Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Ciri Ciri Kolesterol

    /
    /
    /
    73 Views

    Ciri Ciri Kolesterol

    ciri ciri kolesterol
    Makanan Berlemak Tinggi Sebagai Solusi Kolesterol TInggi

    Memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentu saja tidak bagus bagi kesehatan tubuh kita. Apabila kolesterol sudah terlalu tinggi, tentu saja akan timbul ciri ciri kolesterol tinggi yang menandakan sudah melewati batas aman. Mari kita bahas apa saja ciri-ciri atau gejala kolesterol Anda sudah terlampau kelewat batas.

    Sebelum kita membahas mengenai ciri ciri kolesterol tinggi, ada baiknya kita mengetahui dulu berapa batas aman kolesterol di dunia medis.

    Kolesterol itu sendiri terdiri dari 4 komponen yang biasanya tertulis pada hasil tes darah, yaitu:

    1. Kolesterol LDL, merupakan jenis kolesterol yang biasanya dianggap sebagai “kolesterol jahat”. Dunia medis menentukan bahwa LDL Anda harus di bawah angka 100 mg/dL. Apabila di antara 100-160, Anda sudah wajib waspada. Bila melewati angka 160 mg/dL, maka sudah masuk kategori kolesterol tinggi.
    2. Kolesterol HDL, merupakan jenis kolesterol yang biasanya dianggap sebagai “kolesterol baik”. Dunia medis menentukan bahwa HDL Anda harus di atas angka 60 mg/dL. Bila nilai HDL Anda kurang dari itu, Anda harus meningkatkannya sampai lebih dari 60 mg/dL.
    3. Trigliserida, merupakan lemak yang mengalir dalam darah kita. Dunia medis menentukan bahwa angka Trigliserida Anda harus di bawah 150 mg/dL. Lebih dari itu, sudah termasuk dalam kategori buruk.
    4. Kolesterol Total, adalah jumlah dari kolesterol LDL ditambah HDL ditambah Trigliserida. Dunia medis menentukan bahwa kolesterol total Anda harus di bawah angka 240 mg/dL. Bila angka kolesterol total Anda di atas itu, maka sudah masuk kategori “tidak sehat”.

    Demikian sekilas penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kolesterol dan batas aman masing-masing komponennya. Bila nilainya melewati batas aman, maka tentu tubuh akan memberikan sinyal-sinyal berupa ciri-ciri kolesterol tinggi, yang harus Anda waspadai. Apa saja ciri-ciri tersebut?

    Inilah 5 Ciri Ciri Kolesterol Anda Sudah Terlampau Tinggi

    1. Rasa nyeri di bagian dada

    Jantung manusia terdapat di bagian dada sebelah kiri. Dan bila kadar lemak sudah terlalu tinggi biasanya akan membentuk plak atau endapan yang akan menghambat aliran darah.

    Plak paling umum terdapat pada arteri manusia, alias pembuluh darah yang menuju ke jantung. Maka ciri-ciri kolesterol tinggi paling umum dan nomor 1 adalah rasa nyeri di dada ini, karena tidak lancarnya aliran darah ke jantung manusia.

    Banyak orang yang mengabaikan rasa sakit ini, dan hanya menganggapnya sebagai kelelahan belaka. Padahal rasa sakit ini merupakan indikasi paling awal, dan bisa berkembang menjadi serangan jantung koroner atau berbagai penyakit jantung lainnya.

    1. Kesulitan bernafas

    Bila penumpukan plak terjadi di daerah paru-paru, maka penderita kolesterol tinggi akan mengalami kesulitan bernafas. Sulitnya jantung memompa darah ke paru-paru menyebabkan kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh manusia.

    Ciri-ciri kolesterol tinggi nomor 2 ini juga sering diabaikan sehingga berakibat semakin menjadi-jadinya plak di pembuluh darah.

    1. Rasa sakit di tangan dan kaki

    Tidak melulu selalu berupa rasa sakit, karena penderita kolesterol tinggi juga seringnya merasakan kesemutan, pegal-pegal, ngilu, atau kebas di kaki dan tangan.

    Orang yang sudah lanjut usia juga sering mengalami hal ini, sehingga akan mempengaruhi bagaimana orang beraktivitas sehari-hari.

    Tidak nyamannya dalam beraktivitas ini juga sering diabaikan. Si penderita biasanya akan pergi ke tukang urut karena mengira dapat disembuhkan dengan pijatan-pijatan saja. Tapi bila setelah melakukan terapi tetap tidak hilang rasa tidak nyamannya, maka sudah selayaknya Anda memeriksa kadar kolesterol Anda.

    1. Mudah merasa capek

    Masalah mudah capek ini penyebabnya adalah kurangnya suplai oksigen ke berbagai organ tubuh manusia karena terjadi penumpukan plak di mana-mana. Plak menghambat aliran darah yang membawa oksigen.

    Lalu karena kurang oksigen, tapi kita tetap melakukan berbagai aktivitas, maka jantung dan pembuluh darah harus dipaksa untuk bekerja ekstra keras. Tentu saja pemaksaan ini membutuhkan energi yang lebih besar.

    Akibatnya penderita kolesterol tinggi sering mengalami terlalu mudah merasa capek.

    1. Otot yang mudah lelah

    Lelahnya otot penderita kolesterol tinggi diakibatkan oleh kekurangan suplai darah ke otot yang terasa lelah tersebut. Biasanya otot kaki yang mengalami gangguan seperti ini. Akibatnya akan terasa sulit sekali berjalan.

    Apabila ciri-ciri kolesterol tinggi ini tidak juga menghilang setelah Anda banyak beristirahat, maka Anda wajib memeriksakan diri ke dokter, atau bisa juga langsung memeriksa darah ke laboratorium untuk melakukan tes darah.

    Demikian 5 ciri ciri kolesterol tinggi yang paling banyak diderita oleh orang, terutama di Indonesia.

    Lalu, mengapa kita wajib mewaspadai ciri-ciri kolesterol tinggi ini? Apa sih bahayanya kadar kolesterol yang terlalu tinggi ini?

    Tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah berpotensi besar membentuk plak, yang pada akhirnya akan tertimbun dalam pembuluh darah, sehingga pada awalnya hanya akan mengurangi suplai darah dan oksigen. Tapi bila sudah tertutup secara total, tentu saja aliran darah akan terhenti.

    Bila terjadi di jantung, akan terjadi serangan jantung koroner. Bila adanya plak di otak, maka akan terjadi stroke.

    Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya terjadi?

    Solusi Mengatasi Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

    Bila Anda pergi ke dokter, tentu solusi yang akan diberikan dokter adalah obat-obatan untuk menurunkan kolesterol Anda. Tapi tentu saja konsumsi obat seperti itu memiliki efek negatif yang akan muncul dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, jangan jadikan obat sebagai solusi jangka panjang, hanya sebagai solusi jangka pendek saja.

    Untuk solusi jangka panjangnya, tentu Anda harus mengubah pola hidup dan menu makan Anda. Dari yang sebelumnya tidak atau jarang berolahraga, maka mulai sekarang rutinlah melakukan olahraga.

    Dari yang sebelumnya banyak makan makanan yang berkarbohidrat tinggi, maka mulai sekarang jangan pernah lagi konsumsi makanan berkarbohidrat. Gantilah makanan jenis karbohidrat ke makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, khususnya makanan yang berasal dari hewan.

    Seperti yang kita ketahui bersama, makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, mi, bihun, singkong, gula, kecap, tepung-tepungan, dan sebagainya yang seperti itu, akan meningkatkan kadar kolesterol LDL yang jahat.

    Sedangkan makanan yang berasal dari hewan, sepeti daging berlemak, kulit sapi, lemak sapi, jeroan hewan, dan telur, justru akan meningkatkan kolesterol LDL yang baik dan juga kadar HDL.

    Jadi dengan mengganti total makanan berkarbohidrat dengan makanan hewani yang berlemak tinggi akan menjadi solusi jangka panjang terbaik untuk menghilangkan ciri-ciri kolesterol tinggi yang sangat tidak nyaman itu. Kolesterol LDL tipe B yang jahat akan turun, kolesterol LDL tipe A yang baik akan naik, dan kolesterol HDL juga akan naik.

    Berbeda dari yang selama ini kamu ketahui? Tentu saja, karena solusi yang selama ini kamu dengar itu tidak akan bisa membuatmu lepas dari obat-obatan penurun kolesterol. Kamu akan dipaksa untuk mengonsumsi obat seumur hidupmu, dan dosisnya dari tahun ke tahun bukannya berkurang, tapi pasti akan meningkat.

    Plus nanti juga akan bertambah jenis obatnya, seperti obat penguat ginjal. Karena konsumsi obat dalam jangka panjang tentu saja akan membuat kerja ginjal jadi berat sekali. Bila tidak diberikan obat penguat ginjal, kamu bisa mengalami gagal ginjal. Tentu siapa saja, terutama kamu, tidak ingin hal ini terjadi pada dirimu di masa depan bukan?

    Dan kemungkinan besar juga akan ditambah obat penurun tekanan darah. Karena biasanya orang yang kolesterolnya tinggi juga berpotensi mengalami hipertensi, alias tekanan darah yang tinggi.

    Oleh karena itu, di website ini saya memberikan solusi jangka panjang yang terbaik bagi tubuh kita sebagai manusia.

    Kesimpulan Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Beserta Solusinya

    Serangan jantung koroner tidak terjadi dalam waktu semalam. Tubuh manusia biasanya sudah memberikan sinyal-sinyal bahaya, bisa bertahun-tahun sebelumnya. Kita saja yang sering mengabaikan sehingga bisa berkembang jadi penyakit jantung.

    Oleh karena itu, bila Anda sudah merasakan ciri-ciri kolesterol seperti di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter atau laboratorium untuk tes darah.

    Bila ditemukan kadar kolesterol yang tergolong tinggi, ubahlah menu makan Anda. Segera hapuskan semua makanan yang mengandung karbohidrat, dan gantilah dengan konsumsi daging berlemak banyak dan telur.

    Jadilah pribadi yang sehat dan bebas obat selamanya, dan sambut hidup baru yang lebih menyenangkan!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar