Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Gejala Kolesterol

    /
    /
    /
    61 Views

    Gejala Kolesterol

    gejala kolesterol
    JANGAN Atasi Gejala Kolesterol Dengan Obat Penurun Kolesterol

    Gejala kolesterol sudah terlalu tinggi sering kali diabaikan oleh si penderitanya, semata-mata hanya karena kurangnya pengetahuan akan ciri-ciri tersebut. Padahal tubuh sudah memberikan sinyal-sinyal akan tanda bahaya yang sangat jelas.

    Pada akhirnya, biasanya semua sudah terlambat saat si penderita kolesterol tinggi telah terkena serangan jantung atau stroke, baik itu ringan maupun berat.

    Oleh sebab itu, alangkah baiknya saat ini mari kita kenali gejala-gejala kolesterol kamu sudah terlampau tinggi kadarnya, sebelum segalanya jadi terlambat.

    Inilah 10 Gejala Kolesterol Terlalu Tinggi Yang Wajib Kamu Waspadai:

    1. Mati rasa dan pegal-pegal di berbagai bagian badan. Rasa pegal ini paling sering dirasakan di daerah tengkuk dan leher.

    Rasa pegal dan mati rasa ini penyebabnya adalah terjadinya penumpukan lemak di daerah yang mengalami mati rasa tersebut.

    1. Muncul bau mulut yang tak biasa. Karena tingginya kadar kolesterol, maka sistem pencernaan kamu akan terganggu. Karena terganggunya sistem pencernaan, maka biasanya mulut akan terasa kering.

    Akibatnya timbullah bau mulut yang khas itu.

    1. Gangguan pencernaan, seperti rasa kembung. Pencernaan yang terganggu juga akan menyebabkan timbulnya gas yang biasanya tak akan muncul. Akibatnya, perut lebih sering terasa kembung yang tak biasanya juga muncul.

     

    1. Sakit di kepala, biasa disertai dengan pusing. Bila penumpukan lemak terjadinya di daerah sekitar kepala, maka kamu akan merasa pusing dan sakit kepala. Kadang juga bisa terjadi kehilangan keseimbangan saat berdiri atau berjalan. Harap berhati-hati karena kamu bisa saja terantuk saat terjatuh.
    1. Gangguan penglihatan. Apabila penumpukan lemak terjadinya di daerah sekitar mata, maka penglihatanmu yang akan terganggu. Biasanya gejala ini akan ditandai dengan warna mata yang menguning, menonjol, terjadi iritasi, pandangan yang kabur, dan bila tidak disikapi lebih lanjut akan terjadi kebutaan permanen.

     

    1. Sembelit, alias sulit buang air besar. Hal ini masih berkaitan dengan gangguan pada sistem pencernaan di atas. Selain timbul gas tambahan yang tidak perlu, gangguan pencernaan juga akan menyebabkan sulitnya penderita untuk buang air besar.
    1. Rasa sakit/nyeri di bagian dada. Gejala kolesterol tinggi yang satu ini merupakan gejala yang paling umu terjadi, dan merupakan ciri yang paling khas.

    Sebagian besar kasus sakit di dada adalah akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.

    Hal ini terjadi akibat penumpukan plak dan lemak pada saluran pembuluh darah di daerah dada, yang sering berujung pada serangan jantung mendadak.

    1. Rasa lelah yang tak berujung. Penderita kolesterol tinggi biasanya juga merasakan kelelahan yang berkepanjangan, serta ingin tidur bukan pada jam istirahat yang normal.

     

    1. Rasa gatal yang tanpa sebab. Penderita kolesterol yang tinggi biasanya juga mengalami rasa gatal yang mendadak, tanpa sebab yang spesifik, serta muncul di banyak tempat.

     

     

    1. Alergi. Alergi juga bisa terjadi, walau banyak juga orang yang mengalami alergi sejak lahir.

    Penimbunan dan tabungan lemak yang sangat banyak bisa menyebabkan seseorang yang tidak mempunyai alergi apa pun tiba-tiba menjadi memiliki alergi.

    Jadi jika kamu mengalami sebagian dari 10 gejala kolesterol tinggi tersebut, sebaiknya segera lakukanlah tes profil lipid, atau periksakan diri kamu ke dokter.

    Biasanya orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan diresepkan obat penurun kolesterol oleh dokter. Tapi konsumsi obat-obatan yang rutin dan berkelanjutan juga memiliki efek samping yang negatif. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah perubahan menu makanmu dimulai dari sekarang.

    Ada juga solusi terbaik dan teraman untuk menormalkan kadar kolesterol kamu, dalam artian menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.

    Apa Solusi Terbaik Bagi Kolesterol Tinggi?

    Biasanya, orang mengenal LDL sebagai kolesterol yang jahat, dan HDL sebagai kolesterol yang baik. Tapi penelitian lebih modern menunjukkan bahwa pengetahuan seperti itu sudah ketinggalan jaman.

    Tidak semua LDL adalah kolesterol jahat, dan tidak semua HDL merupakan kolesterol yang baik pula.

    Ada jenis LDL yang justru meningkatkan dan menjaga jantung dari ancaman serangan jantung koroner lho. Dan ada juga jenis HDL yang tidak bermanfaat apa-apa bagi kesehatan jantung kita.

    LDL dalam darah kita itu apabila diperinci lagi pemeriksaannya akan didapatkan dalam 3 jenis. Ada LDL tipe A yang berukuran partikel besar. LDL jenis ini bersifat ringan, mudah terbawa arus aliran darah, serta tidak mudah mengendap dan menyusup dalam celah dinding pembuluh darah.

    Ada juga jenis LDL yang bersifat sebaliknya, dinamakan dengan nama LDL tipe B. LDL jenis ini bersifat lebih padat, lebih berat, sangat mudah mengendap dan menyelip ke celah dinding pembuluh darah manusia.

    Sementara LDL jenis ketiga disebut dengan nama LDL jenis A/B. LDL jenis ini berada di antara kedua jenis LDL A dan B.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa LDL tipe A justru bersifat melindungi jantung dari berbagai penyakit jantung. Padahal selama ini yang kita ketahui adalah LDL merupakan kolesterol yang bersifat merusak.

    Sebenarnya LDL yang bersifat merusak jantung adalah LDL tipe B, yang lebih padat dan lebih lengket di pembuluh darah, sehingga sangat berpotensi untuk membentuk plak yang pada akhirnya akan menyumbat aliran darah kita.

    Jadi seharusnya yang kita tingkatkan adalah LDL tipe A, dan yang ingin kita kurangi adalah LDL tipe B. Bagaimana caranya?

    Diketahui pula dari penelitian, LDL tipe A hanya bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuhnya. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah makanan yang berasal dari hewan, seperti daging berlemak dan telur.

    Sementara LDL tipe B akan meningkat tajam kadarnya apabila kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Jadi dengan mengurangi, atau bahkan menghentikan, segala asupan makanan yang berkarbohidrat, maka kita sudah mengurangi kadar LDL tipe B yang sangat berbahaya ini.

    Perlu diketahui, konsumsi obat penurun kolesterol, selain memiliki efek negatif yang sangat banyak, juga TIDAK BISA MENURUNKAN LDL tipe B ini. Jadi hanya dengan menghapus karbohidrat dari menu makan kita saja yang sanggup menurunkan kadar LDL tipe B. Sumber penelitiannya bisa kamu baca di sini : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2929871/

    Sementara untuk HDL, hanya HDL-2 saja yang bermanfaat dalam perlindungan jantung kita. Jenis HDL-3 sama sekali tidak memberikan manfaat perlindungan bagi jantung. Padahal selama ini yang kita kenal adalah HDL merupakan kolesterol yang baik. Ternyata tidak semua HDL adalah baik adanya.

    Jadi yang ingin kita tingkatkan adalah HDL-2. Bagaimana caranya?

    Lagi-lagi dengan memakan daging yang berlemak tinggi dan telur. Jadi anggapan bahwa makan daging berlemak itu berbahaya merupakan mitos yang sama sekali tidak tepat.

    Kesimpulan dan Solusi Gejala Kolesterol Tinggi

    Ternyata tidak semua LDL adalah kolesterol jahat, dan tidak semua HDL adalah kolesterol baik. Ada LDL yang baik, dan ada juga HDL yang tidak bermanfaat.

    Makan makanan dari hewan yang mengandung lemak tinggi tidaklah berbahaya. Justru jenis makanan seperti itu yang melindungi jantung kita akan berbagai jenis penyakit jantung, terutama dari serangan jantung koroner.

    Lemak dari hewan meningkatkan LDL yang bersifat melindungi jantung dan juga HDL yang bermanfaat. Justru konsumsi akan makanan nabati yang mengandung karbohidrat malah meningkatkan kadar LDL yang bersifat menumpuk plak dan berbahaya bagi kesehatan jantung kita.

    Baca Juga: Berapa Kadar Normal Kolesterol Manusia?

    Salam sehat selalu, dan mari tingkatkan kadar kolesterol “BAIK” kita!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar