Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Cara Diet Alami

    /
    /
    /
    78 Views

    Cara Diet Alami

    Cara diet alami kah yang kamu cari? Berarti kamu sudah tiba di website yang tepat dengan tujuanmu.

     

    Banyak orang di seluruh dunia mencari dan ingin menemukan cara diet alami yang aman, sehat, efektif, efisien, serta bisa tahan lama. Kebanyakan cara diet hanya mementingkan jangka waktu pendek saja, serta tidak mampu bertahan agak lama, karena rasa makanannya tidak palatable di tenggorokan, alias terasa seret di tenggorokan, tidak mudah ditelan dan dicerna sistem pencernaan kita.

    Di artikel ini, saya akan membahas satu jenis cara diet alami yang sudah saya alami dan buktikan sendiri aman bagi kesehatan, serta efektif menurunkan berat badan. Bukan hanya berat badan saja sebenarnya, karena lebih spesifik mengurangi kadar lemak di badan.

    Mengurangi kadar lemak tidak berarti berat badan turun. Berat badan itu merupakan berat total keseluruhan dari berat lemak, air, otot, dan tulang kita. Nah kalau dengan cara diet yang lain kamu bisa menurunkan berat badan, jangan terlalu senang dulu. Bisa saja yang berkurang itu hanyalah air saja, atau malah ototnya, dan bukan lemaknya.

    cara diet alami dan cepat
    Salah Satu Menu Diet Alami

    Salah satu cara untuk mengetahui secara pasti apakah yang berkurang itu lemak atau bukan, dilihat dari ukuran lingkar pinggangnya. Bukan dalam sentimeter, tapi perbandingan antara lingkar pinggang dan lingkar pinggul.

    Sebelum kamu memulai diet apapun, catatlah lingkar pinggang dan lingkar pinggulmu. Apabila setelah kamu mengalami penurunan berat badan secara signifikan, katakanlah misalnya 10 kilogram, maka cobalah ukur lingkar pinggang dan lingkar pinggul. Kemudian bagilah angka lingkar pinggang dengan angka lingkar pinggul.

    Cobalah bandingkan angka sebelum dan sesudah mengalami penurunan berat badan. Jika angka hasil pembagian tersebut mengalami penurunan yang banyak juga, maka bisa dipastikan bahwa mayoritas lemaklah yang terbuang dari penurunan berat badanmu.

    Tapi jika angka perbandingan tersebut kurang lebih masih sama, maka kamu wajib curiga bahwa penurunan berat badan itu adalah pembuangan air, atau jangan-jangan malah otot.

    Angka perbandingan yang ideal dan sehat haruslah di bawah 1, jika dilakukan lebih lama lagi seharusnya bisa di bawah 0,9. Apa artinya?

    Artinya adalah tubuh yang sehat itu haruslah memiliki bentuk yang juga sehat serta ideal. Sebenarnya hasilnya bisa juga dilihat secara kasat mata juga. Bila kamu bisa melihat dirimu di cermin, maka bentuk tubuhmu pasti terlihat menarik dengan angka perbandingan yang di bawah 1, apalagi kalau di bawah 0,9, dengan adanya lekukan pada pinggang.

    Itulah hasil dari cara diet alami yang efektif menurunkan berat badan dan kadar lemak tubuh.

    Oleh karena itu, banyak orang yang merasa tidak puas dan masih beranggapan dirinya masih gemuk, padahal sudah mengalami penurunan berat badan. Semua karena angka perbandingan lingkar pinggang dengan lingkar pinggulnya masih kurang lebih sama dengan sebelum memulai diet.

    Alias kebanyakan yang terbuang hanya air dan otot, bukan lemak. Padahal yang semua orang ingin buang dari tubuhnya adalah kelebihan lemak, bukan air atau otot.

    Jadi, untuk mencapai tujuan pembuangan lemak di tubuh, apa yang harus kamu lakukan?

     

    Inilah Cara Diet Alami dan Cepat Membakar Lemak

    Tapi, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara diet alami dan sehat untuk menurunkan berat badan, kamu wajib tahu dulu sesungguhnya lemak yang menempel di tubuhmu itu berasal dari mana ya?

    Karena tanpa kamu memahami tentang asal muasal lemak itu, kemungkinan besar langkah yang kamu ambil selanjutnya adalah langkah yang keliru, serta berujung kepada diet yang gagal. Biasanya ditandai dengan turun dan naiknya berat badan, seperti mainan yoyo, sehingga sering disebut yoyo diet.

    Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang ini, di artikel tentang gula ini, tapi baik juga apabila saya menjelaskannya lagi supaya kamu mengerti.

    Semua berawal dari kadar gula darah puasa normal orang yang sehat, tidak ada penyakit apa pun jua, yaitu di angka 100 mg/dL.

    Jika kita mengubah satuannya ke dalam Liter, maka akan menjadi 1000 mg/L.

    Sedangkan 1000 mg itu sendiri sama dengan 1 gram. Artinya dalam 1 Liter darah manusia, terdapat gula sebanyak 1 gram. Alias 1 gram/L.

    Nah rata-rata manusia memiliki kandungan darah secara total 5 Liter dalam badannya. Karena dalam 1 Liter darah mengandung 1 gram gula, artinya dalam 5 Liter darah (dalam seluruh badan manusia) mengandung 5 gram gula.

    Inilah batasan kadar gula bagi orang yang sehat walafiat. Hanya 5 gram gula saja di darahnya. Sampai sini kamu bisa mengikuti dan memahami? Kalau masih bingung, coba baca ulang sekali lagi ya.

    Lebih dari 5 gram itu, katakanlah kelebihan 3 gram gula, maka kamu sudah dinyatakan terjangkit diabetes melitus. Tapi coba kamu timbang dan catat makanan setiap hari yang kamu makan itu berapa gram secara keseluruhannya? Tentu lebih dari 5 gram bukan?

    Lalu, mengapa kadar gula darahmu masih di sekitar angka 100-120 mg/dL, tidak lebih dari itu?

    Semua karena peran insulin. Hormon insulin inilah yang bertugas untuk sesegera mungkin menormalkan kadar gula ke angka 100-120 mg/dL itu. Karena, dari diagram Pasteur Effect di bawah ini, sangatlah berbahaya apabila kandungan gula di dalam darah melebihi batas normal.

    cara diet alami dan sehat
    Diagram Pasteur Effect

    Diagram itu menunjukkan bahwa, semakin tinggi kadar gula dalam darah, semakin sedikit oksigen yang bisa dibawanya. Dan semakin rendah kadar gula dalam darah, maka semakin banyak oksigen yang bisa dibawanya. Yang mana yang lebih baik bagi tubuh?

    Sudah tentu yang lebih banyak oksigen yang bisa dibawa darah!

    Dan tubuh manusia juga memahami hal ini. Maka dari itu, insulin sangat dibutuhkan dalam menormalkan kadar gula darah.

    Bila terdapat kelebihan 10 gram gula, maka pankreas memproduksi insulin sejumlah yang cukup untuk mengurangi kadar gula darah. Apabila terdapat kelebihan 200 gram gula, maka lagi-lagi pankreas memproduksi insulin untuk segera mengurangi kadar gula menjadi normal.

    Lalu, pertanyaannya: ke manakah kelebihan gula darah itu dibuang? Keluar dari tubuh? Oh tidak, tidak.

    Insulin menormalkan kadar gula darah dengan cara mengubah kelebihan gula menjadi lemak, yang kemudian disimpan di berbagai sudut dalam tubuh kamu.

    Inilah asal muasal lemak yang sekarang membandel serta menempel tidak mau lepas dan hilang-hilang. Jangan salah sangka bahwa mereka berasal dari lemak yang kamu makan ya. Melainkan dari gula, tepatnya kelebihan gula dalam darah.

    Kemudian, disimpan di mana sih lemak-lemak tersebut? Ya di tempat-tempat yang paling kamu benci setiap kali kamu melihat cermin. 6P dan 1D, yaitu paha, pinggul, pinggang, perut, pipi, punggung, dan dagu.

    Betul kan? Hehehe.

    Lalu kamu pun bertanya, saya sudah tidak mengonsumsi gula, kok masih terus tambah berat badannya?

    Ini jawabannya: satu kata saja, amilase. Apa itu amilase?

    Amilase adalah enzim yang berada di air liur manusia. Tugasnya adalah mengubah segala jenis karbohidrat yang masuk menjadi gula (glukosa). Amilase juga diproduksi oleh pankreas (Sumber), jadi jangan coba-coba untuk menelan langsung bulat-bulat makanan yang kamu makan ya, hanya demi melewati amilase di air liur.

    Malahan kamu wajib mengunyah sampai halus semua karbohidrat sebelum masuk ke lambung lho, demi mempermudah kerja lambung. Mengapa? Karena sebenarnya lambung itu tidak bisa memproses karbohidrat. Kalau lambung kemasukan karbo, malah kerjanya jadi berat, serta tidak efektif.

    Nah, sekarang coba kamu ingat-ingat, dalam 1 porsi makanmu, kira-kira ada berapa banyak karbohidrat yang kamu makan? Yuk kita tuliskan, misalnya nasi putih, kentang, tepung-tepungan (bisa dalam gorengan, krispi-krispi, baso, pempek, dan lain-lain), jangan lupa kecap (manis maupun asin), gula yang ditambahkan pada kuah yang kamu minum.

    Banyak juga ya ternyata jika dihitung-hitung.

    Oya, jangan lupakan kandungan gula dalam es teh manis yang segar itu. Plus buah pisang sebagai penutup hidangan. Atau jeruk. Atau apel. Atau pepaya. Semuanya itu mengandung karbohidrat dan/atau gula lho.

    Kamu tidak percaya? Coba buka Google, lalu carilah kandungan gizi semua yang saya sebutkan tadi, atau yang kamu makan hari ini. Lalu totalkan jumlah karbohidratnya. Kamu akan terkejut mendapati angkanya.

    Tanpa perlu kamu beri tahu saya, saya sudah bisa menebak bahwa totalnya pasti melebihi angka 5 gram tadi. Ingat angka 5 gram dalam darah orang yang normal?

    Mari kita berasumsi bahwa kamu kelebihan 100 gram gula setiap hari, walau kemungkinan besar kelebihanmu lebih dari 100 gram SETIAP KALI MAKAN.

    Ingat hukum kekekalan energi? Bahwa tidak ada energi yang terbuang atau hilang. Energi hanya dapat berubah bentuk. Maka demikian hukum kekekalan energi itu berlaku juga di sini, di gula darah ini. Dia tidak hilang, kelebihan 100 gram gula itu akan berubah bentuk menjadi 100 gram lemak.

    Maka dari hitungan itu, kita asumsikan kamu mengalami kenaikan 100 gram setiap harinya. Dalam 10 hari, maka kamu mengalami kenaikan 1000 gram, atau 1 kilogram bukan?

    Bagaimana dengan 1 bulan? 1 tahun? Atau kalikan saja dengan usiamu sekarang ini. Maka sangat wajar kalau banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan, tanpa mereka sadari apa penyebab sebenarnya.

    Jadi sampai di titik ini, kamu sudah memahami dan mengetahui dari mana asal usul lemak yang membandel di tubuhmu ya. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara membebaskan lemak itu dari dalam badan kita.

    Untuk memahami cara melepaskan lemak itu, kamu harus memahami cara kerja kimiawi tubuh manusia, atau bahasa kerennya Bio-Kimia (Bio-Chemical), terutama hormon yang berkaitan, yaitu hormon insulin dan glukagon.

    Insulin dan Glukagon (Insulin & Glucagon)

    Kedua hormon ini sesungguhnya diproduksi oleh organ tubuh yang sama di dalam tubuh manusia, yaitu pankreas. Hanya bedanya, insulin dibuat oleh sel beta, sementara glukagon dibuat oleh sel alfa.

    Kalau tadi kita sudah mengetahui fungsi hormon insulin, maka apa sebenarnya fungsi hormon glukagon?

    Glukagon juga diberi nama lain sebagai anti-insulin. Maksudnya adalah hormon glukagon memiliki fungsi yang benar-benar kebalikan dari hormon insulin.

    Kalau insulin berfungsi menurunkan kadar gula darah dan mengubah kelebihan gula menjadi lemak untuk disimpan dalam badan kita, maka glukagon berfungsi untuk mengubah simpanan lemak yang telah dibuat oleh insulin itu kembali menjadi gula dalam darah untuk segera dipakai sebagai sumber energi.

    Kalau tidak terpakai? Maka akan dibuang keluar dari tubuh manusia.

    Benar-benar kebalikannya dari insulin bukan?

    Bayangkan apabila sekarang hormon glukagon ini yang bekerja di dalam tubuh kamu ya. Setiap detik, setiap menit, dan setiap jam tubuhmu membongkar cadangan serta kelebihan lemak yang membandel, yang tak mau hilang atau luntur apa pun yang kamu lakukan. Baik kamu sedang beraktifitas atau pun sedang tertidur pulas, glukagon ini tetap bekerja membongkar lemak.

    Menyenangkan sekali kan? Tentu saja!

    Lalu kamu tentu akan bertanya, bagaimana caranya supaya tubuhmu bisa memproduksi hormon glukagon ini ya? Syaratnya hanya 1, dan sangat mudah sekali.

    Syarat glukagon bisa diproduksi oleh sel alfa pankreas adalah rendahnya atau tidak adanya hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas!

    Jadi, asalkan pankreas berhenti memproduksi hormon insulin, maka pankreas akan segera memproduksi hormon anti-insulin, yakni glukagon.

    Padahal tadi sudah kita pahami di atas mengapa tubuh bisa memproduksi hormon insulin. Yaitu karena kadar gula dalam darah melebihi batas normal, yakni sebanyak 5 gram dalam keseluruhan darah di tubuh kita.

    Jadi, syarat tubuh memproduksi hormon glukagon adalah jangan sampai kadar gula dalam darah melebihi batas 5 gram itu. Dengan kata lain, jangan kamu memasukkan gula atau karbohidrat yang terlalu banyak.

    Berapa batas “terlalu banyak” itu? 5 gram saja.

    Sulitkah memenuhi persyaratan tersebut?

    Mari kita analisa. Dalam 1 sendok makan nasi putih itu beratnya kira-kira 15 gram. Dalam 15 gram nasi putih terkandung karbohidrat kira-kira sebanyak 5 gram.

    Artinya, mengonsumsi 1 sendok makan nasi putih SUDAH memenuhi ambang batas gula darah. Dalam 1 hari. Lebih dari itu, maka pankreas akan memproduksi hormon insulin untuk menurunkannya.

    Padahal mana mungkin manusia bisa bertahan hidup hanya dengan makan 1 sendok nasi putih saja setiap harinya.

    Artinya dengan kata lain, MUSTAHIL kamu bisa memenuhi syarat diproduksinya hormon glukagon tersebut.

    Oleh karena itu, izinkan saya memperkenalkan cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan yang paling santai, paling menyehatkan, tanpa obat atau suplemen apa pun juga, yaitu…

    Berpuasa

    Yap! Benar! Itulah esensinya. Dengan berpuasa, tidak ada asupan gula dan karbo. Tanpa asupan karbo, tentu tidak ada insulin yang dikeluarkan pankreas. Jika pankreas beristirahat membuat insulin, maka sel alfa akan bekerja membuat hormon glukagon.

    Ini yang diincar kamu bukan?

    Tanpa kamu harus bekerja, tanpa berolah raga, bahkan tanpa perlu bangkit dari kasur empukmu, lemak di tubuhmu akan dibongkar habis-habisan sampai ke titik terendah yang paling aman bagi tubuhmu.

    Tentu makin banyak cadangan lemak, makin panjang waktu yang dibutuhkan oleh glukagon untuk membongkar habis ya.

    Pertanyaan selanjutnya, berapa lama kamu harus berpuasa?

    Tubuh membutuhkan waktu kira-kira 8-10 jam untuk selesai memproses karbohidrat dan gula yang masuk. Oleh sebab itu, sebelum kamu melakukan tes darah di laboratorium, biasanya dokter selalu menyuruh kamu untuk berpuasa 10 jam kan?

    Itu adalah waktu maksimal bagi tubuh untuk selesai memproses gula, sampai ke tahap insulin selesai bekerja.

    Berarti setelah 10 jam berpuasa itulah baru hormon glukagon MULAI diproduksi. Sampai kapan? Sampai ada kelebihan gula darah lagi! Sampai hormon insulin diproduksi lagi!

    Artinya, semakin lama tidak makan, alias berpuasa, maka semakin lama glukagon bekerja. Semakin lama glukagon bekerja, semakin banyak lemak yang dibongkar untuk dipakai sebagai sumber energi atau dibuang jika tidak terpakai.

    Ingat, puasa di sini bukan berarti tidak makan dan minum. Minum air putih saja tentu masih boleh, karena air putih kan tidak mengandung karbohidrat, jadi tidak akan menaikkan kadar gula darah.

    Karena jumlah jam dalam sehari itu 24 jam, dan minimal 10 jam setelah makan baru glukagon diproduksi, maka yang tersisa adalah 14 jam. Oleh karena itu, saran saya untuk membuat puasamu jadi tidak terlalu berat, berilah waktu setidaknya 6 jam untuk hormon glukagon bekerja dengan optimal.

    Jadi dalam sehari, berpuasalah 16 jam minimal, di waktu 8 jam sisanya itu kamu boleh makan.

    Maka pertanyaan selanjutnya, jenis makanan apa yang sebaiknya kita makan agar hormon glukagon tetap bekerja?

    Memangnya bisa glukagon tetap dihasilkan walau kita memasukkan makanan dan minuman?

    BISA!

    Ingat, hormon glukagon diproduksi bila hormon insulin tidak ada ATAU kadarnya terdeteksi sangat rendah. jadi bagaimana kita membuat insulin kita tetap rendah setelah berpuasa 16 jam?

    Dengan cara TIDAK MENGONSUMSI makanan yang mengandung karbohidrat! Inilah cara diet alami dengan cepat yang kedua.

    Stop makan karbohidrat dan/atau gula

    Jenis makanan apa saja yang mengandung karbohidrat? Semua jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan PASTI mengandung karbohidrat, sedikit atau banyak.

    Saya ulangi, SEMUA makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan PASTI mengandung karbohidrat.

    Jadi, untuk membuat insulin tetap stabil rendahnya, stop mengonsumsi segala jenis tumbuh-tumbuhan, serta produk turunannya. Termasuk sayur dan buah lho. Nah produk turunannya ini yang sulit, karena sering kali sudah berubah bentuk menjadi sesuatu yang sulit ditolak, hehehe. Benar kan?

    Contohnya: mi, somay, pempek, roti, bihun, nasi goreng, kripik singkong, french fries, pizza, dan masih banyak lagi.

    Sekarang coba kamu lihat makanan dan minuman di sekitarmu saat ini, hampir semuanya mengandung karbohidrat bukan? Hampir tidak ada lagi makanan yang tidak mengandung karbohidrat, padahal kita sekarang sudah memahami bahwa karbohidrat itulah yang menyebabkan kita kelebihan lemak.

    Sulit? Memang sulit! Kalau lah menurunkan berat badan itu mudah, tentu klinik penurunan berat badan sudah lama bangkrut, suplemen-suplemen penurun berat badan tidak laku. Karena sangat sulit itulah, banyak orang obesitas, bahkan sampai sudah terkena penyakit degeneratif seperti diabetes pun masih tidak sanggup lepas dari karbohidratnya.

    Dan karena sangat sulit itulah, di sini saya akan beri tahu rahasianya diet alami supaya jadi jauh lebih mudah.

    Jadi jauh lebih mudah ya, bukan berarti jadi sangat mudah. Kamu tetap perlu berjuang lho. Hehehe.

    Rahasia cara diet alami dan cepat ini adalah dengan mengonsumsi lemak dan protein.

    Betul! Justru lemaklah yang harus kamu makan, bukan karbohidrat.

    Banyak orang yang diet dengan mengurangi karbohidrat tidak tahan lama menjalankan dietnya. Mengapa? Karena mereka tidak berani makan lemak.

    Makro nutrisi, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein, merupakan sumber energi utama. Bedanya karbohidrat TIDAK mempunyai fungsi lain, hanya sebagai sumber energi saja. Sementara lemak dan protein mempunyai banyak sekali fungsi yang membuat tubuh manusia bisa ber-metabolisme dengan normal.

    Lagipula, coba pertimbangkan ini. 1 gram karbohidrat menghasilkan kira-kira 4 kCal energi, sementara 1 gram lemak menghasilkan 9,3 kCal. Energi yang dihasilkan sangat jauh kan.

    Jadi, tahu kan sebabnya mengapa mereka yang melaksanakan diet mengurangi karbohidrat itu tidak tahan lama dietnya? Betul! Karena mereka lemas sekali.

    Asupan energi dikurangi, tapi tidak ada penggantinya yang sepadan, atau lebih hebat.

    Jadi rahasia utamanya, selain berpuasa, adalah STOP DAN BERHENTI makan karbohidrat, DAN makanlah lemak. Boleh lemak jenuh, boleh lemak tak jenuh. Asalkan jangan lemak trans yang berasal dari hidrogenasi lemak ya.

    Memang pada awal-awal, kira-kira 3 sampai 7 hari pertama, tubuh kita belum beradaptasi untuk memakai lemak sebagai bahan bakar. Kita akan merasa sesuatu yang berbeda, tapi itu hanya masalah adaptasi saja. Sesudahnya? Kita pasti merasa lebih berenergi.

    Lapar? Itu PASTI, pasti tidak akan terjadi. Mengapa?

    Lapar itu disebabkan oleh adanya hormon Ghrelin, yang dipicu oleh masuknya karbohidrat ke lambung. Sementara kita kan tidak makan karbohidrat, yang kita makan adalah lemak.

    Tahukah kamu hormon apa yang akan dihasilkan dengan kita makan lemak? Namanya hormon Leptin. Dan hormon leptin ini berfungsi untuk memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah kenyang, biasanya ditandai dengan mualnya perut padahal lemak yang kita makan hanya sedikit saja.

    Cobalah kamu makan lemak yang banyak, pasti tidak akan bisa melebihi 500 gram. Melewati itu biasanya orang akan merasa blenek, mual, tidak nafsu makan lagi. Itulah cara kerja hormon leptin.

    Dan rasa kenyang ini bisa bertahan sampai berhari-hari lho. Cocok kan untuk mendukung kegiatan berpuasa yang kita utamakan tadi?

    Semakin palam jam berpuasa, semakin lama glukagon bekerja, semakin banyak lemak yang bisa dibongkar dan dibuang.

    Selain air putih, minuman apalagi yang boleh diminum selama jam puasa?

    Kopi hitam jawabannya. Kopi tanpa campuran apa pun, atau kalau mau ditambah, maka tambahkanlah VCO, atau Virgin Coconut Oil, sebagai tambahan lemak. VCO tidak akan membatalkan puasa, karena tidak memicu insulin.

    cara diet alami dalam 1 minggu
    Black Coffee

    Bagaimana dengan teh hijau? Teh hijau bagus, tapi tidak disarankan untuk diminum pada jam puasa. Lalu kapan kita bisa minum teh hijau?

    cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan
    Japanese Matcha Green Tea

    Kira-kira 1 jam setelah makan. Ingat ya, setelah makan, bukan pada jam puasa. Mengapa demikian?

    Teh hijau mengandung zat EGCG yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula yang diproduksi oleh liver, bahasa ilmiahnya basal glucose. Nah selama puasa itu kan kadar gula darah kita juga akan turun. Kalau kamu minum teh hijau, maka terkadang kamu akan merasa kliyengan, karena gula darahmu jadi terlalu rendah.

    Karena kamu belum terbiasa, jadi 2-3 minggu pertama jangan minum teh hijau di jam puasa. Setelah tubuhmu beradaptasi dengan rendahnya gula darah, bolehlah kamu mencoba mengonsumsinya di jam puasa.

    Kalau susu, bagaimana? Susu mengandung gula susu yang lazim disebut laktosa. Laktosa ini akan dipecah menjadi glukosa dan galaktosa di dalam tubuh kita. Nah glukosa dan galaktosa ini akan menyebabkan insulin terpicu dan terproduksi dengan banyak.

    cara diet alami dengan cepat
    Susu Sapi

    Jadi susu dilarang sama sekali ya. Madu apalagi, jelas-jelas itu manis sekali.

    Jadi inti dari cara diet yang alami ini adalah jangan sampai insulin terpicu, kita lakukan dengan cara berpuasa. Atau jika sampai insulin harus terpicu karena kita makan, maka jangan sampai terlalu tinggi insulin dalam darahnya, kita lakukan dengan cara TIDAK mengonsumsi semua makanan yang mengandung karbohidrat dan MAKAN makanan yang tinggi lemak dan proteinnya.

    Ada cara nomor 3 yang bisa membantu mempercepat kita dalam mencapai tujuan diet alami dan sehat ini, yaitu..

    Olahraga

    Betul! Olahraga memang tidak wajib dilakukan, TAPI olahraga sangat saya rekomendasikan. Terutama bagi kamu yang tidak pernah atau jarang berolahraga.

    Olahraga bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan lebih cepat, sehingga sangat cocok dipadukan dengan berpuasa dan stop makan karbohidrat.

    Olahraga juga bisa mengosongkan stok gula di otot dan liver, selain juga membakar kalori. Otot yang terbangun akibat olahraga juga meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate), sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

    Oleh karena itu, jenis olahraga yang saya rekomendasikan adalah jenis angkat beban, bukan jenis kardio seperti berlari, jalan sehat, jalan santai, bersepeda, berenang, dan sejenisnya.

    Lakukan olahraga angkat beban saja, dengan intensitas bebannya yang ditambah dari minggu ke minggu.

    Kamu akan membakar kalori pada saat melakukan angkat beban. 48 jam setelah selesai olahraga, ada afterburn effect, yaitu tubuh terus membakar lemak selama 48 jam setelah latihan.

    Kemudian hasil angkat beban berupa otot juga ikut membuat tubuh kita membakar lemak setiap hari. Otot membutuhkan lemak sebagai bahan bakarnya, sehingga semakin banyak masa otot, semakin cepat lemak terbakar.

    Inilah sebabnya orang yang berotot cenderung lebih mudah menurunkan berat badan dibanding dengan orang yang masa ototnya sedikit sekali.

    Dengan segala keuntungan dan keunggulan olahraga, adalah suatu kesia-siaan apabila kamu hanya melakukan kedua hal yang pertama saja tanpa melakukan yang nomor 3 ini.

    Puasa, menghindari karbohidrat serta makan lemak, dan olahraga merupakan kombinasi paling aman, alami, sehat, efektif, efisien, serta murah untuk mendapatkan bentuk dan berat badan impianmu.

    Hal selanjutnya adalah…

    Menghindari stress dan tidur yang cukup

    Yang ini sudah merupakan hal yang bersifat pribadi. Masing-masing orang memiliki kehidupan dan masalah sendiri, tanpa saya bisa ikut campur.

    Tapi saya hanya memberi tahu bahwa semakin tinggi tingkat stress, semakin banyak hormon kortisol yang diproduksi. Hormon kortisol ini berperan untuk menaikkan kadar gula darah, walaupun kamu sudah tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali.

    Bisa-bisa cara dietmu ini gagal hanya karena kamu stress atau kurang tidur. Oleh sebab itu penting untuk sudah tidur sebelum jam 10 malam, dan jauhkan pikiran dari hal-hal yang negatif.

    Kabar baiknya, puasa, tidak makan karbo, dan olahraga juga turut berperan aktif dalam memerangi stress. Karena ketiga hal tersebut membuat otak menjadi nyaman dan rileks, sehingga pikiranmu akan lebih santai dan rileks pula.

    KESIMPULAN Cara Diet Alami dan Sehat

    Ingat selalu ke-empat inti dari cara diet alami berikut ini:

    1. Berpuasa minimal 16 jam sehari, lebih panjang lebih baik
    2. Mulai sekarang hindari mengonsumsi karbohidrat, apa pun bentuknya. Baik itu sayur, buah, apalagi semua jenis makanan karbohidrat
    3. Olahraga, hanya lakukan angkat beban saja
    4. Cukup tidur dan hindari stress

    Empat hal tersebut merupakan hal yang terpenting dalam proses pembakaran lemak untun menurunkan berat badan, dan semuanya saling mendukung, saling berkaitan.

     

    Lakukan dengan konsisten, lemak dijamin 100% ngacir dari badan kamu!

    Kamu bisa mencapai tujuanmu tanpa perlu lagi suplemen dan atau obat-obatan. Bahkan pada beberapa orang, cara ini menjadi cara diet alami dalam 1 minggu karena dalam 1 minggu sudah terlihat hasil positifnya.

    Hanya saja perlu diingat bahwa setiap orang berbeda-beda hasilnya, karena riwayat makan orang juga berbeda-beda. Semakin banyak dan semakin lama kamu mengonsumsi karbohidrat selama ini, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan tubuhmu untuk membongkar dan membuang kelebihan lemak itu.

    Pesan saya, konsisten dan jangan cepat putus asa. Lakukanlah setidaknya 3 bulan dahulu, lihat hasilnya, evaluasi, dan lanjutkan 3 bulan lagi. Begitu seterusnya.

    Semoga kamu bisa mendapatkan bentuk dan berat badan impianmu yang selama ini kamu tidak pernah terbayang bisa kamu dapatkan. Jika kamu ada pertanyaan mengenai cara diet alami ini, silakan tinggalkan komentarmu di bawah ya.

    Terima kasih.

    Salam sehat selalu dari AloSehat.com!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar