Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Diet Sehat

    /
    /
    /
    99 Views

    Diet Sehat

    Apakah diet sehat yang kamu cari saat ini? Maka kamu tiba di website dan artikel yang tepat, karena postingan saya kali ini membahas mengenai cara diet sehat dan menu makanan yang mendukung program diet sehat yang sudah terbukti aman, efektif, efisien, serta tidak melibatkan obat atau suplemen apa pun sama sekali.

    Sebenarnya kalau dibilang diet sehat alami juga masih kurang tepat, karena tips diet sehat yang akan saya bagikan ini lebih ke arah perubahan gaya hidup, atau lifestyle, kamu. Karena diet apa pun akan berakhir, sedangkan gaya hidup akan terus dijalani selamanya.

    Tapi untuk mempermudahnya, saya akan tetap menyebutnya dengan istilah cara diet sehat saja ya, lebih tepatnya diet sehat dan cepat.

    Kapan program diet sehat ini bisa dimulai? Saat ini juga! Itu jawabannya. Dan semuanya kembali tergantung kepada diri kamu sendiri, apakah kamu sudah siap untuk segera mengurangi ukuran lingkar pinggang dan perutmu?

    Cara Diet Sehat

    Seperti yang kita ketahui selama ini, ada begitu banyak cara dan program diet di dunia ini. Dan banyak sekali program diet yang meng-klaim sehat ini harus disertai dengan pemakaian suplemen atau obat tertentu. Karena tanpa produk “diet sehat”, maka program diet mereka tidak bisa dijalankan.

    Dan harga produk kesehatan itu sangat fantastis, untuk ukuran kantong rata-rata masyarakat Indonesia. Per bulannya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk diet sehat bisa mencapai 3 juta-an. Tentunya tidak semua orang bisa mengeluarkan biaya tambahan 3 juta per bulan, hanya untuk membeli produk diet kesehatan bukan?

    Jika kamu termasuk yang bisa membelinya, maka kamu tergolong beruntung. Tapi kalau kamu stop pemakaian produk mereka, maka berat badanmu akan melambung tinggi kembali.

    Jadi kamu sudah seperti terikat untuk selamanya mengeluarkan uang untuk pembelian dan pemakaian produk-produk seperti itu.

    Ada juga program diet sehat yang mengharamkan kita untuk mengonsumsi jenis makanan hewani, dan hanya boleh makan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Biasa kita kenal dengan sebutan vegetarian.

    Diet vegetarian ini pun memiliki masalahnya sendiri, karena tidak semua vitamin dan mineral bisa dicukupi hanya dari sumber nabati saja. Dan gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin dan mineral ini sangat fatal dalam jangka panjang, serta bersifat permanen, alias tidak bisa disembuhkan.

    Untuk mengatasinya, biasanya para pelaku vegetarian mengonsumsi multi vitamin dan mineral. Artinya mereka terpaksa harus menggunakan suplemen juga akhirnya. Serta jika diperhatikan, sumber vitamin yang tidak bisa mereka dapatkan dari sumber nabati yang terpaksa harus didapatkan dari suplemen itu sumbernya juga dari hewan.

    Apa artinya? Mereka secara tidak sadar harus melanggar aturan paling dasar mereka sendiri. Hanya saja karena sudah dalam bentuk kapsul atau softgel, mereka jadi tidak merasa bersalah.

    Dan jangan lupa, bahwa akhirnya mereka tetap tergantung pada suplemen.

    Ada juga diet yang tidak berdasarkan ilmu yang ilmiah, hanya berdasarkan intuisi dan logika saja. Contohnya, pernahkah kamu mendengar tentang anorexia dan bullimia? Ya, kedua jenis diet itu sangat sangat membatasi asupan kalori harian kamu, hingga hanya 600 kalori saja per hari.

    Kedua jenis diet itu mendasari pemikirannya pada: jika manusia menjadi gemuk karena banyak makan, maka satu-satunya cara menjadi kurus adalah dengan mengurangi makan. Jika asupan kalori harian manusia 2000 kCal, maka dengan menguranginya menjadi, katakanlah, hanya 600 kCal saja, otomatis pasti jadi kurus.

    Logikanya sih sudah benar, tapi kenyataannya mereka jadi kekurangan gizi. Karena tidak cukupnya asupan gizi, banyak yang kesehatannya jadi terganggu, bahkan tidak sedikit yang meninggal dunia.

    Tentu bukan jenis “diet sehat” seperti ini yang kamu harapkan, bukan?

    Oleh karena itu, di sini saya akan terangkan dengan detil alasan dan cara menjalankan diet sehat dan alami ini.

    Cara dan Tips Diet Sehat

    Sebelum saya membahas mengenai program diet sehat ini, terlebih dulu kamu perlu tahu mengenai MENGAPA sih koq kamu bisa sampai mengalami kelebihan berat badan?

    Apakah hanya karena “kebanyakan” makan? Padahal ada lho orang yang makannya sedikit, tapi tetap mengalami kenaikan berat.

    Tentu ada alasan mengapa sampai terjadi penumpukan lemak di badan manusia. Dari mana sih sebenarnya asal lemak yang menempel di perut kamu itu?

    Jika tebakanmu adalah dari makanan berlemak, seperti daging dan telur, yang kamu konsumsi, maka jawaban kamu itu 100% salah! Oleh karena itu, banyak orang yang gagal menurunkan berat badan karena berpikir dengan mengurangi asupan lemak, maka lemak di badan akan berkurang.

    Nyatanya banyak pelaku diet vegetarian yang mengalami obesitas lho. Bahkan banyak juga yang sampai harus mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, serta jantung koroner. Padahal jelas-jelas mereka itu sudah tidak lagi mengonsumsi daging.

    Jadi, dari mana sih sebenarnya?

    Sekarang, mari kita lihat apa sih yang dimakan para pelaku vegetarian. Yap! Tumbuh-tumbuhan. Seperti sayur, buah, dan makanan pokok seperti nasi, roti, mi, bihun, singkong, jagung, dan lain-lain.

    Tapi mereka tetap banyak yang mengalami obesitas. Jadi jelas ya, makanan yang mereka konsumsi itulah sesungguhnya penyebab kamu mengalami kenaikan berat badan!

    Benar sekali! Lebih tepatnya adalah karbohidrat yang kamu konsumsi itulah sesungguhnya asal muasal dari lemak yang saat ini menempel di pinggang, di perut, di pantat, di pipi, di dagu itu.

    Lho kok bisa? Lho kok berkebalikan sekali dengan apa yang selama ini kamu yakini? Beda banget dengan semua yang telah diajarkan sejak kamu kecil sampai sekarang ya?

    Betul sekali!

    Begini penjelasannya:

    Tahu ga apa sih yang setiap hari disuntikkan oleh penderita diabetes melitus? Yap! Insulin jawabannya!

    Apa sih fungsinya insulin itu? Insulin memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah secara cepat. Mengapa mereka harus menyuntikkan insulin setiap hari? Karena kadar gula darah yang terlalu tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

    Memangnya mereka tidak bisa memproduksi insulin sendiri? Bisa! Tapi jumlahnya tidak mencukupi, oleh karena itu harus ditambah dengan insulin dari luar.

    Lalu ke mana kelebihan gula dalam darah itu dibuang atau dialihkan? Apakah dibuang keluar dari badan mereka? Tidak!

    Insulin menormalkan kadar gula darah manusia dengan cara mengubah gula menjadi lemak. Nah lemak inilah yang kemudian menempel serta membuatmu jadi kelebihan berat badan.

    Lemak inilah yang menjadi lemak yang kamu benci setiap kali kamu melihat cermin, lemak yang kamu benci setiap kali kamu memilih pakaian, lemak yang kamu benci setiap kali kamu harus difoto atau selfie, lemak yang kamu benci setiap kali kamu merasa harus mengurangi makan tapi didera dengan rasa lapar yang luar biasa.

    Kamu yang tak punya pilihan lain selain kembali makan dan makan, padahal secara sadar kamu tahu bahwa makanan yang kamu konsumsi itulah yang membuat tubuhmu melar serta pakaian-pakaianmu jadi tidak cukup lagi.

    Sebenarnya yang diubah menjadi lemak hanyalah kelebihan gula darah saja. Masalahnya, berapa gram gula yang bisa dianggap kelebihan oleh tubuh kita?

    Seperti yang sudah saya bahas di sini, tubuh akan menganggap lebih dari 5 gram gula yang beredar dalam darah sebagai kelebihan gula darah, sehingga harus sesegera mungkin diturunkan ke angka 5 gram.

    Hanya 5 gram saja, sedangkan selebihnya akan diubah menjadi lemak yang disimpan di berbagai sudut tubuh kita. Pernahkah kamu coba timbang, dalam sekali makan saja, berapa gram total makanan serta minuman, jika minuman yang kamu minum adalah minuman manis, yang kamu konsumsi? Dalam 1 kali makan lho ya, bukan dalam 1 hari.

    Rata-rata 1 piring nasi itu 200-250 gram, tergantung piringnya juga. Nah, angka 200 gram itu jelas jauh melebihi ambang batas 5 gram yang dianggap tubuh sebagai batas aman. Sehingga akibatnya kelebihan 195 gram itu yang akan diubah ke dalam lemak.

    Belum termasuk lauknya, bumbunya jika kamu makan dengan lahap dibumbui kecap manis, gula, tepung, serta gula di dalam minuman es teh manismu itu. Dalam sekali makan saja.

    Sehari kamu makan berapa kali? Biasanya 3 kali kan? Nah kalikan saja angka tersebut dengan 3. Belum termasuk camilan-camilan di jam antara jam makan, seperti gorengan, roti, es krim, dan masih banyak lagi.

    Sementara ambang batas aman gula darah tetap sama, tidak berubah. Tetap di angka 5 gram saja. Kelebihannya itulah yang menjadi timbunan lemak, setiap harinya. Kalikan dengan usiamu saat ini. Hasilnya? Timbunan lemak yang kamu lihat setiap kali kamu melihat cermin.

    Sekarang kamu sudah paham dari mana asalnya lemak yang mengganggu itu kan? Nah dengan informasi berharga ini, tentunya kita sekarang bisa menyusun strategi untuk membasminya, bukan?

    Karena musuh utamanya adalah gula, maka hal pertama yang wajib kita hapus dari daftar makanan kita adalah GULA. Masalah berikutnya pun muncul. Apa itu?

    Banyak gula yang tidak berbentuk gula. Bahkan banyak pula gula yang tidak berasa manis sama sekali. Mengapa demikian?

    Karena karbohidrat apapun merek-nya begitu masuk mulut, langsung diubah menjadi gula oleh enzim amilase dalam ludah kita. Coba kamu baca ini supaya mengerti.

    Sedangkan mau itu namanya nasi (putih, merah, coklat), oat, mi, roti, bihun, tepung, jagung, singkong, ubi, kentang semuanya itu tinggi kandungan karbohidratnya. Beberapa bahkan tidak ada manis-manisnya di lidah, seperti mi.

    Tapi semuanya itu akan diubah menjadi gula di dalam mulut kita. Jadi kalau kamu makan nasi putih saja tanpa lauk apa pun, sama saja kamu memasukkan gula ke dalam darahmu, walau kamu merasa tidak mengonsumsi gula sama sekali.

    Nah, di sinilah kesulitan yang dialami orang Indonesia pada umumnya. Karena kalau belum makan nasi, seringnya dianggap belum makan. Kalau di Eropa atau Amerika, makanan pokok mereka adalah gandum serta produk turunannya.

    Kebanyakan orang Indonesia gagal dalam mencapai berat dan bentuk badan idealnya hanya karena tidak bisa melepas nasi ini. Merasa kelaparan hanya karena belum makan nasi, padahal sebenarnya mereka sudah makan roti, mi instan, es krim, gorengan, hamburger, dan banyak sekali.

    Inilah hambatan pertama dan utama yang harus bisa kamu lewati untuk benar-benar menjalankan program diet sehat ini.

    Jangan khawatir! Saya ada cara supaya kamu tidak merasa lapar walau tidak mengonsumsi nasi putih lagi. Caranya adalah dengan mengganti karbohidrat dengan lemak.

    Tips Diet Sehat #1: Konsumsi Lemak

    Diet Sehat
    Contoh Menu Diet Sehat

     

    Ya betul! Lemak, yang selama ini ditakuti dan dianggap sebagai sumber penyakit itulah yang akan kamu konsumsi sebagai pengganti nasi.

    Sebenarnya fungsi karbohidrat itu hanya satu, yaitu sebagai sumber energi saja. Tidak ada yang lainnya. Tapi karbohidrat juga menjadi sumber berbagai penyakit modern. Oleh karena itu jika kita bisa menggantikan karbohidrat dengan sumber energi lainnya, kita bisa meng-eliminasi sumber masalah dan kita tetap berenergi.

    Lemak menjadi sumber energi baru kita karena energi yang dihasilkan oleh lemak lebih tinggi dari energi yang dihasilkan karbohidrat. 1 gram karbo menghasilkan 4 kCal energi, sedangkan 1 gram lemak menghasilkan 9,3 kCal. Lebih dari 2 kali lipatnya, tanpa menambah masalah.

    Lemak juga bisa menahan rasa kenyang jadi lebih lama, karena makan lemak akan mengaktifkan hormon leptin yang berfungsi memberi sinyal ke otak bahwa lambung kita sudah penuh, walau pun lambung kita hanya terisi sepertiganya oleh lemak.

    Lemak juga termasuk ke dalam nutrisi esensial, sehingga mau tidak mau memang kita WAJIB makan lemak, sedangkan tidak ada satu pun karbohidrat yang termasuk nutrisi esensial. Bisa kamu lihat di sini.

    Jadi kamu akan baik-baik saja tanpa makan karbohidrat sama sekali. Tapi kamu tidak akan baik-baik saja tanpa lemak. Justru di sinilah letak kekeliruan dari pengetahuan yang umum dipahami orang.

    Yang baik malah disalahartikan sebagai zat berbahaya, sedangkan yang sama sekali tidak diperlukan oleh tubuh malahan dikonsumsi dengan sengaja.

    Kalau protein itu wajib dikonsumsi ya, karena tubuh kita tidak bisa menyimpan kelebihan asupan protein. Akibatnya setiap hari kita harus konsumsi protein. Utamakan protein hewani saja, karena protein nabati itu sulit dicerna oleh tubuh kita, dan pasti selalu mengandung karbohidrat.

    Jadi utamakan asupan lemak hewani ya, di urutan kedua adalah protein hewani. Karena tubuh kita tidak bisa menyimpan kelebihan protein, maka asupannya juga secukupnya saja.

    Hitungan kasarnya kira-kira seperti ini: jika berat badanmu 50 kg, maka angka 50 itu dikali 2, jadi 100. Nah asupan harian proteinmu sekitar 100 gram.

    Nah hambatan yang selanjutnya adalah ini: Hindari sayur-sayuran DAN buah-buahan. Lalu, dari mana kita mendapatkan asupan vitamin dan mineralnya? Seratnya bagaimana?

    Tenang saja! Semua vitamin dan mineral bisa kita dapatkan HANYA dari produk hewani saja lho. Terutama makanan dari jeroan hewan, seperti hati sapi, babat, kikil, jantung, usus. Sementara soal serat, serat itu sebenarnya salah satu bagian dari karbohidrat.

    Tahukah kamu bahwa tubuh kita TIDAK BISA memproses serat? Jadi sebanyak apa pun serat yang kamu makan, TIDAK ADA sedikit pun yang bisa memberikan nutrisi ke tubuh kita.

    Kalau tidak percaya, cobalah makan sayur genjer. Masuk begitu, keluarnya juga begitu bentuknya. Itu adalah bukti bahwa tubuh manusia tidak bisa memecah serat. Kalau tidak bisa dipecah, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tidak bisa kita serap dan kita manfaatkan.

    Jadi percuma saja bukan. Lalu untuk apa sih sebenarnya serat itu kok sampai disarankan oleh para ahli untuk dimakan setiap hari?

    Serat sebenarnya memiliki fungsi unik dan baik APABILA kita masih makan karbohidrat. Sedangkan dalam diet sehat dan alami ini kan kita sudah tidak lagi makan karbohidrat.

    Serat memiliki fungsi mengikat sebagian karbohidrat supaya tidak terproses oleh sistem pencernaan manusia. Otomatis jumlah gula yang masuk ke darah akan berkurang. Tapi masalahnya kalau kita sudah tidak konsumsi karbohidrat lagi, apa yang mau diikat oleh serat?

    Malah sistem pencernaan kita terbebani oleh serat. Sudah tidak bisa dipecah, diolah dan diserap gizinya, alias kita tidak dapat apa-apa, usus pun berisiko untuk terluka karena sifat serat itu keras.

    Serat hanya bisa diolah oleh hewan herbivora, seperti sapi. Dalam bahasa Inggrisnya, hewan memamah biak itu disebut Ruminant. Karena lambung pertama ruminansia disebut Rumen.

    Dalam sehari, sapi itu bisa sampai 8 kali mengeluarkan lagi rumput dari lambungnya untuk dikunyah lagi. Sementara saya yakin tidak ada satu pun di antara kamu yang memuntahkan kembali sayur yang kamu makan untuk dikunyah ulang, satu kali pun tidak!

    Serat juga hanya bisa diproses menjadi lemak oleh bakteri, yang terdapat dalam lambung Rumen sapi. Tanpa keberadaan bakteri tersebut, mustahil sapi bisa mengolah rumput yang dia makan.

    Sebenarnya bakteri dalam lambung sapi lah yang mengonsumsi serat di rumput, sedangkan sapinya sendiri mengonsumsi bakteri yang sudah diberi makan serat itu, untuk mendapatkan protein dan lemak. Kita manusia? Dari pada susah susah mengolah serat, lebih baik langsung saja mendapatkan lemak dan protein dari daging dan jeroan sapinya.

    Untuk alasan inilah, serat sungguh tidak dibutuhkan kita. Yang terpenting jangan kemasukan karbohidrat saja, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

    Tips Diet Sehat #2: Puasa

    Kemudian tips diet sehat selanjutnya adalah berpuasa. Mengapa harus berpuasa?

    Untuk mendukung tubuh terus menerus membakar simpanan lemak di badan kita, maka kita wajib mengistirahatkan sistem pencernaan kita. Karena kalau kita masih memberi asupan energi, maka tubuh akan memprioritaskan penggunaan sumber energi dari makanan tersebut.

    Kalau dalam sehari kita makan 3 kali, maka tidak ada waktu bagi tubuh untuk memanfaatkan lemak tubuh lagi. Setiap kali selesai memproses makanan, sudah masuk lagi, diproses lagi, masuk lagi, diproses lagi.

    Maka jalan satu-satunya adalah dengan berpuasa. Jangan berpikir bahwa puasa itu susah. Dengan kita sudah meng-eliminasi karbohidrat dari piring kita dan mengonsumsi lemak sebagai sumber energi baru, maka sudah tidak akan ada lagi rasa ingin makan atau lapar. Sehingga puasa jadi gampang sekali dijalankannya.

    Jalan pertama untuk berpuasa dalam diet sehat ini adalah dengan menghilangkan sarapan. Gantilah sarapan dengan menu sarapan baru kita, yaitu OLAHRAGA.

    Ya betul! Pada saat baru bangun pagi, tubuh mencapai titik energi tertinggi. Oleh sebab itu, sangat cocok untuk digunakan beraktivitas fisik. Jika kamu jarang atau tidak pernah berolahraga, mulailah dengan olahraga ringan dulu, seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda.

    Oya, selama berpuasa kita masih bisa minum air putih, karena air putih tidak mengandung kalori atau karbohidrat, sehingga gula darah kita tidak akan naik.

    Mulai makan setelah pukul 12 siang. Makanlah lemak dan protein (daging, jeroan,  dan telur) sampai kenyang. Makan lagi pukul 6 sore. Dan berhenti makan setelah makan malam itu, hanya boleh minum air putih saja.

    Harap diperhatikan bumbu yang kita pakai, karena segala jenis tepung, kecap, dan gula TIDAK boleh dikonsumsi sama sekali.

    Pada awalnya pasti akan tidak mudah, semua orang juga mengalami itu. Tapi setelah 2-3 hari, tubuhmu akan terbiasa. Apalagi ditunjang dengan absennya karbohidrat dari menu, hal itu akan semakin mempermudah lancarnya puasa kita.

    Bahkan biasanya setelah 4-5 hari, kita akan merasa kenyang terus, walau tidak makan apa-apa. Sehingga jam untuk berpuasanya bisa lebih panjang. Banyak yang mengalami makan 1 kali saja dalam sehari sudah terasa kenyang sepanjang hari. Jika kamu pun merasa seperti itu, lakukanlah. Jangan dipaksakan untuk makan jika perut terasa penuh terus sepanjang hari.

    Pastikan asupan air dan garam bermineral harus terus dijaga. Garam diperbolehkan karena garam tidak mengandung karbohidrat sama sekali, bahkan diwajibkan karena kekurangan mineral dan air bisa berakibat fatal bagi tubuh.

    Garam yang disarankan dalam cara diet sehat ini adalah jenis garam krosok atau bisa juga garam Himalaya. Garam meja yang umum dipakai untuk memasak yang sudah diputihkan itu biasanya kandungan mineralnya juga sudah ikut terbawa pada saat diputihkan, sehingga mineralnya ikut hilang.

    Pada masa-masa awal diet sehat ini, sekitar 7-10 hari, tubuh kita akan banyak mengeluarkan cairan, sehingga harus diperhatikan untuk banyak minum air dan garam bermineral yang sudah saya sebutkan di atas ya.

    Tips Diet Sehat #3: Olahraga

    Nah cara untuk mempermudah program diet sehat ini adalah dengan menambahkan olahraga ke dalam gaya hidup kita. Tidak usah yang mahal, bahkan yang gratis seperti jalan kaki pun sudah termasuk olahraga.

    Dengan kita menghentikan asupan karbohidrat, tubuh kita akan mulai memakai lemak tubuh sebagai sumber energi kan? Nah energi itu sebaiknya kita pakai, dari pada nantinya akan terbuang percuma.

    Nah cara menggunakan energi yang paling efektif adalah dengan berolahraga. Selain energinya terpakai, tubuh pun juga akan jadi lebih sehat. Aktif olahraga juga turut mempercepat pembakaran lemak tubuh, menurunkan kadar gula darah, serta menormalkan tekanan darah.

    Jadi tidak ada ruginya sama sekali. Kamu hanya perlu mengganti jam sarapan dengan olahraga. Sangat mudah caranya.

    Tips Diet Sehat #4: Cukup Tidur

    Nah program diet sehat ini juga menekankan pentingnya tidur atau istirahat, sehingga tubuh dan pikiran akan terbebas dari stress. Stress akan memicu hormon kortisol yang akan menaikkan kadar gula darah, walau pun kita sudah berhenti makan karbohidrat sama sekali.

    Untuk cara diet sehat yang nomor 4 ini memang tidak bisa dipaksakan. Semua kembali lagi kepada diri kita masing-masing bagaimana cara mengontrol emosi kita.

    Tapi untungnya dengan berhenti konsumsi karbohidrat, maka emosi kita akan jadi jauh lebih mudah terkontrol, karena kadar gula berlebih membuat kita jadi susah mengendalikan emosi.

    Jadi sebaliknya, dengan rendahnya kadar gula, ditambah dengan olahraga dan rutin berpuasa setiap hari, maka tidur pun jadi lebih mudah, serta emosi yang lebih mudah dikontrol. Kita jadi tidak mudah marah, lebih tenang pikiran serta lebih menikmati hidup.

    KESIMPULAN Diet Sehat

    Memang cara diet sehat yang saya bagikan ini hampir semuanya kebalikan dari apa yang selama ini kita semua yakini dan pelajari. Kontroversial bisa dibilang.

    Tapi cobalah kamu instrospeksi diri. Selama ini kamu sudah menjalani apa yang diajarkan orang tua dan guru kita, dan hasilnya seperti apa? Jika kamu bisa sampai ke artikel ini, kemungkinan besar kamu mengalami kelebihan berat badan.

    Jadi, jika kamu telah menjalankan apa yang selama ini jadi keyakinan umum, dan hasilnya seperti ini, bukankah itu artinya ada sesuatu yang keliru dengan keyakinan umum itu?

    Maka saran saya, cobalah ubah arah saat ini juga. Mengapa sesuatu yang sudah jelas membuatmu kelebihan berat badan masih saja terus dijalankan? Hasilnya juga tidak akan berbeda nantinya.

    Lakukan kebalikannya, maka hasilnya juga kebalikan dari keadaanmu saat ini! Ini logika yang tepat.

    Jadi inti dari diet sehat ini adalah:

    “Makan daging dan telur, minum air putih dan air kaldu tulang, berpuasalah setiap hari”

    Selama kamu terus menjalankan cara diet sehat ini, maka kamu tidak akan tersesat.

    Salam sehat selalu dari AloSehat.com!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar