Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

    /
    /
    /
    74 Views

    Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

    ciri ciri kolesterol tinggi
    Kenali Ciri-ciri Kadar Kolesterol Anda Tinggi!

    Ciri-ciri kolesterol tinggi pada umumnya sudah dipahami sebagian besar orang. Tapi ada juga beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang tidak diketahui bahwa itu sebenarnya merupakan salah satu ciri-ciri, dan ada juga orang yang tidak memahami sama sekali apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi, walau pun hanya sebagian kecil saja.

    Bila kadar kolesterol, terutama kolesterol jenis LDL tipe B, bukan hanya kolesterol LDL saja, sudah terlampau tinggi, melebihi angka 200 mg/dL, maka ke depannya bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit yang jauh lebih serius dari hanya sekedar gangguan kesehatan seperti ciri-ciri kolesterol terlalu tinggi di artikel ini.

    Pada umumnya, kadar kolesterol jenis LDL tipe B yang terlalu tinggi menimpa orang yang sudah dewasa dan sudah lanjut usia. Tapi di jaman sekarang ini, bahkan anak-anak muda berusia 20 tahunan pun sudah mulai banyak yang terserang kolesterol tinggi.

    Oleh karena itu, perlu kita perluas pemahaman mengenai berbagai ciri kolesterol tinggi untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kematian akibat serangan jantung mendadak, serta berbagai penyakit degeneratif yang menyeratinya apabila tidak terserang penyakit jantung.

    Penyakit degeneratif akibat gangguan metabolisme yang biasanya menyertai kolesterol LDL tipe B yang tinggi antara lain:

    1. Penyakit jantung koroner
    2. Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
    3. Diabetes Melitus
    4. Penyempitan pembuluh darah
    5. Kanker
    6. Serangan jantung
    7. Stroke, baik itu stroke ringan mau pun stroke berat
    8. Obesitas (Kegemukan badan)

    Oleh sebab itu, perlu kita kenali dan waspadai macam-macam ciri-ciri kolesterol tinggi.

    Inilah 12 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui:

    1. Rasa sakit dan pegal-pegal di leher dan punggung

    Rasa nyeri yang sangat tidak nyaman ini biasanya disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah di daerah leher dan punggung tersebut. Biasanya juga disertai dengan naiknya tekanan darah saat sedang berpuasa.

    Pembuluh darah yang menyempit mengakibatkan berkurangnya suplai darah dan oksigen ke otak manusia, sehingga dalam jangka panjang akan menyebabkan serangan stroke.

    1. Kesulitan dalam bernafas

    Kesulitan dalam mengambil nafas disebabkan penyumbatan di arteri jantung. Jantung yang kekurangan aliran darah juga menjadi kesulitan dalam melakukan tugasnya dengan sempurna. Masih ditambah pula dengan kurang oksigen bagi jantung untuk bermetabolisme.

    Apabila penyumbatan ini tidak segera dihentikan, atau diperbaiki, maka di kemudian hari kemungkinan besar si penderita akan terkena serangan jantung mendadak.

    1. Rasa sakit di bagian dada

    Rasa nyeri di dada ini juga karena adanya penyempitan pembuluh darah di daerah jantung. Biasanya disertai dengan nafas yang berbunyi. Biasanya ini dialami oleh orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang berlebihan.

    Kita bisa mendengar beratnya tarikan dan hembusan nafas orang yang mengalami hal ini. Jantung si penderita juga jadi harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah.

    Banyak orang yang tidak memperhatikan, dan bahkan meremehkan gejala yang tampak ringan ini. Padahal ini adalah suatu pertanda paling awal untuk gejala kolesterol tinggi.

    1. Kesemutan

    Jika Anda sering mengalami kesemutan padahal tidak sedang duduk bersila, maka wajib diwaspadai kalau kadar kolesterol Anda sudah terlampau tinggi.

    Kesemutan ini disebabkan tidak lancarnya aliran darah karena penyempitan pembuluh darah di daerah yang mengalami kesemutan tersebut.

    1. Sakit di tangan dan kaki

    Rasa nyeri di tangan dan kaki ini penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah di kaki dan tangan si penderita. Tangan juga jadi tidak bisa digunakan untuk mengangkat barang.

    Gejala ini juga sering diremehkan, karena sekilas tampak tidak berhubungan.

    1. Badan terasa sangat lemas dan lelah

    Jika kamu merasakan hal ini, maka kamu sudah harus mengecek kadar kolesterolmu. Rasa lelah ini dikarenakan adanya banyak penyempitan pembuluh darah di berbagai tempat di badan kamu. Tidak hanya di bahu, atau di daerah jantung saja.

    Rasa lelah ini timbul karena bagian-bagian tubuh tidak mendapat suplai oksigen yang cukup untuk bisa bermetabolisme dengan sempurna. Masih pula ditambah dengan semakin beratnya kerja otot jantung sehingga menyedot energi yang jauh lebih banyak lagi.

    1. Kaki yang terasa lemah

    Bila tingginya kolesterol diikuti dengan tingginya tekanan darah, maka biasanya disertai dengan ciri-ciri kaki yang terasa sangat lemas, sampai tidak bisa berjalan dengan baik.

    Penyebabnya karena otot kaki tidak mendapat darah dan oksigen yang cukup untuk bermetabolisme dan bekerja dengan baik.

    1. Sakit di kepala

    Ciri-ciri kolesterol tinggi yang satu ini sebagian besar dikarenakan adanya tekanan darah yang tinggi yang juga menyertai. Tersumbatnya pembuluh darah ke kepala menyebabkan naiknya tekanan aliran darah.

    Bila hal ini tidak segera diatasi, maka akan sangat berbahaya, karena suatu saat pembuluh darah tersebut akan pecah, dan menyebabkan terjadinya stroke berat. Bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan total seluruh tubuh.

    1. Muka yang merah

    Bagian wajah yang memerah tidak selalu baik, karena umumnya orang akan menganggap wajahnya berseri-seri merah. Tapi kamu wajib waspada bila hal ini menimpamu, karena ternyata muka yang merah juga merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi.

    Merahnya muka si penderita disebabkan tersumbatnya aliran darah di daerah wajah, dan hal ini biasanya juga diikuti dengan rasa panas, nyeri dan sangat tidak nyaman di wajah si penderita.

    1. Mual yang sering berujung muntah

    Penderita kolesterol tinggi banyak yang jadi tidak bisa menerima makanan dengan baik lagi. Hal ini disebabkan terganggunya saluran dan sistem pencernaannya.

    Bila diikuti dengan berkurangnya nafsu makan, rasa lemas di otot, dan sakit kepala yang tak terobati, maka si penderita bisa kehilangan kesadaran, atau pingsan, walau belum terjadi serangan stroke atau serangan jantung.

    1. Labilnya emosi

    Emosi yang sangat labil dikarenakan tubuh si penderita sudah tidak terasa nyaman sama sekali, sehingga sedikit saja gangguan dari luar akan segera memicu emosi yang berlebihan. Masih juga ditambah dengan sakit kepala yang berlebihan dan non stop.

    Ini sebenarnya bukan masalah fisik, tapi lebih ke arah psikologis, dan sangat wajar untuk kita maklumi.

    1. Kenaikan berat badan berlebih

    Naiknya berat badan dan lingkar pinggang, terutama di bagian perut, bisa jadi salah satu indikator naiknya kadar lemak dan kolesterol dalam darah Anda. Oleh karena itu bisa kita lihat, banyak orang gemuk yang mengalami kolesterol tinggi, dan banyak orang yang kolesterol tinggi yang bertubuh gemuk, walau tidak selalu seperti itu.

    Ada juga orang bertubuh kurus yang memiliki kolesterol tinggi, dan bahkan gula darah tinggi pula.

    Demikian 12 ciri-ciri kolesterol tinggi yang utama, yang paling mudah untuk dilihat dan diwaspadai. Bila Anda sudah merasakan satu atau lebih gejala seperti di atas dan sudah dalam jangka waktu lama tidak tersembuhkan, maka Anda wajib untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

    Tingginya kadar kolesterol LDL tipe B ini disebabkan HANYA oleh SATU hal saja, yakni tingginya asupan makanan yang mengandung KARBOHIDRAT, bukan lemak.

    Oleh sebab itu, SATU-SATUNYA cara untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tipe B ini hanya dengan mengurangi, atau bahkan menghilangkan karbohidrat dari segala makanan dan minuman yang hendak Anda konsumsi.

    Konsumsi obat-obatan penurun kolesterol juga tidak efektif, karena obat tersebut ternyata TIDAK BISA MENURUNKAN kolesterol LDL tipe B ini. Padahal kolesterol jenis inilah yang berbahaya bagi timbulnya plak dan timbunan lemak di pembuluh darah.

    Kesimpulan dari Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

    12 ciri-ciri kolesterol tinggi ini merupakan gejala yang sangat umum dan sangat mudah dilihat. Masih ada gejala lainnya, tapi hal tersebut merupakan gejala lanjutan dari ke-12 ciri-ciri di atas.

    Dan ternyata penyebabnya bukanlah lemak, melainkan karbohidrat. Oleh karena itu, kurangilah, atau bahkan hapuslah karbohidrat dari daftar makanan dan minuman yang Anda akan konsumsi.

    Bacalah jenis makanan yang sangat aman bagi penderita kolesterol tinggi berikut ini.

    Salam sehat selalu dan bebas obat selamanya!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar