Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
Alo Sehat

Hidup Sehat Bebas Obat Selamanya!

    Asam Urat: Gejala, Pantangan, dan Cara Pengobatan

    /
    /
    /
    89 Views

    Asam urat, atau yang disebut sebagai Uric Acid dalam bahasa Inggris, adalah sebuah produk akhir dari katabolisme nukleotida purina, karena tubuh manusia tidak memiliki enzim Urikase yang mampu mengubah asam urat menjadi Alantonin (Sumber).

     

    Pada kaitannya dengan masalah kesehatan manusia, ada 2 (dua) jenis gangguan, atau bisa juga disebut sebagai penyakit, yang umum terjadi, yaitu masalah kelebihan asam urat (hiper-urisemia) dan masalah kekurangan asam urat (hipo-urisemia).

     

    Masing-masing adalah masalah dan mengganggu kualitas hidup penderitanya. Oleh karena itu, jika tidak segera diatasi, akan sangat mengganggu kehidupan si penderita.

     

    Mari kita kenali lebih lanjut.

    Penyakit Asam Urat

    asam urat gejala pantangan pengobatan
    Steak Sapi, Salah Satu Penyebab Asam Urat Tinggi

    Jika kita berbicara tentang penyakit asam urat, maka BIASANYA yang kita maksud adalah masalah kelebihan asam urat, bukan kekurangan asam urat. Mengapa bisa sampai terjadi masalah kelebihan asam urat?

     

    Penyakit asam urat ini bisa terjadi karena berlebihannya asupan zat purin dari makanan manusia. Purin ini banyak terkandung di dalam makanan hewani, seperti jeroan-jeroan (hati, paru-paru, otak, dan ginjal), juga di dalam daging sapi, babi, dan macam-macam ikan dan unggas.

     

    Orang dulu mengenal penyakit ini dengan nama Encok atau Rematik.

     

    Dalam kondisi normalnya, semua purin yang masuk akan diolah menjadi asam urat. Tapi apabila asam urat yang dihasilkan berlebihan, maka ginjal kita tidak bisa mengeluarkan kristal asam urat. Akibatnya asam urat akan menumpuk di persendian kita dan menyebabkan rasa nyeri, kaku, panas, dan peradangan di persendian kita.

     

    Sendi-sendi yang paling umum diserang kelebihan asam urat ini adalah sendi lutut, sendi telapak kaki, sendi siku, pergelangan tangan dan kaki, tumit, dan jempol.

     

    Penumpukan kelebihan asam urat ini terjadi karena sisa metabolisme dari makhluk hidup yang kita makan. Purin sebenarnya terkandung di dalam semua makhluk hidup, baik itu hewan maupun tumbuhan. Tapi kandungan zat purin dalam tumbuhan tidak sebanyak kandungan purin dalam hewan.

     

    Jika kita mengonsumsi makanan, maka zat purin yang sebelumnya ada di dalam makhluk hidup tersebut akan berpindah ke dalam tubuh kita yang memakannya. Semakin banyak makanan yang kita makan, semakin banyak pula penumpukan asam urat yang terjadi.

     

    Sesungguhnya tubuh kita pun sangat membutuhkan asam urat ini. Karena itu nilai asam urat tidak boleh sampai nol. Tapi pada penderita asam urat, jumlah asam urat yang beredar dalam darah sudah masuk kategori berlebih.

     

    Seharusnya kelebihan asam urat dibuang melalui urin. Tapi karena terhambatnya pembuangan, atau karena tubuh yang terlalu banyak menghasilkan asam urat, maka kadar asam uratnya akan meninggi melebihi normal.

     

    Oleh karena itu, biasanya penyakit kelebihan asam urat menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Tapi jaman sekarang bahkan orang di usia 30-40 tahun pun sudah banyak yang terserang hiper-urisemia ini. Pria juga lebih banyak yang terserang penyakit kelebihan asam urat dibandingkan wanita.

     

    Gejala Asam Urat

     

    Banyak yang tidak merasakan gejala apa pun walau asam uratnya sudah tinggi. Biasanya gejala yang timbul baru terasa saat penyakit ini sudah kronis, atau sudah menahun. Gejala asam urat yang paling umum dirasakan adalah:

    • Rasa sakit, panas, dan pembengkakan di persendian
    • Sering terjadi nyeri di sendi, mendadak dan biasanya serangan terjadi di pagi hari
    • Persendian memerah, dan melunak

     

    Gejala dan ciri-ciri asam urat menyerang tanpa memandang waktu, bisa malam hari, bisa juga pagi hari. Serangan rasa sakit ini biasanya hanya terjadi pada 1 sampai 2 hari saja. Tapi jika sudah terlalu parah, rasa nyeri ini bisa terjadi sampai berminggu-minggu.

     

    Jika sudah seperti itu, sebaiknya kamu segera pergi ke dokter.

     

    Ada 3 (tiga) tahapan penyakit kelebihan asam urat ini, yaitu:

    1. Tahap pertama, jika dilakukan tes darah, maka di situ angka asam urat kamu sudah terlihat tinggi. Namun tetap saja kamu tidak merasakan gejala apa-apa. Jika sudah terjadi batu ginjal, maka barulah kamu akan merasakan gejala asam urat tinggi.
    2. Tahap kedua, kristal-kristal asam urat sudah terbentuk biasanya di jari-jari kaki. Gejala yang bisa kamu rasakan di tahap kedua ini adalah rasa sakit di persendian kaki, walau tidak berlangsung lama. Seiring dengan waktu, intensitas dan frekuensi rasa sakit dan nyeri akan semakin meningkat dan sering.
    3. Tahap ketiga, akibat kristal asam urat yang tidak kunjung hilang mulai menyerang tidak hanya satu sendi saja. Akibat terlalu banyaknya penumpukan kristal asam urat, sudah sampai terjadi penumpukan kristal di bawah kulit. Lama kelamaan bisa sampai merusak tulang lunak, dan rasa sakit yang semakin intens dan parah.

     

    Tahap ketiga biasanya tidak pernah terjadi. Mengapa?

     

    Biasanya orang yang sudah mencapai tahap kedua sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya, dan sudah konsultasi ke dokter. Maka setelah mengonsumsi obat dokter, maka kadar asam urat akan segera turun, dan rasa sakit itu akan berkurang atau bahkan hilang.

     

    Pantangan Asam Urat

     

    Pada umumnya, dokter akan memberikan daftar berikut ini sebagai makanan pantangan bagi penderita asam urat yang tinggi:

    • Jeroan seperti otak, hati, jantung, limpa, usus, ginjal dan babat
    • Seafood (daging hewan laut) seperti udang, cumi, gurita, kerang, tiram, ikan laut, kepiting
    • Makanan air tawar seperti udang air tawar, ikan lele, belut, kepiting air tawar, dan keong
    • Makanan kalengan, seperti sarden kalengan, kornet, daging sapi, dan daging ayam
    • Kalkun, angsa, dan bebek
    • Daging kambing, daging ayam, daging sapi, daging, kerbau, dan daging kuda
    • Makanan yang mengandung santan, yang digoreng, dan/atau yang diolah memakai margarin
    • Macam-macam kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk produk turunannya seperti tahu dan tempe), kacang tanah, kacang hijau, toge, dan melinjo (emping)
    • Berbagai jenis sayur-sayuran seperti kembang kol, buncis, bayam, asparagus, daun singkong, daun pepaya, kangkung, cabai, dan jamur-jamuran
    • Makanan yang mengandung protein tinggi

     

    Tapi di sini saya akan membagikan tips yang lebih sederhana. Jika kamu lihat daftar makanan di atas, tentu kamu akan bingung mau makan apa. Daging dilarang, sayur dilarang, lalu mau makan apa?

     

    Sebenarnya pengkristalan asam urat yang berlebih dan menyebabkan terjadinya rasa sakit itu adalah akibat melengketnya asam urat DENGAN gula yang berlebih dalam darah. Jadi apabila kadar gula dalam darah cenderung normal atau di bawah 90 mg/dL (atau bahkan di bawah 80 mg/dL), maka rasa sakit itu tidak akan ada.

     

    Berikut ini saya tuliskan kadar asam urat yang menjadi patokan normal di dunia kesehatan:

    • Untuk Pria, kadar asam urat yang dianggap normal adalah 3,4 mg/dL sampai 7,0 mg/dL
    • Untuk Wanita, kadar asam urat yang dianggap normal adalah 2,4 mg/dL sampai 6,0 mg/dL
    • Untuk Anak-anak, kadar asam urat yang dianggap normal adalah 2,0 mg/dL sampai 5,5 mg/dL

     

    Jika nilai hasil tes darah kamu di atas nilai tersebut, maka biasanya rasa sakit akan mulai mendera, selama kamu masih mengonsumsi karbohidrat (dan/atau gula). Mengapa?

     

    Karena kelebihan gula darah akan mengikat asam urat dalam darah, dan akhirnya menumpuk di persendian. Tapi jika kadar gula darah amat rendah, maka gula tidak akan menempeli asam urat, dan asam urat akan bebas mengalir dalam darah.

     

    Bahkan, seperti yang ditulis dalam jurnal ilmiah ini (klik di sini untuk membacanya), asam urat itu berlaku sebagai anti-oksidan.

     

    Kamu tahu apa itu anti-oksidan?

     

    Anti-oksidan adalah zat yang bisa mencegah (atau memperlambat) terjadinya proses oksidasi. Proses oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini pada akhirnya bisa menghasilkan rentetan reaksi berantai yang berujung pada rusaknya sel-sel dalam tubuh manusia. (Sumber)

     

    Contoh radikal bebas adalah debu, asap rokok, dan asap lainnya, virus, kuman dan bakteri jahat. Radikal bebas bahkan dapat mengakibatkan penyakit yang parah, seperti kanker, karena radikal bebas menyebabkan mutasi pada sel-sel tubuh kita.

     

    Jadi apabila kita memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi, semua radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita akan diikat oleh zat anti-oksidan sehingga reaksi berantai perusakan sel-sel akan berhenti, bersamaan dengan itu radikal bebas yang sudah terikat anti-oksidan akan dibuang keluar dari tubuh kita.

     

    Dengan kata lain, imunitas tubuh kita meningkat. Hal-hal kecil yang biasanya menyebabkan tubuh sakit tidak akan mengganggu lagi.

     

    Sangat positif bagi kesehatan kita, bukan?

     

    Nah, asam urat berlaku sebagai anti-oksidan tersebut. Jika tubuh kita kekurangan anti-oksidan, maka kita WAJIB mengonsumsi makanan tambahan yang mengandung anti-oksidan tinggi.

     

    Tapi bila kadar asam urat kita tinggi, dengan catatan kadar gula kita rendah di bawah 80 mg/dL, maka kita tidak perlu menambah asupan anti-oksidan dari luar lagi.

     

    Maka walau kadar asam urat kamu jauh di atas batas normal tersebut, tapi kadar gula kamu di bawah 80 mg/dL, kamu tak akan merasakan nyeri apa-apa. Bahkan, seperti yang sudah saya alami, tubuhmu akan lebih tahan terhadap berbagai gangguan kesehatan lainnya.

     

    Jadi, daripada kamu pusing memikirkan pantangan asam urat apa saja, lebih mudah jika kamu hanya berpantang karbohidrat dan/atau gula. Sementara kamu bebas mengonsumsi jenis makanan lainnya itu.

     

    Cara Mengobati Asam Urat

     

    Pada umumnya, cara mengobati asam urat yang sudah terlanjur menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat adalah dengan pemberian obat. Ada 2 (dua) jenis obat, yaitu obat untuk mengurangi rasa nyeri dan obat untuk menurunkan kadar asam urat.

     

    Obat yang digunakan untuk mengurangi rasa nyeri contohnya:

    1. Colchicine

    Obat ini memang umum diresepkan dokter kepada penderita asam urat yang akut. Obat ini memang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit.

     

    Namun wajib dipahami, penggunaan jenis obat Colchicine dalam jangka panjang dapat berakibat pada rusaknya hati dan ginjal.

     

    1. Obat anti peradangan yang bukan Steroid (NSAID)

    NSAID bekerja dengan langsung menyerang rasa sakit itu untuk menghilangkannya. Merek yang biasa diresepkan dokter adalah Indometasi, Ibuprofen, atau Naproxen Sodium.

     

    Jenis obat penghilang rasa nyeri ini juga memiliki efek samping yang negatif bagi kesehatan kita. Pemakaian yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan pendarahan, gangguan jantung, hati, ginjal, lambung, dan usus.

     

    1. Obat jenis Kortikosteroid

    Diberikan dalam bentuk suntikan dan/atau pil, hanya apabila kedua jenis obat di atas sudah tidak mempan. Fungsinya juga hanya untuk mengurangi/menghilangkan rasa nyeri yang tak tertahankan akibat asam urat tinggi.

     

    Efek negatif dari penggunaan jenis obat kortikosteroid dalam jangka panjang antara lain berpotensi menaikkan tekanan darah, menaikkan kadar gula darah, dan mengubah suasana hati.

     

    Sementara jenis obat yang biasa diresepkan dokter untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah antara lain:

    1. Allupironol

    Allupurinol menghambat terjadinya pembentukan asam urat dalam tubuh, hasil akhirnya adalah menurunnya kadar asam urat darah.

     

    Efek samping negatif Allupurinol biasanya adalah rasa pusing, sakit perut, diare, dan gatal-gatal.

     

    1. Febuxostat

    Febuxostat juga bekerja dengan cara menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh, seperti Allupurinol. Dan biasanya diberikan kepada pasien yang telah menderita asam urat tinggi selama lebih dari 40 tahun.

     

    Efek samping yang negatif dari pemakaian Febuxostat adalah pusing, diare, dan tubuh yang sakit.

     

    1. Probenecid

    Jenis obat ini lain lagi cara bekerjanya. Jika kedua obat tersebut di atas bekerja dengan menekan produksi asam urat, maka Probenecid bekerja untuk membuang kelebihan produksi asam urat dalam darah, melalui urin.

     

    Oleh sebab cara kerjanya itu, orang yang diresepkan jenis obat Probenecid direkomendasikan untuk banyak minum air putih, setidaknya minimal 2 liter setiap hari, untuk mencegah pengkristalan asam urat.

     

    Efek samping yang negatif dari penggunaan Probenecid adalah gangguan ginjal dan rasa nyeri di lambung.

     

    1. Pegloticase

    Obat nomor 4 ini diberikan HANYA jika ketiga jenis obat di atas sudah diberikan, tapi tidak memberikan hasil yang optimal.

     

    Pegloticase diberikan langsung melalui pembuluh darahnya. Harap diperhatikan bahwa ada orang yang alergi terhadap jenis obat ini. Hindari pemakaian jika kamu alergi Pegloticase.

     

    Seperti yang sudah kamu baca, semua obat yang umum diresepkan memiliki efek negatifnya masing-masing. Tentu akan sangat berisiko jika kamu mengonsumsi obat-obat tersebut dalam jangka panjang.

     

    Masih ditambah lagi dengan berkurangnya dan ditekannya produksi asam urat, berarti tingkat anti-oksidan dalam tubuhmu juga akan berkurang. Artinya tubuhmu akan lebih mudah terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

     

    Kamu harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung anti-oksidan, seperti makanan yang tinggi kandungan Vitamin C, atau Vitamin E.

     

    Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika kamu melakukan pengobatan asam urat dengan cara yang alami.

     

    Cara mengobati asam urat secara alami tidak selalu identik dengan menurunkan asam urat tinggi, karena seperti yang sudah saya tuliskan di atas, walaupun asam urat kamu tinggi tapi dengan rendahnya kadar gula, maka gangguan rasa nyeri tersebut tidak akan ada.

     

    Tapi jika kamu lebih memilih penggunaan obat, maka saya sarankan untuk banyak-banyak mengonsumsi makanan tinggi Vitamin C dan E, seperti buah jeruk, stroberi, blueberi, raspberi, dan jenis beri lainnya.

     

    Tips Tambahan Untuk Menormalkan Kadar Asam Urat Kamu

     

    Berikut saya rangkum berbagai tips yang bisa kamu praktekkan untuk segera menormalkan kadar asam urat yang berlebihan:

     

    1. Banyak minum air putih

    Seperti yang kita ketahui bersama, kelebihan asam urat akan dibuang melalui urin. Nah oleh karena itu, kamu wajib menggantinya segera untuk menghindari dehidrasi.

     

    Minum air putih juga membantu pembuangan kelebihan asam urat dalam darah, meringankan tugas ginjal dalam pembuangan racun, sehingga kadarnya pun bisa lebih normal.

     

    1. Menghindari gula, terutama gula tambahan

    Selain makan protein, konsumsi gula berlebih juga turut disinyalir meningkatkan kadar asam urat darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penambahan gula, dalam bentuk apa pun, ke dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

     

    Harap diperhatikan bahwa tambahan gula sering kali tidak memberikan tanda-tanda rasa manis di lidah, sehingga kamu cenderung untuk menambahkan gula lebih banyak lagi.

     

    1. Banyak makan sayur berdaun hijau

    Serat juga bisa turut mengikat kelebihan asam urat untuk kemudian dibuang melalui sistem pencernaan manusia. Contoh makanan yang kaya akan kandungan serat antara lain semua sayuran berdaun hijau.

     

    CATATAN: Hindari jenis sayuran yang malah bisa menaikkan kadar asam uratmu. Contohnya antara lain: bayam hijau, asparagus, jamur-jamur, berbagai kacang-kacangan, dan kembang kol.

     

    1. Makan buah beri

    Buah-buahan jenis beri mengandung anti-oksidan yang tinggi. selain itu indeks glikemik-nya juga rendah, sehingga tidak menimbulkan lonjakan insulin.

     

    Buah-buahan jenis beri dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat, dan anti-oksidan di dalamnya juga meredakan rasa nyeri akibat peradangan di persendian akibat kelebihan kristal asam urat.

     

    1. Hentikan konsumsi minuman beralkohol

    Minuman keras yang mengandung kadar alkohol juga turut menaikkan kadar asam urat, selain juga membuat tubuh dehidrasi.

     

    Mengapa demikian? Karena akibat konsumsi minuman alkohol berlebih, ginjal jadi harus bekerja ekstra keras untuk membuang racunnya. Pembuangan racun ini membutuhkan air dalam jumlah yang cukup. Akibatnya tubuh jadi kekurangan cairan untuk membuang kelebihan asam urat.

     

    1. Hindari stress

    Tips yang satu ini selalu muncul setiap kali kita membahas masalah kesehatan. Karena masalah pikiran ini sering menjadi penyebab yang tak terlihat, padahal kamu sudah melakukan segala pengobatan, tapi masih tidak berhasil juga.

     

    Berilah tubuhmu waktu tidur yang cukup, minimal 8 jam setiap harinya. Lakukan meditasi atau bisa juga ikut kelas yoga atau Tai Chi untuk menenangkan pikiran.

     

    1. Kurangi lingkar pinggang (dan/atau berat badan)

    Kelebihan berat badan dan/atau lingkar pinggang selalu menjadi awal dari segala masalah kesehatan modern, termasuk asam urat ini. Oleh sebab itu, kamu wajib mengurangi lingkar pinggangmu.

     

    Selain kamu mendapatkan persendian yang bebas dari rasa sakit, kamu juga mendapat bonus tambahan berupa penampilan fisik yang lebih sedap dipandang. Rasa percaya dirimu juga pulih, sehingga stress pun bisa pergi jauh-jauh.

     

    1. Minum air jahe atau cuka apel

    Jahe mengandung senyawa yang bisa mengobati inflamasi. Demikian juga dengan cuka apel (Apple Cider Vinegar). Anti inflamasi diperlukan untuk mengobati serta mengurangi rasa sakit akibat peradangan kristal asam urat.

     

    KESIMPULAN Asam Urat

     

    Asam urat sangatlah dibutuhkan oleh badan kita, asal jangan berlebih. Kelebihan produksi asam urat disebabkan oleh asupan purin yang tinggi dari makanan yang kamu makan.

     

    Kelebihan asam urat tinggi yang mengkristal dan lengket (Glikasi) dengan gula dalam darah akan menempel di persendian dan menyebabkan bengkak, merah, dan peradangan. Hasil akhirnya adalah rasa nyeri yang tak tertahankan dan dapat menyerang sewaktu-waktu.

     

    Walau rasa sakit ini tidak berbahaya bagi kesehatan kamu secara umum, tapi sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan apa penyebab rasa nyeri dan pengendapan kristal asam urat itu.

     

    Banyak website yang menganjurkan penderita asam urat tinggi seperti kamu untuk menghindari makanan yang mengandung kadar zat purin tinggi, seperti jeroan, daging merah. Tapi saya JAUH lebih menyarankan kamu untuk menghindari karbohidrat dan gula untuk menyembuhkan rasa sakit itu.

     

    Seperti yang kita tahu, asam urat bertindak sebagai anti-oksidan alami tubuh manusia. Karena itu, ia akan berlaku sebagai benteng dan perisai dari segala radikal bebas, seperti virus, kuman, dan bakteri, yang akan masuk dan menyerang sistem kesehatan badan kamu. Menguranginya berarti membongkar sistem pertahanan terbaik tubuhmu, menurunkan imunitas badanmu.

     

    Jika sistem imunitasmu berkurang, kamu akan lebih mudah terserang berbagai penyakit. Kamu wajib menambahkan makanan yang mengandung anti-oksidan tinggi. Akan jadi jauh lebih menyulitkan, karena selain kamu harus menghindari makanan yang jadi pantangan asam urat, kamu juga wajib mengonsumsi makanan anti-oksidan tinggi, yang kadang kala justru menjadi pantangan juga.

     

    Oleh karena itu, sangat lebih mudah jika kamu mengeliminasi karbohidrat dan gula dari menumu setiap hari. Ingat bahwa yang menyebabkan rasa nyeri sendi itu bukanlah asam urat itu sendiri, tapi asam urat yang menyatu dengan gula dalam darah, membentuk kristal yang kemudian mengendap di persendianmu.

     

    Ayo, basmi penyakit degeneratif dari bumi Indonesia bersama AloSehat.com!

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Linkedin
    • Pinterest

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    This div height required for enabling the sticky sidebar