan makanan yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Pilihlah keju yang berjenis Cheddar.

     

    Keju bisa dijadikan topping makanan, bisa juga dimakan secara langsung, bisa dicairkan untuk dituang ke atas masakan olahan daging kesukaanmu.

    Kesimpulan Makanan Penurun Kolesterol

    Demikian 12 makanan penurun kolesterol yang wajib kamu pahami. Kesemuanya itu sangat aman untuk dikonsumsi ASALKAN Anda TIDAK makan makanan yang mengandung karbohidrat lagi.

    Jadi selama ini makanan berlemak dianggap sebagai sumber penyakit, tapi sesungguhnya karbohidrat lah yang menjadi penjahat sesungguhnya.

    Apabila kamu bisa menuruti daftar makanan penurun kolesterol ini, serta menghindari secara total karbohidrat, maka niscaya kadar kolesterolmu akan normal lagi.

    Untuk lebih mendalami tentang karbohidrat dan segala turunannya, silakan kunjungi artikel yang membahas karbohidrat dengan jelas dan rinci ini.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar