Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Gejala Asam Lambung

    /
    /
    /
    67 Views

    Gejala Asam Lambung

    gejala asam lambung
    Seorang Wanita Sedang Menahan Rasa Sakit Maag

    Gejala asam lambung merupakan puncak dari segala permasalahan di dalam sistem pencernaan manusia. Gejala yang muncul itu bukan merupakan dasar dari gangguan asam lambung, tapi hanyalah hasil dari tak normalnya sistem pencernaan manusia dalam bekerja.

    Naiknya asam lambung melewati klep lambung dan kerongkongan tentu saja menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Yang paling umum dan pasti mendera semua penderita sakit maag adalah rasa sakit dan nyeri di kerongkongan akibat “terbakar”-nya dinding kerongkongan oleh asamnya asam lambung.

    Tingkat pH asam lambung yang demikian rendah hanya bisa ditahan oleh dinding lambung bagian dalam yang memang sudah didesain khusus untuk menahan tingkat keasaman yang mencapai pH 1,5.

    Sedangkan organ dalam manusia lainnya selain dinding lambung itu tidak bisa menahan asamnya, sehingga akan teriritasi apabila terkena asam lambung yang naik tidak pada tempat yang semestinya.

    Maka karena asam lambung itu naik ke kerongkongan, tentu saja dinding kerongkongan akan segera teriritasi. Sama seperti kulit kita apabila tergesek sesuatu yang tajam dan keras, maka akan terluka, atau lecet. Nah coba bayangkan kerongkongan yang halus bila tergesek oleh amplas.

    Gejala asam lambung yang berikutnya adalah rasa mual yang teramat sangat, sampai-sampai menurunkan nafsu makan.

    Rasa mual yang luar biasa ini sangat wajar, mengingat adanya luka yang menganga di dalam saluran pencernaan kita. Tentu saja makanan apa pun yang lewat akan semakin membuat sakit di bagian luka tersebut.

    Coba bayangkan dalam sekali makan, kamu berapa kali menelan makanan? Nah setiap kali menelan makanan itu, luka itu harus tergesek oleh makanan. Tentu saja kamu akan jadi malas untuk makan. Ujung-ujungnya nafsu makan pun menurun.

    Ciri-ciri asam lambung naik selanjutnya adalah muntah. Muntah bisa disebabkan oleh rasa mual yang berlebihan, atau akibat dorongan gas dari usus halus.

    Bila kita merasakan sakit di kerongkongan, otomatis secara refleks kita semua akan berusaha mengeluarkan sesuatu yang menyebabkan rasa sakit itu, dalam hal ini adalah makanan. Maka hasilnya adalah penderita sakit maag sering muntah.

    Juga karena asam lambung naik terdorong oleh gas dari usus, maka dorongan tersebut juga bisa sampai ke mulut penderita sakit maag, dan akhirnya memuntahkan asam lambung tersebut.

    Jadi yang keluar karena muntah akibat naiknya asam lambung bisa asam lambung itu sendiri, atau makanan yang baru saja kamu makan.

    Gejala asam lambung naik berikutnya adalah anemia, alias kekurangan darah. Kurangnya darah ini sendiri sebenarnya merupakan akibat lanjutan dari terlukanya dinding kerongkongan dan usus halus si penderita sakit maag.

    Luka yang terus teriritasi serta tidak mau mengering tentu saja akan mengeluarkan darah terus-terusan. Dalam jangka waktu lama tentu jumlah darah yang keluar jadi banyak. Akibatnya si penderita akan mengalami anemia.

    Manusia pada umumnya makan 3 kali dalam sehari, belum dihitung camilannya. Jika jarak waktu antara tiap makan adalah 3 jam, tentu setiap 3 jam sekali makanan akan melewati dinding usus dan kerongkongan.

    Apabila ada luka, maka luka tersebut tidak memiliki waktu yang cukup untuk menutup sampai kering. Tentu saja hal ini akan membuat darah terus keluar.

    Gejala asam lambung yang naik berikutnya adalah terjadinya kerusakan gigi, akibat asam lambung yang sampai ke mulut dan mengenai gigi.

    Walau pun gigi adalah organ tubuh yang termasuk keras, tapi bila terkena sesuatu yang bersifat sangat asam, seperti asam lambung yang memiliki pH 1,5, tentu saja lama kelamaan akan tergerus dan rusak. Jadilah gigi keropos.

    Bau nafas yang tidak sedap juga menjadi ciri-ciri seseorang terkena sakit maag.

    Bau tak sedap tersebut sebenarnya berasal dari bau asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan. Cairan asam tersebut memiliki aroma yang sungguh asam, sehingga setiap kali si penderita membuka mulutnya, maka aroma asam itu pun langsung menyeruak untuk keluar. Jadilah bau mulut yang kurang sedap.

    Orang yang menderita penyakit asam lambung naik juga sering mengalami bersendawa atau perut kembung.

    Perut terasa penuh dengan udara, disebabkan karena gas yang berasal dari fermentasi di usus mengisi lambungnya, maka akan terasa kembung dan penuh di bagian lambung. Jika ditekan dengan jari, akan terasa keras, padahal penderita belum makan apa-apa.

    Lambung yang penuh terisi dengan gas juga memiliki kapasitas maksimal. Jika sudah penuh, tapi terus diisi dengan gas tambahan lagi, maka harus dikeluarkan. Karena jika tidak dikeluarkan, maka akan berbahaya bagi lambung itu. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mengeluarkan gas lewat mulut, yang biasa kita kenal dengan sendawa.

    Sendawa yang dialami penderita sakit maag berbeda dengan sendawa biasa. Bila kita bersendawa sesudah makan, hal ini masih bisa dianggap wajar. Tapi bila seseorang terus menerus bersendawa sepanjang hari, terlepas apakah dia habis makan atau tidak, maka patut dicurigai kalau orang itu mengalami masalah asam lambung naik.

    Apalagi jika bersamaan dengan sendawa itu juga tercium aroma yang sangat asam, maka kemungkinan terkena penyakit maag jadi bertambah besar. Hal ini yang sering kali terlewatkan oleh banyak orang, sehingga sakit maag bisa berkembang jadi penyakit yang lebih parah.

    Jika kamu tiba-tiba mengalami bertambahnya air liur tanpa sebab yang jelas, kamu juga harus waspada akan gejala terkena asam lambung naik.

    Air liur yang berlebihan produksinya merupakan mekanisme tubuh untuk menetralkan tingkat keasaman yang terjadi secara tiba-tiba di daerah mulut kamu. Tingkat keasaman yang turun menjadi terlalu asam terjadi akibat kenaikan asam lambung yang terdorong melewati kerongkongan.

    Maka untuk mencegah terjadinya iritasi, terutama di bagian dalam mulut, tubuh pun mengeluarkan air liur sehingga tingkat pH mulut bisa terjaga mendekati netral.

    Demikian gejala-gejala asam lambung yang saya rangkum, beserta penjelasannya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Selanjutnya saya akan berikan tips dan solusi untuk mengatasinya sehingga kamu pun bisa terbebas dari sakit maag yang mengganggu ini.

    Solusi Gejala Asam Lambung

    Perlu kamu ketahui dahulu bahwa kenaikan asam lambung ini bukan dikarenakan produksi asam lambung yang berlebihan. Tapi karena adanya dorongan dari usus ke atas, sehingga memaksa asam lambung melewati otot klep antara kerongkongan dan lambung.

    Apa yang menyebabkan terjadinya dorongan dari usus ke lambung tersebut? Gas jawabannya.

    Gas tersebut dari mana asalnya? Dari hasil proses fermentasi serat oleh bakteri.

    VOILA! Kita dapatkan penyebab aslinya gejala asam lambung ini! Maka tugas kamu sebagai orang yang menderita penyakit asam lambung adalah untuk menghilangkan si penyebab asal penyakit ini, maka tidak akan ada lagi gejala-gejala sakit maag yang harus kamu derita.

    Karena gas tersebut merupakan hasil fermentasi serat oleh bakteri, maka kamu hanya perlu menghilangkan serat tersebut dari usus kamu. Caranya bagaimana?

    Dengan menghilangkan serat apa pun bentuknya dari menu makan kamu mulai hari ini.

    Saya ulangi, hilangkan saja seluruh serat dari makanan yang kamu makan setiap harinya, dimulai dari hari ini.

    Serat terkandung di dalam semua makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, terutama semua sayur mayur dan buah-buahan. Serat juga terkandung di dalam semua jenis makanan pokok seperti nasi dan mi, dalam jumlah dan kadar yang kecil sekali.

    Lantas, makanan jenis apa yang TIDAK mengandung serat sama sekali?

    Jawabannya: makanan yang berasal dari hewan, alias semua makanan hewani.

    Gampangnya, konsumsilah HANYA makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, telur, ikan, udang, cumi. Dan hindarilah makanan yang berasal dari tumbuhan alias makanan nabati seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan semua makanan pokok seperti nasi, mi, roti, bihun, singkong, ubi, jagung, dan seterusnys.

    TAPI harap diingat bahwa apabila kamu tidak makan serat, maka konsekuensinya adalah kamu tidak boleh makan seluruh makanan yang mengandung karbohidrat dan gula lho.

    Karena apa? Karena makan makanan karbohidrat tapi tidak makan serat sama saja dengan menumpuk sumber masalah di masa depan.

    Seluruh makanan hewani itu mengandung kadar lemak yang bagus, apabila kamu masih makan karbohidrat, maka gula hasil metabolisme karbohidrat akan mengikat lemak sehingga menyumbat aliran darah di pembuluh darah.

    Maka seharusnya jangan masukkan karbohidrat ke dalam tubuhmu, maka lemak tidak akan menyumbat karena lemak bisa mengalir dengan bebas tanpa jadi lengket akibat gula.

    Kesimpulan

    Penyakit naiknya asam lambung memiliki gejala-gejala yang sangat mudah dideteksi, karena sudah sangat umum menimpa jutaan orang, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, jangan pernah sepelekan gejala asam lambung seperti yang telah tertulis di atas ini.

    Tapi, kamu tak usah risau, tak perlu galau, karena sakit maag bisa disembuhkan, bahkan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan apa pun juga. Cukup dengan menghilangkan serat pangan saja dari daftar menu yang akan kamu makan.

    Untuk mengetahui lebih dalam dan lebih detail lagi, silakan kunjungi artikel tentang asam lambung ini.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar