Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Lemak

    /
    /
    /
    92 Views

    Lemak

    lemak makanan
    Makanan Berlemak Tinggi

    Lemak (bahasa Inggris: Lipid) merupakan suatu kumpulan molekul-molekul karbon, hidrogen, dan oksigen di alam, meliputi asam lemak, sterol, vitamin-vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, monogliserida, digliserida, trigliserida, glikolipid, fosfolipid, dan lain sebagainya.

    Dalam bahasa sehari-hari, lemak secara khusus merujuk kepada lemak yang berasal dari hewan, bisa berwujud padat atau cair, dan sering dijadikan faktor yang memperburuk kesehatan manusia.

    Unsur yang paling dominan dari lemak adalah unsur karbon, sehingga lemak tidak dapat larut di dalam air. Lemak hanya bisa larut dalam larutan yang non-polar atau organik.

    Besama-sama dengan karbohidrat dan protein, lemak merupakan nutrisi yang tergabung ke dalam makro-nutrisi. artinya jumlah yang dibutuhkan setiap harinya dalam jumlah yang besar, yakni dalam satuan gram.

    Fungsi Lemak

    Lemak memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Tanpa adanya lemak di tubuh kita, sudah lama kita meninggal dunia. Kandungan utama otak manusia adalah lemak (Omega-3).

    Adapun fungsi lainnya dari lemak adalah:

    1. Sebagai pelarut (suspensi) bagi vitamin-vitamin A, D, E, dan K
    2. Dalam bentuk sel lemak dalam tubuh, lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Dalam 1 gram lemak terkandung potensi energi sebesar 9,3 kCal. Lemak menjadi penghasil energi PALING TINGGI bagi makhluk hidup
    3. Sebagai bantalan (bemper) untuk organ-organ dalam yang vital di tubuh manusia, seperti jantung, hati, lambung, sehingga aman dari benturan yang terjadi
    4. Lemak juga menjadi bahan penyusun utama membran sel
    5. Lemak menjaga sirkulasi energi dalam tubuh
    6. Bila kamu ingin lebih lama kenyang, maka konsumsi lemak lebih banyak bisa jadi solusi, karena lemak juga berfungsi sebagai penahan rasa kenyang, bukan penahan rasa lapar
    7. Lemak juga menjadi penyusun berbagai macam hormon. Kekurangan lemak bisa menjadi sumber masalah akibat ketidakseimbangan hormon

    Sedemikian pentingnya fungsi lemak, sehingga kekurangan asupan lemak bisa menimbulkan berbagai masalah yang jauh lebih rumit bagi kesehatan manusia.

    Sebagai contoh, bila manusia kekurangan asupan kolesterol, maka otak akan kekurangan asupan lemak juga, banyak hormon yang tidak bisa dihasilkan tubuh manusia bila kita tidak mengonsumsi kolesterol yang cukup, sehingga akan timbul penyakit.

    Oleh karena itu, hati akan segera memproduksi kekurangan kolesterol sehingga bisa mencukupi kebutuhan kolesterol harian manusia.

    Jenis-jenis Lemak

    Lemak dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan ikatan kimianya, yaitu:

    1. Asam Lemak jenuh

    Asam lemak jenuh bersifat non-esensial, artinya tubuh bisa memproduksinya sendiri apabila tidak mendapat asupan yang cukup. Asam lemak jenuh berasal dari sumber hewani, seperti lemak hewan, mentega (butter).

    1. Asam Lemak tak jenuh

    Asam lemak tak jenuh bersifat esensial. Artinya tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, atau tidak cukup produksinya, sehingga butuh asupan dari luar. Hanya ada 2 (dua) jenis asam lemak esensial, yaitu asam lemak Omega-3, seperti asam linolenat (ALA), asam Eikosapentaenoat (EPA), dan asam Dokosaheksaenoat (DHA), serta asam lemak Omega-6, contohnya asam linoleat.

    Sedangkan, berdasarkan sumbernya, lemak dibagi 2 menjadi:

    1. Lemak hewani, adalah lemak yang bersumber dari hewan. Contohnya adalah susu, daging, ikan, keju, telur, butter (mentega).
    2. Lemak nabati, adalah lemak yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya adalah margarin (BUKAN mentega), minyak sayur, minyak kedelai, alpukat, kacang-kacangan.

    Lemak juga ada yang termasuk lemak sederhana dan lemak campuran.

    Lemak sederhana adalah jenis lemak yang tersusun dari satu gliserol ditambah 3 asam lemak, lazim disebut sebagai trigliserida. Contohnya adalah lilin wax dan minyak.

    Sedangkan lemak campuran merupakan pencampuran antara lemak dan senyawa lain yang tidak termasuk lemak. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah LipoProtein, yang merupakan gabungan antara lemak dan protein. Banyak kita kenal sebagai LDL dan HDL, yaitu 2 jenis kolesterol yang sering dijadikan acuan kesehatan seseorang.

    Lemak Makanan

    Makanan dan minuman yang kita konsumsi merupakan sumber utama masuknya lemak ke dalam tubuh kita. Ada banyak jenis makanan yang mengandung lemak, baik itu yang terlihat secara kasat mata, seperti lemak di daging sapi, ikan, ayam, babi, maupun lemak yang tak kasat mata, seperti lemak yang terkandung di dalam makanan olahan seperti biskuit, kue-kue, dan lain-lain.

    Mengonsumsi lemak bersamaan dengan karbohidrat terbukti menaikkan kadar LD partikel kecil dan menurunkan kadar HDL. Lemak yang terikat dengan gula menyebabkan glikasi (glycation) yang terbukti menjadi plak yang menyumbat pembuluh darah manusia, disebut sebagai aterosklerosis.

    Di dalam suhu ruang, kira-kira 24-25 derajat Celcius, lemak hewani akan berbentuk padat, dan lemak nabati berbentuk cair.

    Namun, lemak nabati juga bisa dijadikan bentuk padat pada suhu ruangan, dengan suatu proses yang disebut dengan Hidrogenasi, sehingga sifat lemak nabati berubah menjadi Trans-Fat, yang memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan manusia.

    Konsumsi lemak trans secara rutin terbukti menaikkan kadar LDL partikel kecil serta menurunkan kadar HDL, sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung koroner. Lemak trans juga berpengaruh terhadap memori di otak menjadi lebih turun kemampuannya.

    Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu lebih mengutamakan asupan lemak yang murni berasal dari alam, dan bukan buatan manusia seperti lemak trans ini. Sebisa mungkin juga mengutamakan lemak yang berasal dari hewan daripada yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

    Kesimpulan Tentang Lemak

    Demikian informasi mengenai lemak, yang mana sangat penting fungsinya bagi kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia.

    Artikel ini membahas mengenai lemak. Apabila yang kamu ingin ketahui adalah soal cara menurunkan berat badan, maka sebaiknya kamu membaca artikel tentang cara menguruskan badan ini.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar