Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Cara Menurunkan Berat Badan

    /
    /
    /
    90 Views

    Cara Menurunkan Berat Badan

    Bila kamu sampai di halaman ini, artinya cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah informasi yang kamu cari-cari. Tapi sayangnya cara itu tidaklah ada, karena cara menurunkan berat badan secara alami memang tidak cepat, setidaknya tidak secepat yang kamu bayangkan atau inginkan, seperti hanya dalam 1 atau 2 hari saja.

    cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat
    Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

     

    Tapi jika yang kamu inginkan adalah cara menurunkan berat badan alami yang dalam 1 sampai 2 minggu sudah bisa kamu lihat dan rasakan hasilnya, maka kamu sudah tiba di artikel yang tepat, di sini.

    Bila ada yang bisa menjanjikan hanya dalam 1 atau 2 hari bisa menurunkan berat badan secara cepat, kemungkinan besar antara 2 pilihan ini:

    1. Menggunakan obat-obatan atau suplemen tertentu
    2. Atau dengan cara yang kurang sehat, alias tidak aman untuk jangka panjang

    Nah, cara menurunkan berat badan yang akan saya share di sini tentunya TIDAK berada di salah satu atau kedua kategori tersebut di atas. Karena apalah gunanya bisa menurunkan berat badan, tapi seumur hidup harus terus mengonsumsi suplemen atau obat, atau bahkan sampai membahayakan kesehatan badan kita sendiri.

    Mari kita bahas satu per satu.

    Pertama, cara menurunkan berat badan yang mengharuskan kita terus menerus mengonsumsi produk kesehatan atau suplemen atau obat tertentu.

    Biasanya produk kesehatan ini bahkan dipasarkan melalui skema MLM, atau Multi Level Marketing. Bukan berarti saya menentang sistem MLM ya, karena MLM itu hanya salah satu cara perusahaan untuk memasarkan atau menjual produknya.

    Yang ingin saya tekankan di sini adalah keharusan kita untuk setiap bulan terus menerus memakai produk kesehatan yang dipasarkannya, hanya untuk menjaga agar berat badan kita tidak melambung naik lagi.

    Apabila kita hentikan konsumsi produk kesehatan tersebut, maka kemungkinan besar berat badan kita kembali naik lagi. Bahkan bisa-bisa melebihi berat badan kita semula.

    Tentu harga produk suplemen kesehatan itu sendiri tergolong agak mahal, untuk ukuran kantong rata-rata masyarakat Indonesia. Berarti hanya yang punya uang lebih saja yang bisa sukses menurunkan berat badan.

    Sementara bisa kita lihat sekarang ini banyak juga orang yang berkekurangan tapi memiliki berat badan berlebih. Hal ini sebenarnya ironis, bagaimana mungkin seseorang yang tidak memiliki uang cukup tapi bisa memiliki kelebihan berat badan, bahkan cenderung sudah obesitas.

    Tapi kita tidak membahas mengenai hal itu. Hal ini justru akan membuka mata kita semua tentang penyebab sesungguhnya seseorang bisa mengalami kelebihan berat badan. Tentang apa sebenarnya yang seharusnya kita perangi dan apa yang selama ini sudah salah kita pahami.

    Kedua, cara menurunkan berat badan yang tidak aman, terutama untuk jangka panjang. Cara yang saya maksud tentunya bisa menurunkan berat badan kamu dengan sangat cepat. Bisa dalam 2 hari saja sudah turun. Tapi biasanya kamu harus menderita, bahkan bisa mengancam jiwa kamu.

    Termasuk di dalamnya anoreksia dan bullimia, fruitarian (hanya makan buah-buahan saja), vegetarian (hanya makan produk dari tumbuh-tumbuhan saja tanpa produk dari hewani), operasi sedot lemak.

    Mengapa saya memasukkan fruitarian ke dalam golongan cara menurunkan berat badan yang tidak aman?

    Karena manusia tidak bisa mendapatkan semua vitamin dan mineral HANYA dari buah-buahan saja. Ada beberapa vitamin dan mineral yang tidak terdapat dalam buah apa pun juga. Dampak jangka panjangnya tentu kamu akan terkena defisiensi vitamin atau mineral.

    Bahaya selanjutnya dari diet fruitarian adalah gula yang terkandung dalam buah, yang biasa disebut dengan nama fruktosa. Saya sudah pernah membahas mengenai ini di artikel tentang gula. Tapi di sini akan saya ulangi lagi dengan ringkas.

    Fruktosa, atau gula buah, TIDAK BISA digunakan oleh sel dan jaringan tubuh manusia manapun, KECUALI liver atau hati saja.

    Fruktosa tidak akan masuk ke dalam darah, sehingga ia tidak memicu insulin. Akibatnya jika kita hanya mengonsumsi buah-buahan saja, berat badan kita akan turun. Dalam jangka pendek itu tampak seperti dietnya berhasil.

    Syarat utama terbentuknya lemak di tubuh kita adalah terpicunya hormon insulin. Tanpa insulin, gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi lemak. Karena fruktosa tidak masuk ke dalam darah, maka kadar gula darah tidak akan naik. Maka insulin tidak akan diproduksi pankreas.

    TAPI fruktosa akan langsung menuju ke liver kita. Karena fruktosa hanya bisa diproses oleh hati saja. Akibatnya hati akan dipenuhi oleh gula buah itu. Hati tidak bisa mengoper kelebihan fruktosa ke mana pun.

    Hati akan mengubah fruktosa itu menjadi lemak, yang akan segera menyelimuti hati. Kita kenal dengan nama Fatty Liver. Hati yang diselimuti dengan lemak dalam jangka panjang akan mengeras, menjadi penyakit yang kita kenal sebagai Sirosis (Cirhossis).

    Sirosis akan mengarah menuju penyakit kanker hati. Sirosis tidak terjadi dalam semalam atau dua malam saja. Bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tergantung sebanyak apa kamu memasukkan fruktosa ke dalam tubuhmu.

    Dalam hal ini, vegetarian lebih baik dan aman. Tapi menjadi seorang vegetarian juga memiliki masalahnya sendiri.

    Manusia tidak bisa mendapatkan seluruh vitamin dan mineral esensialnya HANYA dari tumbuh-tumbuhan. Salah satunya adalah Vitamin B12.

    Kekurangan vitamin B12 hanya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi produk dari hewan. Karena tidak ada satupun tumbuhan yang memiliki vitamin B12 yang bisa mencukupi kebutuhan harian manusia.

    Akibat dari kekurangan vitamin B12 bisa dilihat di artikel ini.

    Itu baru salah satu vitamin yang tidak ada di tumbuhan. Masih ada vitamin A, yang kalau kita dapatkan dari tumbuhan itu dalam bentuk beta-carotene, yang 12 sampai 24 kali lebih sulit untuk diolah dan diserap untuk digunakan tubuh kita.

    Sementara kalau vitamin A yang berasal dari hewan itu dalam bentuk retinol, yang sudah siap digunakan, kita hanya tinggal menyerapnya saja. Mudah, tidak memakan waktu, dan lebih ramah terhadap tubuh kita. Dan kita tidak perlu banyak-banyak mengonsumsinya.

    Itu baru 2 jenis vitamin saja. Belum lagi apabila kita memasukkan faktor anti-nutrisi yang terdapat di dalam semua jenis tumbuh-tumbuhan.

    Apa itu anti nutrisi? Tidak semua orang memahami soal anti nutrisi ini.

    Hewan itu hampir semuanya bisa bergerak, jadi hewan bisa segera membela diri atau melarikan diri jika dirasakan ada bahaya yang mengancam jiwa mereka. Kalau hal ini kita semua bisa paham dan mengerti.

    Lain dengan tumbuhan. Tumbuhan itu tidak bisa bergerak atau berpindah tempat. Jadi tumbuhan tidak bisa membela diri atau melarikan diri seperti hewan.

    Lalu bagaimana cara tumbuhan membela diri? Dengan membuat zat yang kita kenal sebagai anti-nutrisi ini. Anti nutrisi ini akan mengikat dan melindungi nutrisi (vitamin dan mineral) yang terkandung di dalamnya, agar apabila dimakan oleh predator-nya (hewan atau manusia), tidak bisa diserap dan digunakan.

    Malah beberapa anti nutrisi ini justru akan mengurangi penyerapan vitamin dan mineral yang kita dapatkan dari makanan hewani. Anti nutrisi akan mengikat mineral dan vitamin sehingga tubuh kita malahan akan kekurangan gizi.

    Contohnya, salah satu anti nutrisi yang paling terkenal adalah oksalat, atau asam oksalat. Makanan apa saja yang mengandung oksalat? Daftarnya bisa kamu lihat di sini ya.

    Apa “kehebatan” oksalat ini? Oksalat memiliki kemampuan untuk mengikat mineral kalsium, menjadi kalsium oksalat. Lebih familier dengan nama kalsium oksalat?

    Yap! Betul sekali. Mayoritas, hampir 90%, kejadian BATU GINJAL adalah kalsium oksalat penyebabnya. Kalsium oksalat adalah nama lain dari batu ginjal.

    Kalsium yang telah diikat oleh oksalat menjadi kalsium oksalat TIDAK bisa diserap oleh tubuh kita. Malah akhirnya menyumbat saluran di dalam ginjal dan menyebabkan masalah, batu ginjal DAN osteoporosis alias tulang rapuh.

    Lho kok jadi tulang rapuh? Kan kalsium yang kita sudah konsumsi tidak kita serap, karena malah terikat oleh oksalat. Akibatnya tubuh pun jadi kekurangan kalsium. Apa akibat kekurangan kalsium dalam jangka panjang? Osteoporosis jawabannya.

    Sekali lagi, mari kita lihat daftar bahan makanan yang mengandung oksalat di sini. Banyak makanan yang ada di daftar itu setiap hari kita makan. Bahkan SEMUA yang ada di daftar itu berasal dari tumbuh-tumbuhan, tidak ada satu pun yang berasal dari hewan.

    Masih ada banyak lagi anti nutrisi lainnya, dan kesemuanya itu berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dan karena vegetarian hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, bisa dipastikan bahwa tubuh mereka akan mengalami kekurangan salah satu atau beberapa vitamin atau mineral, dalam jangka panjang.

    Karena untuk mengatasi masalah tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan mengonsumsi produk hewani, yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang paling mereka larang.

    Lantas, bagaimana sih cara untuk menurunkan berat badan yang aman dan alami serta cepat?

    Ada 2 langkah utama yang harus kamu lakukan sekaligus, satu dan yang lainnya saling berkaitan, yaitu:

    1. Jangan makan karbohidrat, dan
    2. Berpuasalah

    Saya akan jelaskan satu per satu.

    Langkah pertama, stop masuk karbohidrat sama sekali.

     

    Istilahnya adalah Nol Karbohidrat, atau dalam kasus ini HAMPIR nol karbohidrat. Dan tinggi asupan lemaknya, plus protein secukupnya.

    Mengapa saya katakan hampir, dan bukan nol sama sekali?

    Karena saya mengerti, sebagai manusia modern, tentu lidah kita sudah terbiasa untuk mencicipi berbagai rasa sejak kita lahir ke dunia ini. Dan akan sangat sulit tentunya apabila kamu hanya boleh merasakan rasa asinnya garam saja, tanpa rasa lainnya.

    Oleh sebab itu, ada batas toleransi dalam hal ini, untuk menyesuaikan lidah kita. Batas toleransi itu adalah 20 gram karbohidrat per hari. Rendah sekali ya batasnya. Untuk apa kira-kira ambang batas 20 gram tersebut?

    Kita bisa bebas memakai berbagai bumbu masakan dalam pengolahan daging dan telur. Bumbu yang dilarang adalah gula, berbagai bentuk dan macam tepung, serta kecap.

    Bumbu yang diperbolehkan antara lain bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam, daun sereh, kunyit, dan bumbu tradisional seperti itu.

    Lho kan semua yang berasal dari tumbuhan mengandung karbohidrat?

    Betul! Tapi tentunya kita juga tidak mengonsumsi bumbu-bumbu itu banyak sekali dalam 1 porsi makan. Hanya beberapa gram saja. Jika ditotal, biasanya kandungan karbohidratnya tidak akan melebihi angka 20 gram per hari.

    Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, jika kita menghentikan asupan karbohidrat, maka kita WAJIB mengonsumsi lemak sebagai pengganti asupan sumber energi kita.

    Banyak orang salah kaprah di sini. Karena mereka pikir hanya dengan mengurangi karbo saja sudah cukup, padahal tidak. Kalau kamu tidak menggantinya dengan lemak, maka tubuhmu akan kekurangan energi.

    Jadi dalam langkah pertama ini, yang boleh kamu konsumsi hanya jenis makanan yang asalnya dari hewan, seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging babi (untuk yang non Muslim), jeroan hewan (seperti hati, usus, jantung, paru-paru, babat, kikil), daging ikan, udang, cumi, kerang-kerangan, telur ayam, telur bebek, telur puyuh.

    Sementara untuk minumannya hanya boleh air putih, air kaldu rebusan tulang, kopi hitam, serta teh hijau. Semua minuman tidak boleh ditambahkan apa pun juga, terutama, tapi tidak terbatas pada, gula. Tidak boleh minum susu, apa pun juga bentuknya.

    Jika sampai di sini kamu sudah mengerti, maka kita akan lanjut ke langkah kedua yang juga tak kalah pentingnya.

    Langkah kedua, berpuasalah!

    Mungkin kamu sudah pernah mendengar atau bahkan menjalankan dietnya Mr. Dedy Corbuzier, yang dikenal dengan nama OCD. Nah cara berpuasa seperti itulah yang saya rekomendasikan untuk kamu jalankan.

    Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, saya akan jelaskan di sini mengenai cara berpuasanya.

    Kamu hanya boleh makan di antara pukul 12 siang sampai pukul 8 malam saja. Di luar jam makan tersebut, kamu hanya boleh minum air putih, kopi hitam, atau teh hijau saja.

    Jika kamu merasa lapar di jam puasa, minumlah air putih yang banyak untuk menekan rasa lapar itu. Setelah 2 sampai 3 hari, tubuhnya akan terbiasa.

    Di jam makan, yang boleh kamu makan hanya yang ada di daftar yang saya telah tuliskan di atas. Percayalah, puasamu akan terasa ringan apabila tubuhmu tidak kemasukan karbohidrat sama sekali.

    Karena itulah saya katakan langkah pertama dan kedua ini saling berkaitan dan saling mendukung.

    Langkah pertama membuat langkah kedua menjadi sangat ringan dan mudah. Sementara langkah kedua membuat langkah pertama juga semakin mudah.

    Dengan tanpa adanya asupan karbohidrat, serta tingginya lemak, maka kita akan semakin tahan berpuasa lebih panjang, serta semakin sedikit porsi makannya.

    Jika awalnya kamu mulai buka puasa di pukul 12 siang, maka setelah 2 sampai 3 hari, saya percaya kamu akan merasa kenyang terus. Mulailah memundurkan jam makanmu, contohnya buka puasa di pukul 1 siang, atau pukul 2 siang, dan seterusnya.

    Lama kelamaan kamu akan sanggup hanya makan 1 kali saja dalam 1 hari, biasa dikenal dengan istilah OMAD, singkatan dari One Meal A Day.

    Semakin panjang jam puasamu, semakin lama tubuhmu diberi kesempatan untuk membongkar lemak yang membandel di badanmu. Artinya juga semakin cepat dan alami kamu akan mengalami penurunan berat badan, tanpa perlu obat atau suplemen apa pun juga.

    Kita hanya mengandalkan hormon yang secara alami memang sudah ada di tubuh kita. Kita hanya perlu mengetahui bagaimana caranya supaya hormon tersebut bisa diproduksi dan bekerja secara optimal, serta memberi kesempatan yang lebih lama bagi hormon tersebut untuk bekerja.

    Hormon apakah itu?

    Nama hormon itu adalah Glukagon. Hormon glukagon hanya bisa muncul apabila pankreas berhenti memproduksi insulin. Dan pankreas memproduksi insulin apabila kadar gula dalam darah melebihi angka di sekitar 100 sampai 125 mg/dL.

    Mengapa?

    Karena tubuh kita sendiri menyadari akan bahayanya kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi, sehingga wajib untuk segera diturunkan menjadi normal. Jika sudah dianggap normal, biasanya bila sudah di bawah angka 100 mg/dL, maka pankreas akan berhenti memproduksi hormon insulin.

    Sebagai gantinya, pankreas akan memproduksi hormon anti-insulin, yakni hormon glukagon. Glukagon inilah yang berfungsi untuk membongkar kelebihan lemak dalam tubuh kita untuk dipakai sebagai sumber energi atau dibuang jika tidak kita gunakan.

    Sangat sederhana sebenarnya cara kerjanya apabila kita mengerti.

    Masalahnya sebenarnya adalah mayoritas merasa takut untuk melepaskan karbohidrat, atau tidak bisa menahan godaan karbohidrat di sekitar kita. Karena sekarang ini mayoritas makanan, camilan, serta jajanan 99% terbuat dari atau berbahan dasar karbohidrat.

    Dengan kata lain, kita terkepung oleh karbohidrat di mana pun kita berada. Dan ketiadaan makanan yang tidak mengandung karbohidrat memang membuat kita sedikit kebingungan dalam mencari makanan.

    Solusinya memang kita jadi harus membeli bahan mentahnya sendiri, lalu memasaknya sendiri. Dengan kata lain, kamu jadi bakalan memiliki kemampuan memasak dan mengolah makanan berbahan dasar daging dan telur.

    Dan apabila kita tidak menemukan makanan yang cocok dengan kriteria di atas, terutama pada saat kita sedang jalan-jalan, solusinya juga sangat mudah sebenarnya, yaitu perpanjang saja jam puasanya. Bukankah dengan kita memperpanjang jam puasa, itu artinya kita memberikan kesempatan kepada tubuh kita untuk lebih banyak membakar lemak?

    Jadi, jangan takut untuk memulainya hari ini juga, sekarang juga. Karena kita tidak pernah tahu bahaya apa yang mengancam jiwa kita hanya karena kelebihan berat badan dan lemak ini.

    Saya tambahkan juga tips untuk semakin mempermudah cara menurunkan berat badan ini, yaitu dengan memperbanyak tidur. Tidur yang lelap, yang nyenyak.

    Jadi, bila di diet lain kita harus banyak menggerakkan badan, harus terus aktif, maka di program penurunan berat badan ini saya malah menganjurkan kamu untuk banyak tidur.

    Mengapa?

    Karena pada saat tidur, tubuh tidak kemasukan makanan apa pun, dengan kata lain berpuasa. Tidur juga memberi kesempatan kepada badan kita untuk memperbaiki diri, membakar lebih banyak lemak.

    Tidur yang baik itu minimal 8 jam dalam sehari, dan sebaiknya kamu sudah tidur jam 10 malam paling lambat.

    Jangan pernah remehkan dahsyatnya tidur. Kekurangan tidur malah yang akan membuat berat badanmu terus melambung, karena kurang tidur akan mengaktifkan hormon kortisol, yang akan menaikkan kadar gula dalam darah.

    Sedangkan tidur yang cukup malah akan menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah. Juga menurunkan tingkat stress kita.

    KESIMPULAN: Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Alami dan Cepat

    Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Selama liver kita masih ada, maka kita masih bisa mulai hidup menuju sehat.

    Yang paling penting dalam cara menurunkan berat badan ala AloSehat.com ini adalah niatnya. Cara berpikir harus diulang lagi, karena segalanya berbeda dengan yang telah diajarkan pada kita sejak kita masih kecil.

    Memang tidaklah mudah pada awalnya untuk bisa menerima informasi yang bertolak belakang dengan pengetahuan umum, tapi begitu kamu memulainya dan merasakan serta melihat hasilnya, maka kamu pelan-pelan akan percaya.

    Ingatlah selalu perkataan saya ini:

    Jika kamu telah melakukan segala yang dikatakan dokter, orang tua, dan orang di sekitar kamu yang menurut mereka baik dan sehat, tapi kamu masih saja mengalami kelebihan berat badan, dan kamu selalu gagal dalam menurunkan berat badan, berarti ada sesuatu yang tidak benar di sini.

    Sudah saatnya untuk melakukan kebalikannya. Karena bila kamu terus saja melakukan seperti yang sudah-sudah, hasilnya juga seperti yang sudah-sudah.

    Tidak mungkin kamu terus melakukan seperti yang dikatakan mereka selama ini, tapi hasilnya tetap saja seperti yang kamu alami sekarang ini. Kemudian tiba-tiba beberapa tahun kemudian kamu jadi langsing. Seharusnya jika memang cara mereka itu benar, hasilnya sudah bisa terlihat setidaknya dalam 1 bulan pertama.

    Tapi ingat selalu, bahwa tidak ada hasil tanpa pengorbanan. Tidak ada hasil tanpa usaha. Termasuk juga di cara menurunkan berat badan ini. Karena menurunkan berat badan adalah suatu proses yang sudah pasti memerlukan komitmen yang tinggi.

    Jangan pernah menyerah dalam mencapai tujuanmu.

    Berikut saya sertakan daftar bacaan yang bisa mendobrak mitos kesehatan yang umum beredar di masyarakat, termasuk pula keyakinan yang pada saat ini juga kamu yakini:

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar